oleh

Menata Interior Rumah Mungil Semudah Ini, Mau Coba?

Interior rumah mungil menjadi objek desain yang mau tidak mau harus dipikirkan oleh pemilik rumah minimalis. Tentang bagaimana mengatur interior yang pas masih menjadi salah satu hal yang menantang sekaligus menyenangkan untuk digeluti.

Rumah minimalis yang tengah menjadi tren saat ini nyatanya membutuhkan sentuhan desain yang berbeda dari yang lainnya. Perihal keterbatasan lahan menjadikan setiap orang untuk merencanakan desain rumah yang efektif. Rumah mungil bisa menjadi pilihan terbaik meski memerlukan perencanaan interior yang matang.

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png
interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png

Tips Menata Desain Interior Rumah Mungil Tanpa Ribet

Rumah mungil memang memerlukan perencanaan desain yang sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan rumah dengan ukuran lain yang lebih luas. Namun meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak referensi ide yang bisa Anda dapatkan soal bagaimana mengatur interiornya.

Berikut diminimalis akan memberikan gambaran tentang penataan desain interior minimalis rumah mungil yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Interior Ruang Tamu

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png

Rumah dengan luas lahan yang sempit seringkali menimbulkan efek domino terhadap pengerjaan desain interior ruang. Nah, lalu bagaimana cara mendesain ruang tamu yang benar-benar pas dengan ukuran rumah yang nyaman?

Pertama-tama, Anda harus memahami prinsip utama mendesain rumah minimalis, yakni simpel tapi nyaman. Ruang tamu pada rumah mungil seharusnya didesain dengan cara yang sederhana yaitu dengan mengutamakan efektivitasnya.

Interior ruang tamu yang baik setidaknya yang mampu memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang. Kursi, sofa, dan meja sebagai elemen dasar ruang tamu bisa Anda tata sesuai selera. Selebihnya Anda bisa menambahkan beberapa elemen dekorasi tambahan seperti pajangan dinding, rak buku, tv dan lain sebagainya.

2. Interior Ruang Makan

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png

Ruang makan rumah mungil bisa didesain dengan cara yang cukup sederhana tanpa meninggalkan unsur kenyamanan. Meja, kursi dan elemen ruangan lainnya seperti lampu bisa diatur sesuai selera.

Selanjutnya untuk penambahan elemen dekorasi seperti vas bunga, bisa dipilih juga yang sesuai selera. Di sisi lain Anda juga bisa menghadirkan suasana romantis ruangan dengan meambahkan lampu tmblr.

3. Interior Kamar Tidur

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png

Aturlah semua perabot kamar tidur Anda lebih ringkas dari biasanya. Akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan perabotan yang multifungsi seperti meja kerja/belajar yang bisa dilipat, ranjang yang bisa didesain bagian bawahnya sebagi laci dan sebagainya.

Untuk lemari pakaian sebaiknya dirombak layaknya lemari di hotel atau apartemen yang terlihat ringkas. Mengusahakan semaksimal mungkin untuk menjadikan kamar tidur terlihat rapi dan sederhana akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga.

4. Pentingnya Ventilasi

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png

Bukaan sebuah rumah minimalis tentu juga perlu mendapatkan perhatian yang serius. Hal ini karena rumah mungil pasti akan mengalami efek sumpek dan suhu ruangan yang sulit terkendali. Oleh karenanya ventilasi rumah juga harus mendapatkan strategi desain yang tepat.

Untuk ventilasi ruangan rumah mungil, kami menyarankan untuk membuat bukaan yang lebar. Perbanyak jendela dengan bukaan yang memanjang dan lebih lebar. Tujuannya adalah agar rumah tidak terlalu panas saat cuaca terik dan tidak terlalu dingin saat musim hujan.

Baca juga: Ide Desain Interior Rumah Minimalis Modern Yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

5. Tangga

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png

Jangan salah, urgensi tangga untuk sebuah rumah mungil bertingkat sangatlah penting. Space yang diperlukan untuk menempatkan tangga pada bagian ruangan saja biasanya bisa lebih dari satu meter. Hal ini jelas akan mengurangi jatah space untuk ruangan lain.

Kami menyarankan untuk desain tangga dibuat dengan pertimbangan terbaik. Perhatikan ukuran, bahan dan kekuatannya untuk menopang beban. Hal ini sangat penting karena ini berhubungan dengan keamanan dan keselamatan Anda dan keluarga sebagai pemilik rumah.

Sebagai tambahan, manfaatkanlah bagian bawah tangga untuk menempatkan sebuah perabot seperti rak atau lemari. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang yang perlu disimpan untuk sementara waktu.

6. Taman/void

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png

Di bagian dalam rumah, Anda bisa menambahkan taman mini/void yang berfungsi untuk menambah keindahan sekaligus menghilangkan kesan sumpek.
Desain void di rumah mungil tidak memerlukan banyak space. Alokasikan saja space ± 2×2 meter untuk membuat void dalam rumah.

Untuk selanjutnya, Anda bisa menambahkan beberapa tanamaan yang sekiranya medukung tampilan. Dengan adanya void di dalam salah satu sudut rumah Anda, maka masalah sumpeknya ruangan akan bisa teratasi.

Pada intinya, menata desain interior rumah mungil harus direncanakan dengan mempertimbangkan efektivitas penggunaan ruang. Untuk mendapatkan tampilan lebih menarik dan nyaman, Anda bisa berkreasi sendiri.

Nah, itu dia ulasan kami soal desain interior rumah mungil yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed