oleh

Cara Memantau IP Camera Tanpa Internet dengan cara yang simpel

Internet Protocol Camera atau IP Camera adalah sebuah teknologi CCTV terbaru berbasis internet. IP Camera saat ini banyak digunakan. Masyarakat luas lebih memilih teknologi CCTV iIP Camera dibandingkan dengan CCTV kamera analog. Cara memantau IP Camera tanpa internet juga sangat mudah.

Kelebihan CCTV IP Camera adalah kita dapat memantau IP Camera tanpa internet. Kita bisa mengamati suatu objek atau tempat untuk keamanan monitoring situasi atau digunakan sebagai live view pada website. Teknologi ini lebih baik daripada CCTV tanpa kabel jarak jauh dengan keterbatasan dalam jarak atau area pemantauan.

IP Camera tanpa internet, cctv tanpa internet, kamera cctv mini tanpa kabel, cctv tanpa wifi, cctv tanpa kabel jarak jauh, xiaomi cctv, cctv wireless internet, harga cctv yang bisa dipantau lewat hp, xiaomi xiaofang
pemasangan IP camera lebih mudah daripada CCTV – Diminimalis.com

Cara Menggunakan IP Camera Tanpa Internet

Untuk dapat menggunakan IP Camera setidaknya Anda memerlukan pengetahuan tentang apa itu IP Camera dan bagian-bagiannya. Anda juga perlu tahu cara mengoperasikan IP Camera dan membuat jaringan yang akan digunakan. Bila Anda sudah terbiasa dengan jaringan komputer, pastinya akan lebih mudah.

IP Camera terdiri dari lensa sensor gambar, sensor untuk mengolah dan mengompresi gambar yang diterima. Ada juga mikrokomputer dan ethernet input output yang digunakan untuk mengontrol lensa dan audio.

Jenis IP Camera juga bermacam-macam diantaranya adalah:

• Dome IP camera
• Fix IP camera
• PTZ atau Pan
• Tilt and Zoom

Ip Camera terbagi kedalam dua jenis yaitu yang memakai kabel atau wire IP Camera dan non kabel atau wireless IP Camera. Meskipun mirip dengan CCTV wireless internet, tetapi IP Camera memiliki perbedaan. CCTV adalah kamera analog yang bisa langsung dihubungkan ke televisi lewat VCR atau Video Cassete Recorder sedangkan IP Camera outputnya berbentuk digital dan dapat langsung dihubungkan dengan jaringan komputer.

Cara Kerja IP Camera

IP Camera tanpa internet, cctv tanpa internet, kamera cctv mini tanpa kabel, cctv tanpa wifi, cctv tanpa kabel jarak jauh, xiaomi cctv, cctv wireless internet, harga cctv yang bisa dipantau lewat hp, xiaomi xiaofang
Pemasangan IP camera lebih simpel daripada CCTV – Diminimalis.com

Cara kerja IP Camera secara sederhana yaitu:
1. Lensa menangkap objek
2. Dilanjutkan dengan diproses oleh CCD atau sensor gambar
3. Dikirimkan ke rangkaian pengolah gambar yang digerakkan DSP processor
4. Gambar disini diproses, dikompresi ukurannya supaya tidak terlalu besar
5. Kemudian gambar dikirim ke mikrokomputer dan ethernet yang terhubung dengan jaringan internet
6. Anda juga perlu alamat ip yang di setting berbeda-beda dalam masing-masing merk ip camera
7. Untuk mengakses ip camera yang sudah terinstal Anda dapat memanfaatkan web browser seperti opera, chrome atau mozilla
8. Caranya sama seperti sedang mengakses sebuah web dengan mengetik alamat IP Camera pada web browser yang sering digunakan.
9. hal ini baru bisa dilakukan bila IP Camera sudah aktif
10. Ssecara umum IP Camera sangat mudah diakses dan dikendalikan dari jarak jauh.

