Tips Menata Desain Interior Rumah Minimalis Type 36/60 Gaya Terbaru

Bicara soal bagaimana mendesain interior rumah minimalis type 36/60 kita harus paham dulu dengan karakter rumah type ini. Pada umumnya rumah minimalis seluas 36 meter persegi yang dibangun di atas lahan seluas 60 meter persegi (type 36/60) memiliki komponen ruangan: 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan satu ruang makan sekaligus dapur.

Dengan komposisi yang lumrah tersebut pemilik rumah diharuskan untuk bisa mengatur desain interiornya sebaik mungkin agar didapatkan hunian yang nyaman. Oleh karenanya jika Anda sebagai pelakunya, Anda harus jeli dalam mengatur segala kebutuhan interior setiap ruangan.

Mengatur segala kebutuhan interior yang dimaksud tersebut ialah termasuk menata perabot, menambahkan dekorasi dan mengatur kombinasi penataan terbaik keduanya.

interior rumah minimalis type 36/60-diminimalis.com

Ide mendesain interior rumah minimalis type 36/60 mulai dari ruang tamu hingga dapur

Jika ada pertanyaan ruangan mana saja yang memerlukan pengaturan interior? Tentu setiap petak yang ada di dalam rumah perlu mendapatkan perhatian. Seperti misalnya bagaimana menata interior ruang tamu dan kamar tidur minimalis yang pas jika misalnya sekaligus sebagai ruang kerja dan sebagainya.

Pada artikel ini, diminimalis akan mencoba mengulas tentang bagaimana memoles tata interior rumah minimalis type 36/60 mulai dari ruang tamu hingga dapur agar nyaman ditempati.

1. Ruang tamu minimalis lebih elegan dengan perabot secukupnya

interior rumah minimalis type 36/60-diminimalis.com

Penataan ruangan rumah yang akan kita bahas sebagai pembuka adalah ruang tamu. Keberadaan ruang tamu sebagai ruang tertutup sementara posisinya berada paling depan dari sebuah rumah tentu memerlukan polesan khusus. Hal ini penting karena ruang tamu sebagai representase “keramahan” Anda.

Nah, lalu bagaimana tips mengatur interior ruang tamu minimalis type 36 supaya benar-benar nyaman? Salah satu caranya adalah dengan memasukkan perabotan ruang tamu tanpa berlebihan. Cukup dengan memasukkan 1 set sofa dan coffe table mini kedalamnya, dengan begitu ruangan akan terasa lebih lapang.

Jangan lupa untuk menyesuaikan warna dan motif sofa dengan nuansa rumah khususnya ruang tamu Anda. Hal ini agar tampilan ruangan tidak terlihat monoton. Anda juga bisa menambahkan aksesoris ruangan seperti guci, bunga dalam pot, dan rak buku dinding pada ruang tamu Anda.

Untuk penataannya, Anda bisa menata sofa melingkari coffee table. Atau bisa juga disusun berderet membentuk huruf U. Sebagai tambahan dekorasi, Anda bisa menambahkan hiasan dinding, kaligrafi, dan tirai untuk dipasang pada jendela ruangan.

2. Kamar tidur desain tingkat terlihat kreatif

interior rumah minimalis type 36/60-diminimalis.com

Keterbatasan luas rumah minimalis type 36 juga turut berpengaruh terhadap sempitnya space kamar tidur Anda. Oleh karenanya Anda perlu melakukan strategi penataan kamar tidur yang tepat.

Ringkasilah tampilan kamar tidur Anda salah satunya dengan memanfaatkan lemari pakaian layaknya di hotel atau apartemen. Mengusahakan semaksimal mungkin untuk menjadikan kamar tidur terlihat rapi dan sederhana akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga.

Misalnya jika kamar tidur Anda seringkali digunakan sekaligus sebagai ruang kerja, Anda bisa mencoba menerapkan ranjang kaki panjang. Tidak harus bertingkat namun setidaknya bagian bawah ranjang bisa dimanfaatkan untuk space melakukan aktivitas lain.

3. Ruang makan sekaligus dapur lebih efektif

interior rumah minimalis type 36/60-diminimalis.com

Ruang makan rumah minimalis sebenarnya bisa didesain terpisah dengan ruangan khusus masak-memasak alias dapur. Namun jika Anda menginginkan keleluasaan gerak dan kesan lebih lapang kami merekomendasikan untuk keduanya digabung menjadi satu ruangan.

Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa menempatkan freezer, oven dan perkakas dapur lainnya tanpa tertutup oleh sekat/tembok.

Jangan lupa juga untuk mengatur pencahayaannya mengingat ruangan akan semakin luas karena dapur dan ruang makan didesain tanpa sekat tembok. Pasanglah lampu ruangan yang sekiranya cukup terang untuk kenyamanan saat memasak atau bersantap malam.

4. Kamar mandi minimalis lebih manis tanpa banyak perkakas

interior rumah minimalis type 36/60-diminimalis.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa kamar mandi pun memiliki peran yang cukup vital dalam kehidupan keluarga di sebuah rumah. Merencanakan desainnya dengan baik berarti Anda juga tengah berupaya membuat diri Anda sekeluarga nyaman dan bergaya hidup bersih.

Untuk kamar mandi rumah tipe 36 biasanya hanya akan didapatkan jatah space sekitar 1,5 x 2 meter. Dengan space kamar mandi sesempit itu Anda dituntut untuk menyertakan berbagai keperluan mandi ke dalamnya.

Nah, strategi yang bisa dilakukan adalah cukup dengan memasang 1 bak mandi ukuran 1 x 0,5 meter, shower, gantungan baju, cermin, dan tempat alat mandi. Hindari meninggalkan baju-baju kotor dan peralatan pribadi di kamar mandi agar tidak terlihat kumuh dan semakin sempit.

Untuk desain pintunya, Anda bisa memilih daun pintu kamar mandi00 dari kaca yang semi transparan untuk menimbulkan kesan lebih luas. Selain itu, perhatikan juga pencahayaannya. Berilah lampu penerangan yang tidak terlalu terang pun juga tidak terlalu redup.

5. Desain taman minimalis dalam rumah

interior rumah minimalis type 36/60-diminimalis.com

Sisa lahan yang ada dari rumah type 36 Anda bisa dimanfaatkan untuk membuat tamana mini dalam rumah. Taman mini (void) rumah bisa Anda jadikan sebagai hiasan rumah dan sekaligus sumber sirkulasi udara bersih.

Anda bisa menanam berbagai jenis pohon atau bunga hias yang Anda sukai. Mengingat posisinya yang memang ada di dalam rumah maka harus dijaga kelestariannya dengann baik. Atur pengairan dan perawatannya secara rutin agar rumah Anda selalu hijau dan sejuk.

Nah, itu dia ulasan kami seputar interior rumah minimalis type 36/60 yang bisa kami sampaikan. Semoga rumah minimalis indah impian Anda bisa terwujud. (rn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.