Jadwal Imsakiyah 2018 Agar Anda Tidak Ketinggalan Waktu Sahur

Mengetahui jadwal imsakiyah. termasuk bukti keseriusan kita beribadah di bulan Ramadhan - Diminimalis.com

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selama sebulan penuh, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa wajib, dimana mereka harus menahan lapar, dahaga, dan syahwat, serta memperbanyak ibadah kepada Allah subhanahuwata’ala. Maka menjadi penting bagi kita untuk mengetahui jadwal imsakiyah 2018, agar kita bisa berpuasa denagn baik di bulan Ramadhan tahun ini.

Kali ini diminimalis akan memberikan update jadwal imsakiyah 2018 sebagai salah satu persiapan kita menjelang memasuki bulan Ramadhan. Dengan adanya jadwal imsakiyah 2018 diharapkan puasa kita menjadi lebih terjaga dan teratur dengan baik.

 jadwal imsakiyah 2018, jadwal imsakiyah ramadhan 2018, jadwal imsakiyah ramadhan 2018 jakarta, jadwal imsakiyah 2018 jakarta, jadwal imsakiyah ramadhan 1439 h, jadwal imsak hari ini, jadwal imsak hari ini jakarta, jadwal imsakiyah ramadhan 2017 dki jakarta, jadwal imsak surabaya 2018
Mengetahui jadwal imsakiyah. termasuk bukti keseriusan kita beribadah di bulan Ramadhan – Diminimalis.com

Apa yang Dimaksud dengan Imsak?

Kata “imsak” diambil dari Bahasa Arab yaitu “amsaka, yumsiku, imsak” yang artinya adalah menahan. Maksud dari kata menahan ini adalah batas waktu dimulai menahan dari segala hal yang bisa membatalkan puasa. Waktu imsak dimuali ketika fajar sodiq muncul, yaitu ketika telah terbit cahaya putih atas hitamnya malam yang memanjang horizontal. Waktu ini dikenal pula dengan waktu subuh dan ditandai dengan adzan subuh.

Maka waktu imsak yang hakiki atau yang sebenarnya adalah ketika kita tidak boleh lagi makan dan minum yaitu dimulai semenjak masuk waktu subuh yaitu ditandai dengan dikumandangkannya adzan subuh. Di Indonesia, dikenal adat kebiasaan yang dikenal dengan waktu imsak. Menjelang waktu imsak hakiki, biasanya para muadzin di masjid mengumandangkan imsak dengan tujuan untuk mengingatkan kaum muslimin bahwa waktu imsak hakiki tinggal beberapa menit lagi, maka segeralah bersahur untuk yang belum bersantap sahur dan bagi yang belum selesai untuk segera menyelesaikan hajat sahurnya, karena sebentar lagi waktu subuh tiba.

Jadi ketika imsak dikumandangkan dari pengeras suara masjid, maka kita diingatkan bahwa imsak yang sebenarnya akan segera tiba. Segera tuntaskan makan sahur kita, dan bersiap untuk ke masjid melaksanakan sholat subuh berjamaah untuk kaum laki-laki. Bagi yang belum sempat makan sahur, atau belum selesai, maka masih ada waktu hingga adzan subuh berkumandang, untuk kemudian menyusul ke masjid melaksanakan sholat subuh berjamaah.

jadwal imsakiyah 2018, jadwal imsakiyah ramadhan 2018, jadwal imsakiyah ramadhan 2018 jakarta, jadwal imsakiyah 2018 jakarta, jadwal imsakiyah ramadhan 1439 h, jadwal imsak hari ini, jadwal imsak hari ini jakarta, jadwal imsakiyah ramadhan 2017 dki jakarta, jadwal imsak surabaya 2018, penentuan awal ramadhan, penentuan awal ramadhan 2018, penentuan awal ramadhan dengan cara melihat bulan, cara menentukan awal ramadhan menurut muhammadiyah, penentuan awal ramadhan ditentukan melalui, pengertian hisab dan rukyat menurut muhammadiyah, hukum perbedaan penentuan bulan ramadhan, dalil tentang hisab dan rukyat, metode menentukan awal puasa ramadhan
Karena Ramadhan adalah bulan suci, maka kedatangannya perlu diperhitungkan dengan akurat – Diminimalis.com

Berikut adalah hadist Rasululloh sholallohu’alaihiwasallam yang diriwayatkan oleh Anas rhodliyallohu’andu :
“Zaid bin Tsabit rhodliyallohu’andu berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Nabi Muhammad sholallohu’alaihiwasallam, kemudian Baginda Rosul bangun mengerjakan salat. Anas bertanya kepada Zaid, ‘Berapa lamanya antara adzan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat.’”