Ip Camera cara kerja nya tidak sulit untuk dipahami Anda bahkan dapat mengaktifkan banyak IP Camera untuk berbagai macam kebutuhan. Jika Anda mengelola IP Camera dalam jumlah banyak, Anda perlu sebuah software khusus. Dengan demikian, Anda dapat mengakses berbagai tipe kamera dengan cara stimulasi untuk merekam gambar dalam bentuk video dan audio dari berbagai objek lokasi.

Keunggulan IP Camera Dibanding CCTV Konvensional

CCTV Wireless Internet, cctv wifi tanpa internet, cctv tanpa internet, cctv wireless jarak jauh, cctv tanpa wifi, cctv wifi outdoor, kelemahan cctv wifi, harga cctv yang bisa dipantau lewat hp, kamera cctv mini tanpa kabel
IP camera bisa dipasang tanpa menggunakan koneksi internet – Diminimalis.com

Kamera pengawas atau CCTV sudah mulai menjamur beberapa tahun belakangan. CCTV mulanya diminati oleh para pemilik usaha saja, tapi sekarang juga sudah diminati oleh perorangan dan juga keluarga. Banyak kamera CCTV yang sudah terpasang di rumah-rumah baik di dalam rumah maupun di luar rumah, terlebih cara memasang CCTV wireless juga cukup mudah. Fungsinya adalah untuk mengawasi kegiatan anak, mengawasi orang tua berusia lanjut sampai mengawasi hewan kesayangan. CCTV menjadi alat yang diandalkan dalam melindungi orang-orang yang disayangi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Kamera CCTV yang digunakan untuk kebutuhan perorangan dan keluarga pasti mempunyai spesifikasi yang berbeda dari spesifikasi untuk kebutuhan bisnis. Cara kerja CCTV wireless Internet dapat diakses lewat komputer dan juga gadget yang umum dipakai oleh masyarakat. Disamping itu, sistem instalasi yang mudah tanpa adanya resiko merusak struktur dan estetika rumah bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk konsumen baik perorangan atau keluarga.

IP Camera vs CCTV

Ada dua jenis kamera CCTV yang populer di masyarakat. CCTV analog dan IP Camera. Kamera pengawas atau CCTV analog bisa diakses dari jarak jauh menggunakan remote access. Caranya dengan menghubungkan kamera dengan DVR yang mempunyai fungsi jaringan. Sedangkan IP Camera dengan sendirinya telah mempunyai fungsi jaringan tanpa perlu memakai alat tambahan.

Sistem kerja kamera CCTV analog dan IP Camera umumnya menyediakan fungsi akses untuk jarak jauh dan fungsi akses lewat tablet pc dan juga smartphone. Akan tetapi umumnya IP Camera mempunyai fungsi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan sistem kamera pada CCTV analog.

IP Camera Untuk Aplikasi Mobile

Variasi aplikasi IP Camera untuk tablet dan juga smartphone seperti ipad, iphone, android dan juga blackberry telah disediakan oleh pengembang software independent. Konsumen bisa memilih variasi aplikasi dengan model atau desain yang sesuai gaya hidup dan selera pengguna.

Para konsumen yang peduli dengan estetika rumah seperti mereka yang mempunyai rumah minimalis, maka IP Camera tanpa internet lebih mudah di instalasi jika dibandingkan dengan CCTV analog. Dengan IP Camera yang mempunyai fungsi koneksi wifi, IP Camera dapat terhubung dengan jaringan internet atau DVR melalui jaringan wifi tanpa kabel. Ini tentu berbeda dari sistem kamera CCTV analog yang harus dihubungkan ke DVR lewat kabel. Teknisi profesional wajib dipakai agar sistem CCTV analog bisa terinstalasi dengan rapi tanpa merusak struktur dan juga estetika rumah minimalis Anda.

Berbagai kemudahan yang tersedia untuk sistem IP Camera tanpa internet membuatnya menjadi teknologi pilihan yang tepat untuk keluarga. Selain itu, estetika rumah minimalis Anda juga akan tampak lebih elegan karena IP Camera tidak mengganggu suasana keindahan dalam rumah Anda. (jbm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed