oleh

Mana yang Lebih Menguntungkan, Investasi Emas Atau Properti?

Siapa yang tidak suka dengan melakukan investasi? Menabung uang tanpa melakukan perputaran dianggap merugikan karena adanya inflasi yang berubah dari tahun ke tahun. Tidak heran jika akhirnya melakukan investasi emas atau properti karena dinilai dapat digunakan untuk menghadapi segala perubahan inflasi dan membuat nilai asset Anda bertambah.

Investasi emas atau properti ini sudah banyak dilakukan, bahkan sudah banyak sekali muncul bantuan agen-agen yang membuka jalan untuk para investor melakukan investasinya dengan mudah. Singkatnya, investor dapat membeli barang yang diinvestasikan saat harga murah dan melakukan penjualan ketika dibutuhkan atau ketika barang sedang berada dalam posisi yang tinggi.

 investasi emas atau properti, perbandingan investasi emas dan tanah, nabung saham atau nabung emas, investasi emas atau saham, return emas, lebih baik investasi emas atau rumah, investasi emas atau reksadana, investasi tanah vs emas, cara investasi tanah yang menguntungkan
Antara emas dan properti, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri untuk diinvestasikan – Diminimalis.com

Terdapat beberapa perbedaan antara investasi dengan properti dan emas sehingga Anda dapat melihat keuntungan yang dihasilkan guna menentukan jalan yang Anda ambil. Perhatikan bahwa sebagai investor, Anda harus melihat peluang yang terbuka baik dalam jangka waktu yang pendek maupun panjang.

Perbedaan Investasi Emas Atau Properti yang dapat Anda Pilih

Perbedaan yang ada di bawah ini akan memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing investasi, baik investasi emas atau properti. Anda dapat menentukan pilihan setelah melihat beberapa pertimbangan di bawah ini. Pastikan bahwa pilihan Anda akan menghasilkan keuntungan yang Anda harapkan dan tidak menjadi bom waktu di masa depan.

• Kelebihan dalam investasi properti

Properti yang cocok untuk investasi pengertian investasi properti, investasi properti adalah, tips investasi properti, cara investasi properti, contoh investasi properti, keuntungan membeli properti, tips properti
Karena harga properti selalu naik, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar – Diminimalis.com

1. Properti biasanya memiliki kendala dalam hal pencarian lahan yang strategis. Namun seperti yang Anda tahu lahan di kota besar yang strategis sudah semakin berkurang bahkan kalaupun ada memiliki harga yang sangat besar. Namun sekarang semakin banyak apartemen baru tumbuh yang dapat menjadi lahan investasi yang sangat luas bagi Anda.

2. Properti dengan kawasan yang strategis tidak akan mengalami penurunan harga. Harga yang ditawarkan setiap tahunnya akan naik, dan tentu akan menjadi keuntungan bagi Anda yang melakukan investasi dalam bidang ini. Catatan yang harus Anda tekankan adalah pilih kawasan strategis yang terus berkembang.

3. Properti tidak harus dijual secara langsung. Anda dapat menyewakan kepada penghuni baru setiap tahun atau setiap bulannya. Anda tidak akan kehilangan lahan investasi, dan akan selalu ada pemasukan bagi Anda.

4. Properti berupa rumah semisalnya selalu dapat dijadikan jaminan atau agunan. Anda dapat menambah properti baru Anda, dengan menggunakan jaminan dari investasi properti Anda yang sebelumnya.

5. Investasi dari properti memiliki perhitungan jangka panjang. Hal inilah yang membuat hasilnya tentu sangat tinggi dibandingkan dengan melakukan investasi yang lain. Biasanya dalam sistem perekonomian yang normal, properti memiliki jangka waktu minimal yaitu 3 tahun hinggal 10 tahun.