Demikian sepengal hadits tentang waktu sahur. Dari hadits di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur, yaitu mendekati waktu subuh (adzan subuh). Bahwa akhir waktu sahur ini sekira dengan bacaan ayat Alquran sejumlah 50 ayat.

manfaatkan waktu sahur untuk bersantap sahur. Pada waktu sahur ini terdapat keberkahan seperti yang Rosul kabarkan, maka walaupun seseorang mungkin mampu berpuasa tanpa makan sahur, namun tetap disunnahkan bangun pada waktu sahur dan bersantap sahur, karena padanya terdapat berkah.

Pilih makanan yang banyak mengandung serat. Kurma menjadi makanan yang disunnahkan untuk sahur. janagn lupa perbanyak minum air putih untuk bekal aktivitas selama sehari penuh, 3 hingga 4 gelas air putih menjadi takaran yang ideal. Janagn terlalu banyak mengkonsumsi gula, baik dari gula maupun dari karbohidrat seperti nasi. Ambil nasi secukupnya, karena jika terlalu banyak kita mungkin hanya akan mengantuk sepanjang ahri dan terasa lemas serta cepat merasa lapar.

Pilih juga menu sahur yang efektif memberikan energi besar saat puasa. Hal ini dikarenakan makan sahur sangat dianjurkan agar Anda bisa menjalani puasa dengan lebih bertenaga. untuk beribadah denagn baik di siang harinya.

Mengapa Penting Mengetahui Jadwal Imsakiyah?

tempat melihat hilal di jakarta, cara melihat hilal, metode menentukan awal bula ramadhan, cara melihat hilal ramadhan, cara melihat hilal 1 syawal, cara menentukan awal ramadhan menurut muhammadiyah, 3 cara menentukan datangnya bulan ramadhan, pengertian rukyatul hilal, jelaskan cara menentukan awal dan akhir bulan ramadhan, suatu car untuk menetapkan awal ramadhan dengan cara melihat dengan pancaindradisebut, hadits tentang hilal, kenapa harus melihat hilal
Dengan memahami jadwal imsakiyah, maka ibadah puasa kita akan tertata dengan mudah – Diminimalis.com

Sebagaimana dijelaskan di atas, jadwal imsakiyah digunakan sebagai pertanda bagi umat muslim untuk memulai waktu berpuasa. Dengan demikian, sangat penting untuk mengetahui akurasi jadwal imsakiyah yang dijadikan sebagai acuan.

Memang saat ini Anda sudah bisa dengan mudah mengetahui masuknya waktu imsak dengan mendengarkan lewat kumandang masjid, televisi, radio, bahkan lewat ponsel. Meskipun demikian, ada suatu kondisi ketika seseorang berada di lokasi yang tidak dekat dengan masjid seperti ketika bepergian ke luar negeri, atau berada di lokasi yang jauh dari peradaban seperti di tengah hutan atau pegunungan terpencil.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami hal di atas, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mencatat jadwal imsakiyah agar waktu sahur Anda menjadi lebih nyaman.

Jadwal Imsakiyah 2018

Berikut adalah jadwal imsakiyah 2018 yang diambil dari situs Kementrian Agama Republik Indonesia. Selain itu, jadwal ini juga dilengkapi dengan jadwal sholat lima waktu. Anda bisa menyesuaikan jadwal berikut dengan wilayah Anda masing-masing. atau jika Anda menginginkan jadwal untuk kota Anda dan kota-kota lain di Indonesia, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah artikel ini, dan kami akan buatkan untuk Anda sesuai dengan kota yang Anda minta.

berikut jadwal imsakiyah 2018 Ramadhan 1439 H untuk kota-kota besar di pulau Jawa Indonesia

JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 BANDUNG - diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 BANDUNG – diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 YOGYAKARTA - diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 YOGYAKARTA – diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 SURABAYA - diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 SURABAYA – diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 SEMARANG - diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 SEMARANG – diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 JAKARTA - diminimalis.com
JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 2018 JAKARTA – diminimalis.com

Anda bisa memanfaatkan update jadwal imsakiyah 2018 di atas ketika sedang bepergian ke berbagai daerah. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir melewatkan waktu imsak dan waktu sholat lima waktu selama bulan Ramadhan, termasuk waktu untuk berbuka puasa. Selamat berpuasa. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.