Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang

JANGAN ADA PATUNG DI RUMAH KITA

JANGAN ADA PATUNG DI RUMAH KITA #rumahkusurgaku - diminimalis.com
JANGAN ADA PATUNG DI RUMAH KITA #rumahkusurgaku - diminimalis.com
JANGAN ADA PATUNG DI RUMAH KITA #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Banyak keluarga muslim yang menyimpan patung di rumahnya, entah sebagai hiasan atau alasan lainnya. Patung yang dimaksud adalah patung yang memiliki bentuk yang sempurna (ada kepalanya) seperti manusia atau makhluk hidup lainnya (binatang). Padahal patung merupakan benda yang dilarang dimasukkan ke dalam rumah karena dapat menghalangi datangnya malaikat rahmat.

Patung merupakan benda yang haram dibuat karena menyerupai ciptaan Allah. Larangan ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,

“Orang yang paling mendapat siksa pada hari kiamat adalah para pembuat gambar (pelukis/pematung)”
(HR. Bukhari Muslim)

An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim (14/81) mengatakan, “Para ulama, termasuk sahabat-sahabat kami menyatakan bahwa melukis banda-benda hidup hukumnya adalah haram seharam-haramnya. Termasuk kategori dosa besar, karena sudah terkena ancaman yang disebutkan dalam banyak hadits. Tidak dibedakan antara gambar hiasan atau yang berupa hiasan, membuatnya tetap haram, kapanpun dan di manapun. Karena itu merupakan sikap menyerupai ciptaan Allah Ta’ala.”

Menurut ulama Syafi’iyah, jika bagian tubuh lain tidak ada, tetapi tersisa kepala, maka pendapat yang rajih (kuat), gambar atau patung tersebut masih tetap haram.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda,
“Gambar itu adalah kepala, jika kepalanya dihilangkan, maka tidak lagi disebut gambar.”
(HR. Al-Baihaqi, dishahihkan dalam As-Silsilah Ash-Shahihah no. 1921)

Malaikat Tidak Memasuki Rumah yang Terdapat Patung

Adapun mengenai larangan patung di dalam rumah, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,

“Para malaikat tidak akan masuk ke rumah yang terdapat gambar (patung) di dalamnya.”
(HR. Bukhari Muslim)

Malaikat terebut –menurut pendapat yang rajih— adalah malaikat rahmat. Imam Nawawi mengatakan, “Para ulama menyatakan bahwa sebab terhalangnya malaikat untuk memasuki rumah yang terdapat gambar makhluk bernyawa karena hal itu merupakan maksiat yang nyata, terdapat penyerupaan terhadap makhluk Allah Ta’ala. Sebagian gambar merupakan gambar sesembahan selain Allah.” (Syarh Shahih Muslim, 14/84)

Bagaimana Jika di Rumah Terdapat Patung?

Jika di rumah kita terdapat patung, hendaknya kita memusnahkannya, atau menghinakannya. Bisa dengan cara dihilangkan kepalanya, atau dibuang dari rumah, atau dibuat sesuatu hingga tidak lagi menyerupai makhluk hidup.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“Jibril meminta izin masuk kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau berkata, “Masuklah.” Jibril menukas, “Bagaimana aku bisa masuk ke rumahmu sementara ada tirai yang bergambar (makhluk bernyawa). Hendaknya dipotong kepalanya, atau dijadikan tikar untuk diinjak. Karena malaikat tidak mau memasuki rumah yang terdapat di dalamnya gambar-gambar.”

(HR. Nasa’i, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

jibril tidak memasuki rumah terdapat patung #rumahkusurgaku - diminimalis.com
jibril tidak memasuki rumah terdapat patung #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Jika kita sudah mengetahui bahwa gambar atau patung merupakan penghalang kehadiran malaikat rahmat ke rumah kita, akankah kita masih enggan memudahkan malaikat masuk ke rumah kita dan tetap ingin menyimpan atau memajang gambar atau patung di rumah? (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.