Inilah berbagai Jenis Hama Tanaman Hias dan Cara Mengatasinya

Banyak hama tanaman hias yang perlu kita basmi agar tidak merajalela - Diminimalis.com

Memiliki tanaman hias memang menyenangkan. Adanya tanaman hias, selain mempercantik taman, kita juga akan mendapatkan manfaat kesejukan setiap harinya. Namun agar kita dapat menjaga tanaman hias tersebut agar tetap sehat, kita perlu memahami berbagai jenis hama tanaman hias dan cara mengatasinya. Dan pada kesemaptan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda, tentang berbagai jenis tanaman hias dan cara mengatasinya.

Jenis hama tanaman hias, cara mengatasi hama tanaman hias, penyakit tanaman hias
Banyak hama tanaman hias yang perlu kita basmi agar tidak merajalela – Diminimalis.com

Jenis hama tanaman hias dan cara mengatasinya

Tidak semua orang tahu bagaimanakah cara membasmi hama tertentu pada tanaman, karena beda hama tentu beda cara penanganannya. Dikutip dari solusikebun.com, kami telah merangkum berbagai jenis hama yang biasa menyerang tanaman di rumah beserta cara mengatasinya.

Ulat bulu

Jenis hama tanaman hias, cara mengatasi hama tanaman hias, penyakit tanaman hias
Ulat bulu merupakan salah satu jenis hama tanaman hias yang paling sering ditemui _ Diminimalis.com

Bisa dibilang inilah salah satu hama tanaman yang paling sering menggerogoti tanaman di rumah. Dedaunan di taman merupakan makanan favorit ulat bulu. Apabila tanaman kesayangan Anda diserang oleh ulat bulu, maka ciri- ciri paling terlihat adalah bentuk daunnya yang sudah tidak sempurna lagi. Ulat bulu memang sangat senang memakan daun pada malam hari, sehingga Anda baru akan menyadari jika tanaman Anda diserang ulat bulu pada pagi harinya.

Cara mengatasi ulat bulu

Jika Anda melihat ada telur kupu-kupu di bagian daun, maka segera hilangkan dengan cepat. Jika Anda mendapati adanya ulat bulu dan telur yang banyak pada daun tanaman Anda, segera sirami daerah daun tersebut dengan air, sehingga ulat akan bergerak naik dan Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Jika cara diatas belum mampu mengatasi ulat bulu, maka semprotkanlah pestisida pada area daun tersebut.

Tikus

jika Anda sering melihat adanya tikus di rumah, maka Anda harus mewaspadai dan segera mengatasinya, karena tikus juga bisa menjadi hama yang akan mengancam kesehatan tanaman Anda. Jika tanaman Anda diserang oleh tikus, maka biasanya buah dan dedaunan pada tanaman Anda akan menjadi cepat habis. Selain itu, tikus ini akan memakan batang tanaman yang masih muda dan juga biji-bijinya.

Cara mengatasi hama tikus

Menangkap tikus tersebut secara mandiri atau melalui jebakan, atau bisa juga dengan menutup pintu masuk daerah persembunyiannya. Jika Anda membudidayakan tabulampot, maka disarankan untuk menanam tanaman secara serempak, sehingga nantinya semua tanaman tabulampot memiliki masa panen yang sama. Jika sudah begitu, maka tikus pun akan kekurangan sumber makanan saat masa panen usai.
Anda juga bisa mencoba menggunakan rodentiaida atau pembasmi tikus yang bisa dengan mudah Anda dapatkan dipasaran.

Tungau

Tungau adalah suatu jenis kutu kecil yang ternyata merupakan suatu hama yang dapat merusak tanaman Anda, terutama di bagian daun. Tungau ini akan menghisap daun tanaman dan memunculkan bercak-bercak. Karena bentuknya yang cukup kecil, maka sangat sulit melihat adanya tungau di daun dengan mata telanjang. Nah, biasanya tanaman yang dihinggapi oleh tungau akan memiliki daun dengan bercak-bercak kecil berwarna kuning, kemudian setelah itu daun akan menjadi cepat gugur.

Cara mengatasi tungau

Satu-satunya cara agar tungau tidak menyebar ke bagian daun yang lain adalah dengan memotong daun yang sudah dihinggapi tungau, kemudian kumpulan daun tersebut di suatu tempat, kemudian langsung dibakar secara seketika.

Belalang

Belalang merupakan salah satu hama yang akan merusak tanaman Anda. Belalang sangat senang hinggap dan memakan daun persis seperti ulat bulu. Adanya belalang, akan membuat daun tanaman Anda menjadi tidak sempurna lagi.

Cara mengatasi belalang

Cara mengatasinya adalah dengan menangkapnya secara manual. Caranya adalah dengan membasahi sayapnya, sehingga belalang tidak akan bisa terbang dan Anda bisa menangkapnya dengan mudah. Oleh karena itu, basahilah daun terlebih dahulu atau manfaatkan embun di pagi hari untuk menangkap belalang. Selain itu, belalang juga bisa dimusnahkan dengan pemakaian pestisida. Cukup dengan membuat pestisida alami, maka belalang bisa mati dan kesehatan tanaman tidak tergannggu lagi.

Lalat buah

Bagi Anda yang membudidayakan tabulampot namun buah yang dihasilkan cepat membusuk, maka bisa jadi itu akibat adanya hama lalat buah. Lalat buah ini sangat senang hinggap di buah, kemudian bertelur di atas buah-buah yang dihinggapinya. Akibatnya, buah tersebut menjadi berlubang dan memiliki bercak-bercak, lalu membusuk. Setelah telur menetas, maka belatung akan hidup didalam buah tersebut.

Cara mengatasi lalat buah

Cara paling cepat adalah mengumpulkan semua buah yang sudah busuk dan berlubang, kemudian membuangnya sesegera mungkin agar lalat buah tidak menyebar ke buah lainnya.
Untuk mengatasi lalat buah, Anda bisa menggunakan pestisida alami ataupun kimia. Pestisida alami bisa dengan memanfaatkan daun tomat dan pestisida kimia dengan Buldok, Tamalon, atau Lannate.

Demikian ulasan kami tentang berbagai jenis hama tanaman hias dan cara mengatasinya. Semoga ulasan di atas dapat memberi solusi bagi Anda yang memiliki permasalhan hama pada tanaman hias Anda. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.