Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jendela Rumah Ideal yang Sebaiknya ada di Rumah Minimalis Kita

jendela luas pada ruang tengah yang memberika kesejukan di dalamnya - diminimalis.com

Jendela rumah ideal merupakan perpaduan lengkap antara manfaat fungsional maupun estetika. Secara pengertian, jendela adalah elemen dari suatu bangunan yang berfungsi untuk memasukkan cahaya alami dan sirkulasi udara dari dalam dan luar bangunan. Untuk saat ini, standar dasar untuk memiliki jendela ideal setidaknya meliputi aspek kekokohan, kekuatan, keamanan, perawatan dan kenyamanan ketika digunakan.

jendela lebar, jendela lebar minimalis, ukuran jendela rumah minimalis
jendela luas pada ruang tengah yang memberika kesejukan di dalamnya – diminimalis.com

Jendela rumah ideal yang sebaiknya kita miliki

Dari beragam aspek yang kita butuhkan untuk mendapatkan jedela ideal, setidaknya hal-hal berikut yang layak untu kita perhatikan.

Arah hadap jendela. Sedapat mungkin hindari jendela lebar ke arah barat. Karena dari arah tersebut akan mendatangkan radiasi panas matahari dengan jumlah besar saat sore hari. Bagi sebagian orang, jendela di arah timur lebih disukai karena dapat memasukkan cahaya matahari pagi yang belum terlalu panas. Sedangkan untuk ruang terbuka, sebaiknya kita rancang untuk menghadap arah utara atau selatan.

Apabila karena keterbatasan dan kondisi lahan tidak memungkinkan untuk menghindari penggunaan jendela ke arah barat, Anda bisa menggunakan shading untuk mengurangi radiasi dan panas matahari. Shading dapat berupa shading horizontal yang berada di atas jendela, ataupun berupa shading vertikal yang berada di sisi kiri dan kanan jendela. Dengan adanya shading, sinar matahari yang masuk ruangan, akan berupa sinar matahari tidak langsung, sehingga kita bisa menghindari radiasi panasnya.

Jendela rumah ideal, ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer dengan jendela lebar yang membuat udara selalu segar – diminimalis.com

Aspek Keamanan. Hindari penggunaan jendela dengan ukuran terlalu besar pada dinding yang langsung berhubungan dengan area luar bangunan. Karena semakin besar ukuran jendela atau bukaan, akan semakin membuthkan perhatian lebih untuk aspek pengamanannya. Bila Anda menghendaki adanya bukaan lebar untuk memperkuat kontinuitas ruang luar dan ruang dalam, sebaiknya Anda membuat pagar tambahan atau tanaman yang bisa menjadi pelindung rumah Anda.

Jenis material. Untuk material bingkai jendela atau kusen, Anda bisa memilih material yang umum digunakan, yaitu kayu dan aluminium. Kayu memiliki unsur estetika yang belum tergantikan, walaupun saat ini harga kayu yang berkualitas baik masih sangat mahal. Saran kami apabila dana Anda terbatas, pertimbangkanlah menggunakan kusen aluminium daripada memaksakan menggunakan kusen kayu dengan kualitas yang kurang baik.

Kayu dengan kualitas rendah, dampaknya akan membuat kayu mudah memuai atau menyusut dikarenakan faktor cuaca. Sedangkan untuk kusen aluminium, selain tahan lapuk dan tahan rayap, Anda tidak perlu melakukan finishing untuk mempercantiknya.

Demikian ulasan kami tentang kriteria jendela rumah ideal untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait galeri jendela lebar untuk memaksimalkan udara alami ke dalam rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Jendela lebar maksimalkan udara alami ke dalam rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.