oleh

Inilah Jenis Bonsai Langka yang Mahal dan Cara Mendapatkannya

Bonsai adalah istilah untuk teknik mengecilkan ukuran tanaman akan tetapi tidak melupakan nilai estetika yang di dapatkan dari teknik bonsai tersebut. Setidaknya ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa dibuat dengan teknik bonsai. Memang tidak semua jenis tanaman bisa dibonsai, bahkan ada sebagian orang yang perlu melakukan eksplorasi untuk mencari jenis bonsai langka. Namun ketika akhirnya jenis bonsai langka sudah didapat, tentu ada kepuasan batin yang tak ternilai harganya.

jenis bonsai langka, bonsai langka asli, jenis bonsai bunga, bonsai pohon wareng, bonsai juara dunia, jenis bonsai dan harganya, jenis bonsai terbaik, jenis bonsai termahal, bonsai sisir juara
Jenis bonsai langka memiliki nilai tawar yang tinggi – Diminimalis.com

Beberapa Jenis Bonsai Langka dari Tanaman Hias

Bagi penggemar bonsai langka tentunya Anda sudah mengenal beberapa tanaman yang khusus dibuat sebagai bonsai. Ada beberapa tanaman hias yang tidak umum untuk dijadikan bonsai. Bisa dibilang justru kesan bonsai langka patut disandang pada beberapa jenis tanaman tersebut. Diperlukan ketelatenan ekstra untuk membuat kreasi indah dari tanaman yang tak lazim untuk dijadikan bonsai ini. Dan di bawah ini ada beberapa jenis tanaman yang layak dicoba untuk dibuat sebagai jenis bonsai langka, karena memang tak mudah membuatnya menjadi bentuk bonsai, tanaman apa sajakah tiu? Simak ulasannya di bawah ini.

• Tanaman minten.
Mungkin Anda tidak begitu familiar dengan tanaman yang satu ini. Pada dasarnya tanaman ini sudah sering dimanfaatkan oleh warga kampung untuk dijadikan sebagai pagar penghias rumah. Tanaman untuk pagar ini ternyata memiliki kelebihan dan juga keunikan yang membuatnya cocok sebagai tanaman bonsai. Antara lain, bunganya muncul secara tunggal, bentuknya oval nan unik, memiliki gerigi tajam, rantingnya tipis serta warnanya mengkilap. Kelebihan inilah yang membuat minten cocok untuk dijadikan tanaman bonsai.

Tanaman murbei.
Sebagai tanaman yang biasa tumbuh secara liar, ternyata tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan bonsai. Alasannya adalah warna buahnya yang merah dengan beberapa bentuk yang istimewa seperti bentuk daunnya yang unik membuat tanaman murbei cocok juga untuk dibuat bonsai. Bukan itu saja, bentuk daunnya yang unik seperti bergerigi lima buah membuat tanaman ini benar-benar cocok untuk dibonsai dan digunakan sebagai hiasan untuk di dalam maupun di luar rumah. Bukan itu saja, mudahnya ditemukan membuat murbei layak dipilih sebagai salah satu jenis tanaman unik yang bisa dijadikan bonsai hiasan rumah.

• Tanaman mustam.
Bonsai yang terbuat dari tanaman ini ternyata sudah banyak dicari oleh pecinta bonsai. Sebab bentuknya yang indah dengan strukturnya yang kuat membuat bonsai dari tanaman ini benar-benar dicari orang. Kelebihan tanaman ini jika dibandingkan dengan tanaman lainnya terletak di daunnya yang memiliki warga kehijauan yang indah. Bukan itu saja, tanaman ini memiliki struktur batang yang sangat kuat dan gagah sehingga membuat bonsai dari tanaman ini menjadi lebih mudah untuk dibentuk.

• Pilihan berikutnya adalah nam-nam.
Tanaman ini banyak dicari ketika usia daunnya masih muda. Apabila dijadikan bonsai, warna daunnya yang masih muda yaitu cenderung putih kemerahan ini menjadi kelebihannya. Selain itu warna bunganya yang unik membuat tanaman ini benar-benar layak dijadikan bonsai cantik untuk menghiasi rumah.

Gimana Sih Caranya Membuat Bonsai Mahal

Membuat bonsai memiliki nilai jual yang tinggi memang sebuah keharusan. Terutama jika Anda pecinta sekaligus pebisnis yang ingin meraup untung banyak ketika menjual dan membuat bonsai, begini caranya:

• Trik pertama adalah pilih jenis tanamannya.

jenis bonsai langka, bonsai langka asli, jenis bonsai bunga, bonsai pohon wareng, bonsai juara dunia, jenis bonsai dan harganya, jenis bonsai terbaik, jenis bonsai termahal, bonsai sisir juara
Pilihlah jenis tanaman bonsai yang akan Anda kembangkan – Diminimalis.com

Selain beberapa jenis tanaman di atas, ada beberapa jenis tanaman lainnya yang pantas untuk dijadikan bonsai. Seperti asam jawa, beringin, dan asam londo. Tanaman-tanaman tersebut termasuk jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan bonsai karena memang memiliki struktur batang yang cukup kokoh dan kuat. Proses pembentukan dan pembuatan bonsai jauh lebih mudah jika menggunakan tanaman-tanaman tersebut.

• Trik kedua adalah bagaimana cara perawatannya.

merawat bonsai asam jawa, cara merawat bonsai asam jawa, media tanam bonsai asam jawa
bonsai asam jawa cascade yang masih dalam proses pembentukan – diminimalis.com

Sebuah bonsai agar berharga mahal tidak hanya butuh disiram saja, akan tetapi bonsai yang memiliki nilai jual yang tinggi tentu saja sangat memerlukan cara perawatan khusus untuk membuat bonsai bernillai tinggi. Perawatan khusus seperti misalnya bagaimana bentuk dan tumbuh kembang dari tanaman tersebut menjadikan harga bonsai sangat mahal karena memang memiliki bentuk yang tidak biasa alias bentuknya sangat unik. Keunikan bentuk inilah yang membuat bonsai berharga jual tinggi akan tetapi bentuk yang unik saja tidak cukup. Diperlukan trik khusus untuk membuat pertumbuhannya tetap maksimal.

• Faktor penentu berikutnya adalah bagaimana bentuk batang, bentuk daun serta bentuk ranting.

Selain dari bentuk bonsai, bentuk batang, ranting dan daun memberikan peranan penting untuk membuat nilai jual bonsai semakin tinggi. Semakin unik bentuknya tentu harganya juga akan semakin mahal. Selain itu ada usia bonsai juga menentukan harga jual bonsai yang Anda miliki. Tidak kalah penting adalah media tanamnya serta mengapa Anda pilih bentuk bonsai yang seperti itu. Media tanam memberikan nilai tambah untuk bonsai Anda disamping bentuk dan cerita dibalik bentuk tersebut.

Meskipun bila saat ini Anda bukan merupakan pebisnis bonsai, akan tetapi jika Anda memiliki jenis bonsai langka tentunya akan membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna. Nilai ekonomi bonsai ini ditentukan oleh bagaimana Anda memilih jenis tanaman serta bagaimana Anda merawat dan juga membuat bentuk bonsai tersebut menjadi lebih menarik. Untuk itu, pastikan Anda juga memahami cara merawat bonsai dengan metode yang tepat.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed