Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Memasang Instalasi Tandon Air Rumah Yang Benar Bagaimana Ya?

Instalasi tandon air rumah - diminimalis.com

Instalasi tandon air rumah yang benar dalam penyusunan dan peletakkannya akan sangat mempengaruhi baik tidaknya sirkulasi air yang ada. Tandon yang Anda buat dengan perhitungan dan perencanaan yang matang akan memiliki usia pakai yang lebih panjang dibandingkan dengan pengerjaan instalasi tandon yang asal-asalan.

Instalasi tandon air rumah
Instalasi tandon air rumah – diminimalis.com

Jika diperhatikan dari beratnya saja, air dalam tandon berkapasitas 1000 liter memiliki berat jenis sekitar 1 ton. Anda bisa membayangkan jika air sebanyak itu terbuang begitu saja dikarenakan salah dalam pembuatan pondasi. Jikapun tidak sampai merusak tandon, pembuatan tandon yang tidak sesuai bisa membuat air merembes dan membuat genangan di mana-mana.


Instalasi tandon air rumah yang benar

Sebelum kita membahas bagaimana sih instalasi tandon yang benar agar terwujud tandon air yang kuat dan kokoh. Ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu bagaimana atau dimana kiranya meletakan tandon air yang benar, berikut ulasannya.

Anda harus pastikan terlebih dahulu tempat yang hendak dijadikan sebagai alas tandon. Alas tandon bisa berupa konstruksi menara tandon air yang terbuat dari kerangka besi maupun beton bertulang. Pastikan juga tanah yang hendak dijadikan sebagai pondasinya dalam kondisi stabil dan aman. Ukuran lebar pondasi harus lebih lebar dibandingkan lebar diameter tandon.

Sebaiknya Anda hindari pemasangan pondasi pada tempat lalu lalang penghuni rumah agar tetap terjaga instalasinya. Area septik, saluran limbah dan bawah gudang juga tidak boleh Anda gunakan sebagai tempat tandon air dikarenakan sewaktu-waktu bisa terjadi pencemaran.

Pemasangan instalasi tandon air rumah

Setelah Anda meletakan tandon air pada tempat yang tepat sekarang baru kita bahas bagaimana pemasangan instalasinya secara tepat. Pertama, sesuaikan besarannya daya pompa yang dibutuhkan. Posisikan pompa sedekat mungkin dengan sumber air dan juga letakkan pada tempat yang mudah dijangkau agar memudahkan saat pengecekan.

Selanjutnya, hindari pemasangan langsung pompa dengan outlet tandon tanpa menggunakan konektor yang fleksibel. Hal ini untuk menghindari bocor ataupun rusaknya sambungan dikarenakan getaran yang dihasilkan pompa. Untuk meminimalkan getaran pompa Anda bisa membuat dudukan pompa kuat yang diikat dengan baut.

Terakhir, buatlah instalasi pipa yang benar yaitu dengan meminimalkan sambungan dan tikungan agar pipa terhindar dari kebocoran dan juga aliran yang terhambat. Jangan lupa juga pasang saringan pada ujung pipa untuk menyaring pasir dan kotoran yang bisa menyumbat pompa.

Demikianlah ulasan singkat mengenai bagaimana menyusun instalasi tandon air rumah yang tepat. jika Anda merasa kesulitan dalam pemasangannya ada baiknya serahkan kepada ahlinya agar hasilnya bisa maksimal. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: tandon air rumah

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.