Menghadirkan Interior Nuansa Ramadhan pada Rumah Minimalis

Sambut Ramashan dengan dekorasi interior nuansa Ramadhan - Diminimalis.com

Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan akan datang, dan seluruh umat islam didunia pastti berbondong-bondong melakukan penyambutan sebelum bulan suci ini. Karena bulan ini mendatagkan banyak berkah, nikmat, dan kebaikan di dalamnya. Dan tentunya kita juga patut untuk mepersiapkan rumah,dengan interior nuansa Ramadhan. Untuk itu, dibutuhkan pernak-pernik atau desain interior yang menggambarkan nuansa ramadhan.

interior nuansa ramadhan, dekorasi ramadhan, dekorasi tema ramadhan, membuat hiasan ramadhan, hiasan menyambut ramadhan, dekorasi ramadhan di mall, dekorasi ramadhan untuk kantor, dekorasi ramadhan hotel, hiasan dekorasi ramadhan
Sambut Ramashan dengan dekorasi interior nuansa Ramadhan – Diminimalis.com

Interior Nuansa Ramadhan dan cara Mendesainnya

Berikut beberapa alternatif pemilihan desain interior atau hiasan yang bertemakan nuansa Ramadhan :

1. Pemilihan cat dinding
Dalam tahap ini pemilihan warna yang soft atau pastel sangat mengisyaratkan dengan nuansa bulan ramadhan. Berikan sentuhan warna hijau atau biru pastel yang dapat membuat hati yang menatap menjadi lebih tenang dan menyejukkan. Dapat juga menggunakan warna lain, seperti kuning keemasan yang memberi sentuhan ketenangan dan sangat cocok untuk menggambarkan nuansa bulan ramadhan. Hindari pemilihan warna yang sangat terang dan terkesan mencolok. Seperti warna merah, kuning terang, dan orange yang terang, agar nuansa ramadhan yang akan Anda hadirkan lebih terasa.

2. Pemberian Lampu

menghias rumah menyambut ramadhan, dekorasi ramadhan, dekorasi ramadhan hotel, dekorasi ramadhan di mall
Tempelkanj stiker dinding dan lampu untuk menyambut bulan Ramadhan – Diminimalis.com

Penambahan aksesoris lampu yang berwarna kuning keemasan juga dapat menjadi pemilihan untuk Anda yang sedang mendesain rumah agar tampak lebih terkesan menenangkan. Pilihlah lampu yang memiliki dekorasi berbentuk masjid, bulan, ataupun berbentuk bintang yang dapat lebih mengentalkan nuansa bulan ramadhan. Atau apabila Anda kesulitan mendapatkan lampu berdekorasi tersebut, Anda dapat menggunakan kertas atau kardus bekas yang dapat dikombinasikan menjadi bentuk yang Anda inginkan. Lalu, beri celah untuk lampu tersebut dapa masuk kedalam dekorasi. Dan lampunya siap digunakan dan lebih hemat biaya yang Anda keluarkan.

3. Pemberian Lilin
Apabila Anda menemui kesulitan untuk mencari lampu yang berdekorasi seperti yang telah diulas diatas, Anda dapat menggunakan alternatif lainnya yaitu menggunakan cahaya lilin. Cahaya yang dihasilkan oleh lilin yaitu berwarna kuning keemasan oleh karena itu dapat mengganti keberadaan lampu berdekorasi tersebut . Dan tidak mengurangi nuansa bulan ramadhan yang akan digunakan. Pemberian lilin ini harus ditempat yang terbuka dan jangan meletakkan didekat benda yang dapat dengan cepat terkontak dengan api. Seperti kompor, gas, benda-benda elektronik , kain baju. Dan hindarkan dari jangkauan anak kecil, agar tidak membahayakan dan juga tidak mengurangi tema atau nuansa Ramadhan yang ingin diciptakan .

4. Hiasan Dinding
Tema nuansa Ramadhan juga dapat Anda ciptakan dengan memberi sentuhan hiasan pada dinding Anda. Yakni memberikan hiasan dinding yang bertuliskan tema bulan Ramadhan juga dapat menambah nuansa Ramadhan lebih menyentuh. Dapat Anda tambakan pada ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, kamar tidur, ataupun pada ruang ibadah/mushola dalam rumah Anda.

Penulisan kalimat ini perlu dibuat menggunakan font-font yang hampir sama dengan penulisan kaligrafi, atau dapat Anda kreasikan / dapat Anda padu-padankan dengan warna-warna yang soft dan font yang lebi menarik. Agar kita yang melihat juga dapat merasakan lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa, dan ibadah-ibadah sunnah lainnya ketika bulan Ramadhan. Kata yang dapat Anda tuliskan yakni : selamat menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadhan bulan yang suci, mari meraih kemuliaan dibulan Ramadhan, semangat menjalankan ibadah dibulan ramadhan, dan masih banyak tulisan-tulisan yang dapat Anda aplikasikan didinding rumah atau kantor Anda.

5. Kaligrafi

hiasan dinding kaligrafi, harga hiasan dinding kaligrafi, hiasan dinding kaligrafi kuningan, hiasan dinding kaligrafi ayat kursi, hiasan dinding islami, kaligrafi dinding rumah, jual hiasan dinding ruang tamu, kaligrafi tembok, harga lukisan kaligrafi murah
Salah satu contoh hiasan dinding kaligrafi dalam interior rumah yang indah – Diminimalis.com

Pada ruang ibadah Anda, atau mushola dalam rumah Anda, untuk menghasilkan kesan atau tema ramadhan dapat Anda berikan kaligrafi yang menawan untuk interior Anda . Dengan maksud untuk menambah semangat menjalankan kegiatan beribadah selama bulan ramadhan. Pada pemberian aksen kaligrafi ini dapat dipilih dari material kayu yang berwarna coklat muda, yang masih terlihat sekali serat-serta kayunya . Sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang memandangnya. Atau dapat juga menggunakan kaligrafi yang dibingkai menggunakan kaca , sehingga terlihat rapi dan enak dipandang. Akan tetapi, harus hati-hati ketika hendak memasang kaligrafi diatas dinding. Mintalah bantuan kerabat atau teman Anda dalam menempatkan tulisan kaligrafi tersebut.

6. Jadwal shalat dan imsakkiyah
Tidak kalah penting dari yang lain , penempatan jadwal shalat dan imsakkiyah juga perlu diberikan di ruang-ruang tertentu. Seperti tempat ibadah, ruang keluarga, dan ruang makan. Ini bertujuan untuk mengingatkan kita dalam waktu-waktu shalat yang sesuai dengan jadwal pada saat bulan Ramadhan. Pada penulisan ini harus dibuat dengan kreativitas yang tinggi. Sehingga ketika dilihat tidak membuat bosan, atau jenuh ketika membacanya. Terutama apabila Anda memiliki adik, atau buah hati yang masih kecil untuk dapat menarik perhatiannya Anda harus membuatnya agar terlihat semenarik mungkin. Dengan memadu padankan warna yang kontras atau terang dan memberi hiasan-hiasan yang menarik agar buah hati Anda dapat mengetahui jadwal shalat dan imsak ketika berada dalam rumah.

7. Lampu hias ditangga rumah
Selanjutnya yaitu pemberian lampu hias pada tangga juga akan memperkuat interior nuansa Ramadhan di rumah Anda . Caranya yaitu melilitkan lampu hias yang panjangnya lebih dari 5 meter dapat diberikan pada pegangan tangga rumah. Agar nuansa rumah ketika malam hari dapat terlihat soft dan memberikan kesan bulan Ramadhan yang kental dalam rumah Anda. (ul)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.