Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

JADIKAN KELUARGAMU MENCINTAI AL-QUR’AN

JADIKAN KELUARGAMU MENCINTAI ALQURAN #rumahku surgaku - diminimalis.com

Keluarga muslim hendaknya tidak menjadikan rumahnya seperti kuburan. Bagaimana rumah yang seperti kuburan? Adalah rumah yang di dalamnya tidak untuk mengerjakan shalat dan jarang dibacakan Al-Qur’an. Padahal, salah satu amal utama di dalam rumah adalah membaca Al-Qur’an.

Membiasakan diri membaca Al-Qur’an akan menjadikan rumah kita semakin hidup dan tidak seperti tempat yang mati.


JADIKAN KELUARGAMU MENCINTAI ALQURAN #rumahku surgaku - diminimalis.com
JADIKAN KELUARGAMU MENCINTAI ALQURAN #rumahku surgaku – diminimalis.com

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Perumpamaan rumah yang di dalamnya disebut-sebut nama Allah dengan rumah yang di dalamnya tidak disebut-sebut nama Allah laksana orang hidup dan orang mati.”
(HR. Muslim).

Bukti Mencintai Allah dan Rasul-Nya

Alangkah indahnya bila anggota keluarga terbiasa membaca Al-Qur’an. Mereka membiasakan diri berinteraksi dengan Al-Qur’an, sehingga mereka mencintai Al-Qur’an. Dan jika mereka mencintai Al-Qur’an, maka sesungguhnya mereka juga mencintai Allah dan Rasul-Nya.

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, “Siapa yang ingin mengetahui bahwa dia mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah jika dia mencintai Al-Qur’an, maka sesungguhnya dia mencintai Allah dan Rasul-Nya.” (Atsar shahih dalam Syu’ab Al-Iman).

Bukti terbesar mencintai Al-Qur’an adalah dengan membacanya secara benar, memahaminya, merenungkan dan memikirkan maknanya, serta mengamalkannya. Apabila keluarga muslim berusaha untuk mencintai Al-Qur’an dengan melaksanakan beberapa perkara tersebut, niscaya keluarga itu akan mencintai Allah, karena Al-Qur’an memberikan petunjuk tentang Allah. Dan semestinya, ia juga mencintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, karena beliaulah yang menyampaikan Al-Qur’an.

Mereka menjadikan Al-Qur’an sebagai yang paling berharga, sehingga tidak mau lepas darinya. Hal semacam ini telah dicontohkan oleh para sahabat. Hasan Al-Basri berkata, “Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian menganggap Al-Qur’an adalah surat-surat dari Rabb mereka. Pada malam hari, mereka selalu merenunginya, dan akan berusaha mencarinya pada siang hari.”

Ibadah yang Paling Dicintai Allah

Membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang dicintai oleh Allah. Apalagi jika ada proses belajar dan mengajarkan Al-Qur’an, seperti orang tua mengajarkan anaknya membaca Al-Qur’an, maka akan menjadi sebaik-baik keluarga di sisi Allah.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
(HR. Bukhari)

mempelajari alquran dan mengajarkannya #rumahku surgaku - diminimalis.com
mempelajari alquran dan mengajarkannya #rumahku surgaku – diminimalis.com

Al-Qur’an adalah firman Allah, sehingga Allah menjadikan membaca Al-Qur’an sebagai amal yang dicintai-Nya. Khabbab bin Al-Arat radhiyallahu ‘anhu berkata, “Beribadahlah kepada Allah semampumu dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak akan pernah beribadah kepada Allah dengan sesuatu yang lebih dicintai-Nya dibandingkan (membaca) firman-Nya.”

Jika mencintai Al-Qur’an bisa menjadikan keluarga kita mencintai Allah dan Rasul-Nya, dan jika membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang dicintai Allah, akankah kita mengabaikannya? Marilah, mulai saat ini kita berusaha mencintai Al-Qur’an dan senantiasa berinteraksi dengannya, yaitu dengan membacanya, mempelajarinya dan mengamalkannya. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.