Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis Bataton dan Manfaatnya Sebagai bahan Kontruksi (Bagian #2 dari 2)

bataton dengan jenis H dan U

Jenis bataton untuk bahan kontruksi bangunan ada bermacam-macam, mulai dari jenis dinding, kusen, kolom, genteng dan paving. Bataton untuk dinding terdiri dari 2 jenis untuk ketebalan 10 cm dan 14 cm yang memiliki lubang yang berfungsi sebagai peredam cuaca dan suara. Bataton dinding juga menyediakan ukuran separuh sehingga Anda tidak perlu memotong lagi sebagaimana ketika Anda menggunakan penggunaan batu bata pada umumnya.

manfaat bataton, manfaat bata beton, harga bataton
bataton dengan jenis H dan U – diminimalis.com

Keistimewaan bataton dinding adalah Anda tidak perlu menggunakan nat yang tebal seperti pemasangan batu bata atau batako pada umumnya, Anda cukup menggunakan mortar ketebalan 1 cm saja sehingga dapat menghemat penggunaan mortar untuk nat.


Jenis bataton untuk kontruksi bangunan

Jenis bataton yang biasa digunakan untuk mendirikan dinding ada dua. Bataton jenis pertama adalah UB14 yang biasa digunakan untuk balok pengikat fondasi (sloof ) dan balok pengaku (ringbalk ). Sedangkan bataton ke dua adalah HB14 yang digunakan pembentuk kolom beton bertulang.

Baik Bataton HB14 danUB14, masing masing bisa dipesan dalam ukuran full size atau half size sehingga tidak perlu memotong bataton dalam pemasangannya. Hal ini membuat bangunan konstruksi dinding menjadi sangat kokoh dengan waktu pekerjaan yang lebih singkat dan lebih ekonomis dibandingkan dengan pasangan bata merah.

manfaat bataton, manfaat bata beton, harga bataton
bataton dengan jenis HB 14 – diminimalis.com

Bentuk-bentuk bataton ini yang berongga ini memiliki banyak manfaat, diantarnya bisa diisi tulangan baja untuk sloof, balok dan kolom, juga bisa sebagai jalur pipa air dan kabel listrik. Sehingga selain menghemat penggunaan kayu bekisting juga membuat dinding lebih rapi tanpa bobokan yang biasa dilakukan dalam memasang jalur kabel dan pipa air.

Rongga pada bataton tersebut juga dapat berperan juga sebagai isolator panas yang dapat menangkap rambatan radiasi panas pada dinding akibat terpapar terik matahari. Dengan begitu, suhu radiasi panas pada dinding tak seluruhnya merembes sampai ke dalam ruangan.

Selain bataton HB14 dan UB14, juga tersedia bataton rooster dan kusen beton yang bisa melengkapi bukaan pada konstruksi dinding, sehingga menambah kekokohan dan keawetan dinding rumah. Jenis bataton tersebut diantaranya.

Bata Beton Interlock, memiliki rongga. Di kedua sisinya ada cekungan dan tonjolan. Pengunciannya dengan membuat posisi beton tidak bergeser dan mengikat 2 arah.

Bata Beton Aerasi, memiliki bobot yang ringan. Bataton jenis ini sangat cocok untuk rumah bertingkat karena tidak akan membebani struktur dinding di lantai bawah. Bataton ini tahan air, kedap suara, dan juga tahan api.

Demikian ulasan kami tentang jenis bataton, Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang manfaat bataton untuk bahan kontruksi rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat Bataton Sebagai Bahan Kontruksi (Bagian #1 dari 2)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.