• Kekurangan dalam investasi properti

Investasi Rumah Atau Tanah, perbandingan Investasi Rumah Atau Tanah, kelebihan dan kekuarangan investasi tanah, kelebiahn dan kekurangan investasi rumah
Investasi properti memiliki rewsiko yang lebih besar – Diminimalis.com

1. Properti membutuhkan perawatan yang intensif untuk menjaganya dan terkadang apabila disewakan.

Pasalnya, tidak semua penghuni bertanggungjawab dengan properti tersebut. Anda tentunya harus mengeluarkan biaya perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan properti Anda.

2. Biaya pajak akan menjadi tanggungan Anda, pemilik dari properti yang ada di lahan tersebut. Selain pajak terdapat biaya lain seperti biaya izin mendirikan bangunan atau IMB.

3. Seperti yang sudah disebutkan, properti adalah investasi jangka panjang. Tentunya akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan dana segar secara langsung apabila berada di saat yang mendesak.

4. Masalah terkait sengketa akan terjadi apabila Anda tidak memperhatikan surat-surat properti Anda. Pilih investasi properti dengan lahan dan surat yang memang aman dan terpercaya.

5. Properti tentunya membutuhkan dana awal yang besar, tergantung dari bangunan apa yang memang telah Anda incar sebagai lahan investasi Anda.

Dari kelebihan dan kekuarangan investasi properti atau rumah tersebut? Ada baiknya Anda memahami analisis investasi rumah yang tepat.

• Kelebihan dalam investasi emas

1. Mudah untuk mencairkan dana segar. Emas dapat dijual kapan saja dengan mudah melalui toko emas terdekat atau bahkan pegadaian.
2. Emas merupakan lahan investasi yang tidak akan terkena inflasi. Tentu keuntungan ini yang sudah banyak diincar oleh para investor.
3. Emas juga dapat diperoleh melalui tabungan. Sekarang ini telah banyak bank atau bahkan lembaga terpercaya yang memiliki tabungan emas yang dapat diakses oleh siapa saja.
4. Harga yang semakin tinggi juga menjadi salah satu kelebihan emas murni. Anda tentu dapat memperhitungkan kapan emas Anda akan dijual dan membeli kembali dengan melihat harga emas yang berubah setiap tahunnya.
5. Emas adalah investasi yang dapat digadaikan apabila Anda membutuhkan uang atau dana segar dalam waktu yang cepat. Tentunya emas akan kembali lagi apabila Anda dapat menebusnya di tempat Anda menggadaikan dalam tempo yang sudah ditentukan.

• Kekurangan dalam usaha investasi emas

1. Rawan untuk hilang atau dicuri. Tidak hanya emas, sebetulnya logam mulia yang lain jika tidak dijaga dengan baik tentu akan mudah untuk hilang oleh pencuri. Perhatikan bahwa Anda sering lupa atau ceroboh, maka investasi emas ini salah satu hal yang tidak direkomendasikan untuk Anda.

2. Biaya penyimpanan yang besar dapat dikenakan apabila Anda menyimpan emas pada deposit box di beberapa tempat atau bahkan bank tertentu. Biaya yang paling kecil biasanya berkisar Rp 750.000,00.

3. Emas dapat mengalami fluktuasi bagi Anda yang tidak waspada. Harga emas biasanya sesuai dengan pergerakan harga komoditas yang harus Anda fahami lebih jauh.

Masing-masing jenis investasi memang memiliki resiko masing-masing. Sebagai investor yang sudah merancangkan anggaran, pilih investasi properti atau emas yang sesuai dengan perhitungan Anda. Tentunya Anda harus memiliki perhitungan investasi yang menghasilkan keuntungan bukan kerugian bagi investasi Anda.

Banyak sekali cara membeli investasi baik properti maupun emas. Sebelum membelinya, Anda harus melihat harga dari masing-masing tempat pilihan Anda untuk dapat membandingkannya. Setelah itu barulah pilih harga yang paling cocok dengan keuntungan investasi emas atau properti yang sesuai dengan rencana masa depan Anda.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed