Ide Inspirasi Ruang Makan untuk Berbagai Keperluan Menjamu Tamu

Gunakan meja panjang untuk ruang makan Anda - diminimalis.com

Di era modern, rumah minimalis tak pernah luput dari perhatian calon pembeli rumah. Rumah dengan gaya minimalis selalu menjadi pilihan banyak setiap orang. Banyak yang mencari ide inspirasi rumah makan, ruang kamar, ruang dapur, ruang tengah keluarga, dan segala ruang di rumah dengan gaya minimalis. Bahkan beberapa tahun belakangan terjadi sedikit perubahan pada selera desain interior rumah. Ruangan di rumah yang berfungsi sebagai area kumpul keluarga, seperti ruang makan, dapur, dan ruang keluarga, tak lagi ditempatkan terpisah. Para pemilik rumah memiliki ide inspirasi ruang makan yang justru sengaja digabungkan dengan ruang kumpul keluarga lainnya, seperti dapur dan ruang tengah keluarga. Hasilnya, ketiga ruang ini akan terintegrasi secara teratur.

Mendekorasi ruang makan, dekorasi ruang makan sempit, dekorasi ruang makan minimalis, ruang makan sekaligus ruang keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
Inspirasi ruang makan untuk menjamu tamu – diminimalis.com

Menggabungkan ruang makan, ruang tamu, dan bahkan ruang tengah sudah cukup banyak ditemui di rumah gaya minimalis atau apartemen. Sebagian orang mungkin tak terlalu nyaman dengan gaya desain seperti ini karena akan menyebabkan ruang tamu terlihat oleh para tamu yang datang. Padahal, jika dilakukan penataan yang baik, tata ruang semacam ini akan menambah keakraban dan kehangatan antara masing-masing anggota keluarga. Hal ini juga bisa mengakrabkan penghuninya dengan para tamu yang hadir, terlebih saat menjelang acara besar, seperti kumpul keluarga ketika lebaran.

Ide Inspirasi Ruang Makan yang Digabungkan dengan Ruang Lainnya di Rumah Minimalis

Berikut ini kami berikan ide inspirasi ruang makan kekinian untuk rumah minimalis Anda.

1. Gunakan kursi rotan dan meja rotan sebagai ruang tengah dan ruang makan
Jangan ragu untuk menempatkan kursi dan meja berbahan rotan di dapur, meski biasa ditempatkan untuk ruang tamu. Kursi ini akan menjadi meja makan dan tempat kumpul keluarga sekaligus. Penempatannya yang berada di dapur juga tak menjadi masalah, selama masih ada ruang dan tidak menimbulkan kesan sempit.

Selama ukuran, warna, dan desainnya sesuai dengan konsep dapur Anda, tentunya hal ini akan membuatnya menjadi unik dan menarik. Waktu berkumpul bersama keluarga dan para tamu pun akan menghadirkan suasana yang semakin hangat dan akrab. Tambahkan beberapa jenis makanan ringan di atas meja akan menambah kehangatan.

2. Memilih kursi model klasik untuk ditempatkan di dapur

Macam-macam Desain Dapur, desain dapur minimalis 3x3, macam macam desain dapur dan bentuknya, desain dapur victoria, desain ruang makan mewah, desain interior rumah klasik eropa
desain dapur klasik yang terlihat elegan – diminimalis.com

Meski model rumah dan ruang tamu Anda bergaya minimalis, Anda bisa memadukannya dengan kursi model klasik. Jika memadupadankannya dengan pas, hal ini tentu tak akan menghilangkan suasana dapur minimalis Anda. Pilihlah warna-warna natural pada kursi dan meja bergaya klasik ini, untuk membuat suasana dapur dan ruangan makan minimalis mungil lebih menarik perhatian. Desain ini juga cocok untuk Anda yang bergaya ‘nyentrik’.

3. Jadikan sofa ruang tengah sebagai kursi makan sekaligus
Jangan ragu untuk menjadikan sofa panjang di ruang tengah Anda sebagai ruang makan sekaligus. Hal ini justru akan menambah kesan elegan di rumah Anda. Tak masalah pula bila letaknya berada berdekatan dengan dapur. Kesan hangat akan begitu terasa dengan gaya ini.

Tempat ini juga akan menjadi tempat yang nyaman bagi para tamu yang hadir. Selagi Anda membuatkan hidangan untuk menjamunya, para tamu bisa istirahat sejenak. Tempat ini tentu akan sangat nyaman bagi para tamu. Tamu akan merasa disambut begitu hangat bagai keluarga.

4. Tempatkan kursi dan meja ala bar

Ide Inspirasi Ruang Makan, mini bar cantik, minibar rumah minimalis, contoh mini bar rumah minimalis
meja ala bar mewah di dapur minimalis – diminimalis.com

Anda bisa membuat desain dapur dan ruang makan jadi satu dengan menempatkan kursi dan meja ala bar cantik sebagai pemisahnya. Nantinya, tempat ini bisa dijadikan spot untuk menikmati santap pagi Anda bersama keluarga. Saat para tamu datang, Anda bisa mengajanya mengobrol sembari menyiapkan hidangan.

Kursi dan meja ala bar ini juga bisa menjadi pembatas yang manis antara ruang tamu, dapur, atau ruang makan. Hal ini tentu akan membuat rumah Anda terlihat lebih lapang dan luas. Asalkan penataannya tepat, tentu akan menarik dipandang.

5. Memanfaatkan dinding kaca sebagai pemisah
Jika Anda masih ragu untuk menggabungkan ruang makan kecil Anda dengan ruang keluarga dan ruang dapur, Anda bisa mencari alternatif lain. Manfaatkanlah dinding kaca sebagai sekat Antara dapur dan ruang keluarga atau ruang tamu Anda. Dengan begini kesan minimalis akan tetap terasa kental, sebab seolah ketiga ruangan ini tetap menyatu.

Nah, bila sudah begini, saat lebaran tiba Anda akan siap menyambut para tamu yang berupa sahabat dan kerabat terdekat dengan hangat. Buatkanlah makanan khas Hari Raya Idul Fitri untuk disantap bersama kerabat untuk menambah kehangatan suasana Idul Fitri. Karenanya, jangan biarkan tampilan ruang makan Anda biasa-biasa saja. Percantiklah ruang makan Anda dengan cara berikut:

• Taplak meja
Meja makan merupakan pusat perhatian karena di sanalah hidangan khas lebaran tersedia. Oleh karena itu, gunakanlah taplak meja untuk mempercantik meja makan. Sesuaikan dengan bentuk meja makan. Untuk membuatnya unik, Anda bisa memilih taplak meja minimalis atau table runner.

• Sesuaikan penataan meja makan
Jangan lupa untuk menata meja makan agar terlihat rapi dan nyaman dipandang. Pilihlah piring dan gelas terbaik yang Anda miliki untuk menambah keindahan dan kenyamanan. Penataan ini juga menandakan Anda niat menerima para tamu.

• Dekorasi senada
Serasikan warna, motif, desain, serta unsur dekorasi lainnya. Hal ini agar membuat meja makan tampak lebih menarik. Persiapkanlah, dekorasi ini setidaknya tga atau dua hari sebelum hari raya. Itulah tadi beberapa ide inspirasi ruang makan yang bisa menjadi referensi desain rumah Anda, semoga bermanfaat! (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.