oleh

Pentingya Memahami Cara Instalasi Filter Kolam Renang yang benar

Pada saat pengoperasian kolam renang berlangsung, ada satu elemen yang memiliki fungsi paling vital, yaitu instalasi filter kolam renang. Ibarat manusia yang membutuhkan ginjal, maka kolam renang membutuhkan filter. Keduanya membantu sistem sirkulasi air agar mengalir lancar. Bisa dibayangkan jika ginjal tidak sehat atau mengalami disfungsi, maka tubuh akan terancam oleh beragam masalah kesehatan, bahkan dapat memicu kematian. Begitupun dengan kolam renang, maka diperlukan filter untuk memastikan kebersihan air agar selalu aman digunakan.

Instalasi filter kolam renang sangat penting. cara memasang dan merawat instalasi filter kolam renang yang baik dan benar sebagai berikut ini. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara merawat instalasi filter kolam renang Anda.

Cara Instalasi Filter Kolam Renang Yang Benar instalasi kolam renang sederhana, membuat filter kolam renang sendiri, cara membuat filter kolam renang, skema kolam renang, ukuran pipa kolam renang, cara kerja pompa kolam renang,
Kolam rrenang membutuhkan filter untuk memastikan agar air tetap bersih dan aman digunakan – Diminimalis.com

Cara Instalasi Filter Kolam Renang yang Mudah

1. Siapkan pasir / sand

Pasir yang dibutuhkan untuk instalasi filter kolam renang yang baik dan benar adalah pasir khusus. Anda perlu mengetahui jenis atau tipe pasir ini. Meskipun beberapa produk filter kolam renang biasanya sudah dilengkapi dengan paket pasirnya, namun untuk berjaga-jaga apabila suatu saat pasir di filter tersebut perlu diganti.

2. Cara menginstal filter kolam renang

Cara menginstal filter kolam renang cukup mudah, yaitu;

• Memasangkan filter, kemudian menghubungkannya.

Waktu yang tepat untuk menghubungkannya adalah setelah pompa air kolam renang akan masuk melalui daya isap pompa.

• Dorong pompa ke arah filter

Manfaatkan daya dorong pompa untuk mendorong pompa ke arah filter. Langkah ini akan membuat pasir melakukan pekerjaannya, yaitu menyaring air melalui media filter. Proses penyaringan ini akan menghasilkan aliran air yang kemudian akan diarahkan kembali ke kolam renang.

Akan tetapi jika kolam renang Anda memiliki peralatan pengatur suhu (heater), maka air bersih yang telah melalui proses penyaringan tersebut akan diarahkan ke pengatur suhu terlebih dahulu, baru kemudian akan diteruskan hingga ke kolam renang.

3. Perhatikan posisi instalasi filter kolam renang

Rekomendasi terbaik posisi atau letak instalasi filter kolam renang dari permukaan air kolam renang adalah tidak lebih dari 6ft atau 72 inci. Selain itu, satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentang letak filter. Letak filter sebaiknya diletakkan berdampingan dengan pompa. Hal ini bertujuan agar daya tekanan atau dorongan pompa yang masuk ke filter akan menjadi maksimal. Selain itu, manfaat lainnya adalah agar akses pada saat perawatan peralatan kolam renang nantinya akan lebih mudah.

4. Cara merakit filter kolam renang

Pada saat melakukan instalasi filter kolam renang, Anda perlu menghubungkan filter dengan sistem sirkulasi lainnya. Sebelum Anda melakukan langkah ini, terlebih dahulu Anda disarankan untuk merakit filter ini. Langkah dan cara merakit filter kolam renang telah tertera pada setiap produk filter. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati lebih dalam, yaitu;

• Memastikan ukuran diameter lingkaran input dan output filter
• Memberikan beberapa lapis selotip ( dua atau tiga) pada bagian pembuangan air (drain)
• Memasangkan penutup pembuangan air dengan benar sampai tutup benar-benar rapat.

5. Mengisi air pada tabung filter

Merawat Kolam Renang Saat Musim Hujan cara treatment kolam renang, fungsi soda ash pada kolam renang, cara menjernihkan air kolam renang yang keruh, air kolam renang berwarna hijaucara perawatan kolam renang pribadi, takaran kaporit untuk kolam renang, air kolam renang berwarna putih, cara menjernihkan air kolam renang yang hijau
Kolam renang tanpa filter dapat membuat air menjadi kotor – Diminimalis.com

Takaran yang direkomendasikan untuk mengisi air pada tabung filter adalah setengah bagian dari tabung tersebut. Hal ini bertujuan agar dapat membantu pemadatan pasir pada saat air dituang ke dalam tabung. Apabila pasir filter menjadi padat, maka pasir tersebut akan meminimalkan jarak antara butir pasir yang digunakan sebagai filter.

