oleh

Menata Interior Rumah Minimalis Type 36 Dengan Cara Mudah Ini

Interior rumah minimalis type 36 menjadi salah satu objek desain yang tengah digemari sampai dengan saat ini. Kesulitan mengatur tata letak interior yang serba minimalis justru bukan masalah berarti bagi para desainer, sebaliknya menjadi tantangan yang punya makna tersendiri untuk mereka.

Di tengah maraknya tren memiliki rumah minimalis type 36, ternyata Anda pun bisa melakukannya sendiri. Tidak perlu lagi membayar mahal soal kebutuhan desain interiornya karena Anda bisa melakukan semuanya sendiri dan tentunya dengan biaya yang bisa Anda kalkulasi sendiri.

interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com
interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com

Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis Type 36

Pada bahasan kali ini, diminimalis akan mencoba mengulas tentang bagaimana kiat mendesain interior rumah minimalis type 36 dengan cara yang lebih simpel.

Perlu dipahami bahwa keberhasilan desain adalah hasil dari perencanaan segala sesuatunya yang berjalan dengan baik. Beberapa hal berikut bisa menjadi referensi untuk Anda soal apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana tips terbaik mengaturnya.

interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png1.png

# Memilih warna cat dinding yang pas

Warna dinding ruangan cukup penting untuk sebuah ruangan. Pilihlah warna cat yang netral. Tidak hanya menjadi penunjang keindahan rumah, warna cat dinding netral bisa memberikan efek rumah terlihat lebih luas. Selanjutnya, Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna perabot ruangan.

# Memilih perabotan simpel dan multifungsi

Memilih perabotan yang tepat untuk sebuah ruangan menjadi hal yang cukup penting. Pilihlah perabotan multifungsi dan tidak terlalu besar agar tidak memakan space ruangan terlalu banyak.

# Komitmen dalam menjaga kebersihan dan kerapihan

Hal terakhir paling penting setelah sukses dalam hal penataan interiornya adalah menjaga kebersihan dan kerapihannya. Akan sangat percuma jika Anda telah susah payah mendesain ruangan dengan indah kemudian tidak dijaga perihal kebersihan dan kerapihannya.

Berkomitmenlah Anda bersama keluarga untuk selalu disiplin menjaga kebersihan dana kerapihan rumah. Ajari anak-anak Anda untuk terbiasa menyimpan mainan mereka dengan rapi. Dimulai dari hal-hal kecil semacam itu maka rumah minimalis Anda akan terlihat indah dan nyaman ditempati.

Nah, setelah bicara tentang tips desain di atas, selanjutnya kita akan membicarakan perihal yang lebih teknis. Berikut beberapa ide yang bisa Anda terapkan dalam mendesain interior rumah minimalis type 36 Anda.

1. Ruang Tamu

interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png1.png

Rumah dengan luas lahan minimalis/sempit seringkali menimbulkan efek domino terhadap pengerjaan desain ruangan lainnya tak terkecuali ruang tamu. Nah, lalu bagaimana tips mengatur desain interior ruang tamu sederhana yang benar-benar nyaman?

Anda bisa memilih berbagai jenis/model sofa yang Anda inginkan. Pemilihan sofa di sini termasuk warna/motif, jumlahnya. Untuk penataannya, Anda bisa mencoba gaya-gaya penataan interior simpel yang lumrah dilakukan banyak orang. Disusun berderet dengan coofe table di tengah bisa jadi opsi terbaik.

2. Ruang Makan

interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png1.png

Ruang makan pada rumah minimalis type 36 harus bisa didesain sederhana tanpa menghilangkan esensi kenyamanan saat santap bersama keluarga. Meja dan kursi bisa disusun melingkar atau persegi panjang tanpa banyak tambahan aksesoris.

Anda juga bisa menempatkan freezer pada sudut ruang makan guna memudahkan mengambil makanan atau miniman dingin.

3. Kamar Tidur

interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png1.png

Aturlah semua perabot kamar tidur Anda lebih ringkas dari biasanya. Hal ini untuk mengurangi sisa space yang termakan oleh penempatan perabot.

Ringkasilah tampilan kamar tidur dengan memanfaatkan lemari pakaian layaknya di hotel atau apartemen. Mengusahakan semaksimal mungkin untuk menjadikan kamar tidur terlihat rapi dan sederhana akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga.

Baca juga: Tips Simpel Mendesain Kamar Tidur Ukuran 3×3 Sederhana Agar Nampak Indah Dan Luas

4. Kamar Mandi

interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png1.png

Keberadaan kamar mandi sendiri memiliki peran yang sangat vital dalam sebuah rumah. Merencanakan desainnya dengan baik berarti Anda juga tengah berupaya membuat diri Anda sekeluarga nyaman dan berpola hidup sehat.

Untuk kamar mandi dengan space yang cukup sempit seperti misalnya 2×1,5 meter saja, Anda harus pandai-pandai mengatur strategi desain interiornya. Bak mandi, shower, gantungan baju, cermin, dan tempat alat mandi sepertinya cukup untuk berada di kamar mandi minimalis Anda.

5. Ruang Keluarga

interior rumah minimalis type 36-diminimalis.com.png1.png

Untuk ruang keluarga, pilihlah perabotan-perabotan yang tidak terlalu besar. Bila perlu buatlah konsep lesehan, karena dengan begitu Anda tidak perlu banyak perabot besar seperti sofa dan meja. Cukup dengan menggelar karpet untuk tempat bersantai dan berkumpul keluarga.

Yang menjadi pusat perhatian dari sebuah ruang keluarga adalah keberadaan fasilitas tv dan rak buku. Keduanya bisa Anda jadikan sebagai daya tarik utama ruangan. Khusus untuk rak buku, Anda bisa memasang rak bertingkat dengan pajangan buku-buku untuk sekaligus memfasilitasi anggota keluarga gemar membaca.

6. Desain Taman

Meski terbilang sempit, Anda tetap bisa menambahkan taman dalam rumah. Dengan adanya taman kecil/void dalam rumah Anda, maka setidaknya akan memunculkan kesan natural yang berbeda di rumah Anda.

7. Tata Pencahayaan Rumah

Dari sekian elemen penting mendesain sebuah ruangan, tata pencahayaan menjadi sebuah hal yang layak diperhatikan secara detail. Misalnya jika Anda ingin setidaknya menghemat pemakaian listrik, Anda bisa memperbanyak sumber cahaya matahari alami melalui bukaan atap kaca rumah.

Sementara untuk malam harinya Anda bisa mengatur tata letak lampu sesuai dengan karakter dasar ruangan. Misalnya untuk kamar tidur diprioritaskan memasang lampu tumblr, untuk ruang tamu dipasang lampu besar yang terang dan sebagainya.

Pada intinya mendesain rumah minimalis baik itu type 36 atau yang lainnya, prinsip desain dengan prioritas simpel harus dinomorsatukan. Tujuannya adalah agar selain terkesan rapi dan tidak sumpek, rumah minimalis simpel juga akan menambah ruangan nampak lebih luasa.

Baiklah, itu dia ulasan kami seputar desain interior rumah minimalis type 36 kali ini. Wujudkan rumah impian Anda dengan mudah bersama diminimalis. Semoga bermanfaat. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.