Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Ragam Jenis dan Bentuk Jendela Rumah Minimalis Modern

jendela menghijau - diminimalis.com

Jendela rumah minimalis memiliki bentuk yang sangat beragam. Material yang dipakai sebagai bahan baku jendela terdiri dari dua jenis, yaitu alami dan sintetis. Pemilihan jenis bahan pembuat kusen dan jendela yang tepat akan mengurangi kekhawatiran Anda tentang biaya renovasi rumah ke depannya tidak akan bertambah besar, kusen dan jendela akan dapat bertahan lama.

rumah ramah lingkungan
jendela menghijau – diminimalis.com

Penting bagi Anda yang sedang merencanakan pembangunan rumah untuk mengetahui jenis-jenisnya. Hal ini untuk mempermudah Anda dalam berkomunikasi dengan desainer maupun tukang.


Sebelum Anda merancang sebuah hunian ada baiknya selain melakukan perencanaan biaya dan desain rumah, tambah pengetahuan Anda mengenai jenis jendela rumah minimalis modern yang nantinya bisa menjadi acuan Anda dan desainer rumah dalam menentukan desain rumah Anda.

Jenis dan bentuk jendela rumah minimalis modern

Berikut ini diminimalis bawakan beberapa contoh jenis jendela yang umumnya dipakai dalam konstruksi sebuah rumah minimalis.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Ayun (Awning Window)

Jenis jendela ini terdapat engsel pada bagian atasnya. Letak engsel yang di atas, menjadikan Anda tetap dapat membuka jendela meskipun hujan sedang turun di luar rumah. Udara dalam rumah pun tetap bersirkulasi dengan baik dan Anda tidak perlu khawatir air akan masuk ke dalam rumah.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Tingkap (Casement Window)

Pemakaian jendela jenis ini akan memudahkan Anda mendapatkan udara yang cukup di dalam rumah. Engsel jendela yang terletak di salah satu sisinya memungkinkan jendela terbuka lebar pada salah satu sisinya saja. Karena memiliki bukaan lebar, ada baiknya Anda menambahkan teralis agar lebih aman.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Mati (Fixed Window)

Jendela ini berfungsi sebagai ‘hiasan’ saja dalam sebuah rumah, karena jendela jenis ini tidak dapat dibuka sama sekali. Penggunaannya sangat cocok diterapkan pada rumah ber-AC dan rumah yang tidak memerlukan masuknya udara alami dari luar rumah.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Pintu (French Window)

Ya.. ukuran jendela rumah minimalis jenis ini memang sebesar pintu. Jika Anda menggunakan jendela jenis ini fungsi ganda bisa diperoleh. Selain sebagai area keluar masuknya udara, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai pintu darurat. Engsel pada jendela ini terletak pada bagian samping yang memungkinkan jendela terbuka lebar. Jendela ini sebenarnya secara bentuk menyerupai casement window, hanya saja posisi dan ukuran yang menyentuh lantai saja sebagi pembedanya.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Jalusi (Jalousie Window)

Di Indonesia jendela jenis ini lebih familiar disebut dengan jendela nako. Penyusunan jendela jenis ini menyerupai sirip. Tuas yang berada pada sisi kanan atau kiri biasanya berfungsi sebagai pengontrol bukaan jendela. Penggunaan jendela jenis ini sangat cocok digunakan pada jendela berukuran besar dan memanjang kebawah.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Putar (Pivoted Window)

Engsel yang terletak tepat di tengah daun jendela memungkinkan Anda dapat membuka secara berputar baik horizontal maupun vertikal, tergantung di sisi mana engsel Anda letakkan.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Geser (Sliding Windows)

Jenis ini merupakan jenis yang paling sesuai Anda terapkan menjadi jendela rumah minimalis modern rumah Anda. Optimasi ruang bisa diperoleh maksimal dikarenakan jendela jenis ini memiliki arah bukaan ke samping, sehingga ruangan tidak ‘tergangu’ dengan daun jendela. Dikarenakan jendela jenis ini memakai rel sebagai pengganti engsel, Anda harus merawatnya dengan baik agar bisa tahan lama.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

Jendela Gantung (Hung Window)

Hampir sama dengan jendela geser, namun Anda hanya dapat membukanya ke bawah dan atas. Konstruksi jendela jenis ini biasanya tersusun dari dua daun jendela. Pada model ini juga terbagi lagi menjadi dua tipe, yaitu tipe single yang hanya memiliki satu daun jendela dan type double yang mempunyai dua daun jendela yang dapat terbuka.

Demikikianlah ulasan diminimalis kali ini tentang berbagai ragam jenis dan bentuk dari jendela rumah minimalis modern yang bisa Anda pilih sebagai bukaan rumah Anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat, salam diminimalis. (am.)

Baca artikel menarik tentang Dapur Bertema Tropis.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.