6. Memasang pipa bagian dalam tabung

Pada saat memasang pipa bagian dalam tabung, pastikanlah bagian kecil yang terdapat pada pipa tersebut benar posisinya, yaitu menekuk ke atas. Hal ini bertujuan agar pipa tersebut dapat masuk ke dalam tabung. Pada saat melakukan langkah cara instalasi filter kolam renang ini Anda perlu berhati-hati, karena bagian pipa tersebut tipis, sehingga sangat rapuh. Jangan sampai terjadi kerusakan atau keretakan.

7. Meletakkan dan memposisikan pipa dan tangki dengan benar

Setelah memasang pipa, selanjutnya adalah meletakkan pipa tersebut beserta dengan aksesoris pipa lainnya ke dalam tangki. Selanjutnya, posisikan kaki pipa dalam posisi 90 derajat dari posisi pipa utama. Lakukan langkah salah satu bagian dari cara instalasi filter kolam renang ini dengan hati-hati dan pastikan pipa tersebut berada pada tengah-tengah tangki.

8. Memberikan pelindung pada pipa

Pada bagian atas pipa perlu dilindungi agar terlindung dari tekanan pasir dari atas. Cara melindunginya adalah dengan menggunakan kertas atau kardus tebal yang membentuk huruf V terbalik atau berbentuk seperti gunung. pastikan pelindung tersebut kuat, agar dapat menghalau pasir yang nantinya akan dituang.

9. Mengisi tabung dengan pasir

Kolam renang dalam ruangan
Adanya filter, membuat air kolam renang Anda selalu bersih dan segar- diminimalis.com

Setelah bagian atas pipa benar-benar terlindungi, barulah Anda boleh menuang pasir ke dalam tabung. Lakukan langkah ini secara perlahan sampai sekitar 6’ dari permukaan tabung.

10. Merakit penutup tabung

Penutup tabung filter kolam renang disebut juga dengan cincin-O atau O-ring. Anda perlu merakit penutup tabung ringan tersebut dengan baik dan benar.

11. Memasang cincin-O

Setelah dirakit, selanjutnya Anda perlu memasang cincin-O. Langkahnya adalah dengan melepaskan penutup pada pipa utama yang terdapat dalam tabung, kemudian memasangkannya dengan cara menyesuaikan posisi tengah dari pipa dalam tabung yang berisi pasir tersebut. Setelah dipasang dengan baik, selanjutnya kencangkan skrup, baut, mur dan lainnya agar penutup filter menjadi kuat.

12. Menyambungkan instalasi ke arah pompa

Di dalam rakitan cincin-O terdapat lubang berbentuk lingkaran. Anda perlu melakukan langkah menyambungkan instalasi filter kolam renang ke arah pompa. Selanjutnya memberikan beberapa lapis isolatip. Hal ini bertujuan agar pipa penghubung dapat terhubung dengan baik. Berikut ini langkah-langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk instalasi filter kolam renang;

• Putar perantara atau penyambung antar pipa antara ½ hingga 1.1/2 putaran dengan menggunakan kunci inggris. Ikuti aturan putaran tersebut dan jangan melebihi aturan yang disarankan. Hal ini dapat menyebabkan loss.

• Buatlah penghubung. Caranya ialah dengan menggunakan pipa PVC atau yang sejenisnya yang berukuran pendek. Dalam langkah ini, pastikan bagian penghubung dalam keadaan bersih, sebelum akhirnya diolesi dengan lem pipa pada kedua bagian tersebut.

• Pasangkan potongan pipa tersebut menggunakan penyambung yang sebelumnya telah terhubung ke cincin-O.

13. Menyambungkan adapter pipa dan return

Setelah menyambungkan instalasi ke arah pompa, langkah selanjutnya adalah dengan menyambungkan penghubung adapter pipa menggunakan pipa yang terdapat pada pompa. Selanjutnya, sambungkan return dengan pipa yang mengarah ke kolam. Jangan lupa juga untuk menghubungkan lubang pembuangan dengan pipa yang mengarah ke tempat pembuangan air.

Demikianlah langkah dan cara instalasi filter kolam renang yang baik dan benar. Karena ada banyak manfaat memiliki kolam renang sendiri, untuk itu, Anda pun juga perlu paham pentingnya filter pada kolam renang. Sebelum benar-benar akan dipergunakan, pastikan Anda mengencangkan semua skrup baut mur atau pengencang lainnya yang terdapat pada filter. Selain itu, pastikan jika semua langkah tersebut telah Anda kerjakan dengan benar dan maksimal.

Jangan lupa pasangkan pula pelindung karet pada bagian atas pompa, kemudian mengencangkannya juga.
Jika langkah-langkah tersebut sudah berhasil Anda kerjakan semuanya, maka instalasi filter kolam renang telah berhasil dipasang. Dengan demikian Anda siap untuk mengoperasikannya. Tidak perlu khawatir, karena setiap produk filter kolam renang yang Anda beli telah menyertakan instruksi penggunaan filternya. (ka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed