Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Inilah Alasan Kenapa Anggrek Pantas Dicinta Sampai Tua

Keindahan bunga Anggrek menjadikan banyak hobiis menggemarinya - diminimalis.com

“Anggrek itu idealis, penuh passion, inilah alasan kenapa Anggrek pantas dicinta ”, kata salah satu rekan yang juga hobiis Anggrek di rumah minimalisnya. Sudah sejak 2006 dia mulai tertarik dan mengoleksi berbagai jenis bunga Anggrek. Tapi di saat yang sama,  popularitasnya menurun seiring dengan tenarnya beberapa varian tanaman hias yang harganya gila-gilaan. Bayangkan saja, selembar daun bisa dihargai ratusan ribu rupiah, lantas kemudian banyak orang yang berduyun-duyun berinvestasi pada tanaman tersebut. Al hasil ini berpengaruh pada menurunnya pasar Anggrek di dalam negeri.

inilah alasan kenapa anggrek pantas dicinta, jenis anggrek, anggrek bulan
Keindahan bunga Anggrek menjadikan banyak hobiis menggemarinya – diminimalis.com

Bagi sebagian kolektor dan hobiis Anggrek, euforia boomingnya tanaman hias yang harganya diluar nalar, hal tersebut adalah tren sesaat. Saat itu, ketika perhatian banyak tertuju pada primadona baru tersebut, beberapa nursery Anggrek tetap bertahan meski pangsa pasarnya menurun drastis.


Namun selang beberapa tahun kemudian, grafik permintaan dan persediaan bibit anggrek sudah kembali stabil di pasaran. Ini semua berjalan alami tanpa perlu adanya rekayasa media. Para penyedia Anggrek tetap yakin, bahwa para hobiis merupakan pangsa pasar yang loyal. Tak ada yang dapat menggantikan bunga yang memiliki puluhan ragam varitas jenis ini. Itulah yang membuat Anggrek, dari dulu hingga sekarang pantas dicinta. Keindahaan Anggrek merupakan simbul kemewahan dan kecantikan ala ningrat.

Inilah Alasan Kenapa Anggrek Pantas Dicinta

Tanaman anggrek adalah salah satu tanaman hias yang sangat cantik karena selalu dikembangkan variannya melalui proses persilangan atau hibrida.  Meskipun tanaman angrrek ini hidup secara menumpang dengan tanaman lain, akan tetapi tanaman anggrek bukan termasuk tanaman parasit. Kemampuan hidupnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan juga bagaimana cara merawatnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebenarnya tanaman anggrek ini begitu sensitif.

Tanaman anggrek memiliki banyak jenis dan ragam. Dan masing-masing memiliki nilai keindahannya masing-masing. Di tanah air kita bahkan ada banyak sekali ragam atau jenisi dari tanaman anggrek. Namun sebagian besar telah dilindungi karena tanaman anggrek sudah mulai langka.

Jenis jenis tanaman anggrek yang begitu populer diantaranya adalah anggrek bulan atau phalaenopsis, anggrek ini memiliki bentuk yang lucu dengan warna kuning merah bercorak. Anggrek tebu adalah anggrek tang besar dengan berat mencapai 1 ton dengan warna kuning dan berbintik cokat merah. Jenis anggrek lainnya ada anggrek kantong kolopaking, anggrek hitam, anggrek bulan, dan lain sebagainya.

Keindahan tanaman anggrek memang sangat menarik perhatian. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak alasan kenapa anggrek pantas dicinta? Berikut ini adalah beberapa alasan yang mendasar kenapa anggrek pantas untuk kita pedulikan dan kita cintai:

1. Memperindah hunian Anda

Tanaman anggrek yang memiliki beragam rupa membuat tanaman tersebut kerap dijadikan tanaman hias untuk memperindah ruangan. Warna bunganya yang cerah dan juga bentuk bunganya yang indah mampu menambah nilai estetika pada sebuah interior rumah.

2. Sebagai simbol pengharum

Ya, ada salah satu jenis tanaman Anggrek yang dijadikan sebagai simbol keharuman oleh banggsa Tiongkok.  Mereka menanam dan merawat tanaman anggrek di rumahnya untuk menambah keharuman dan kesejukan.

3. Dapat dimanfaatkan sebagai ramuan herbal

Tanaman anggrek tidak hanya indah dipandang mata, akan tetapi juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang dilakukan memberikan fakta bahwa ternyata anggrek mampu untuk dioleh dan dijadikan sebagai bahan ramuan herbal. Tiga dari jenis anggrek bahkan telah teruji mampu dijadikan sebagai bahan pengobatan yang sangat efektif. Salah satunya adalah tanaman anggrek jenis Gastrodia.

4. Dapat dijadikan sebagai bahan makanan

Anda pasti mengetahui vanili. Ya, vanili ini merupakansalah satu jenis tanaman anggrek. Kita mengetahui bahwa vanili ini merupakan bahan penyedap aroma kue yang sangat efektif untuk digunakan. Ada pula Orchid Mascula yang merupakan tanaman anggrek yang bisa dijadikan sebagai bumbu masak.

5. Bunga yang dapat memangsa serangga

inilah alasan kenapa anggrek pantas dicinta, jenis anggrek, anggrek bulan
Kantong semar merupakan salah satu jenis bunga Anggrek yang dapat memangsa serangga – diminimalis.com

Bila yang terlintas di piran Anda adalah kantong semar, maka hal itu benar adanya. Kantong semar sebenarnya juga termasuk salah satu dari varietas anggrek juga. Jenis bunga ini lebih cocok hidup di dataran tinggi dan area perhutanan yang lembab.

Inilah alasan kenapa Anggrek pantas dicinta dan dijadikan hiasan di rumah minimalis Anda,semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.