oleh

Ide Inspirasi Ruang Keluarga Ketika Kumpul Acara Buka Puasa

Tak terasa kita akan segera memasuki bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan berkah. Momen ini merupakan momen yang paling ditunggu bagi banyak orang karena merupakan momen yang tepat untuk berkumpul berama keluarga, kerabat, hingga teman lama. Momen ini sejatinya tak harus dilakukan di luar rumah dengan berbuka puasa di restoran, misalnya. Dengan merealisasikan ide inspirasi ruang keluarga yang nyaman, Anda bisa menggelar acara kumpul-kumpul ini hanya di rumah Anda.

Mengadakan kumpul saat berbuka puasa di rumah justru akan terasa lebih akrab, intim, dan memiliki waktu yang panjang. Apalagi jika didukung dengan ide inspirasi ruang keluarga yang tertata rapi. Salah satu persiapan yang bisa menjadi awalan untuk menyelenggarakan jamuan buka puasa di rumah Anda, yaitu menyediakan ruang yang cukup lapang. Ruangan ini nantinya juga bisa digunakan untuk shalat magrib berjamaah.

ide inspirasi ruang keluarga, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tamu minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, ruang keluarga lesehan, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang tv minimalis modern, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain ruang tv sempit
Salah satu inspirasi ruang keluarga menyambut Ramadhan – Diminimalis.com

Anda bisa memanfaatkan ruang keluarga untuk menyambut para tamu saat kumpul acara buka puasa. Apalagi jika Anda menata ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat. Tentu saja hal ini akan menambah kesan hangat pada rumah Anda. Tinggal padukan dengan desain yang tepat, tentu akan membuatnya semakin menarik.

5 Tips Sederhana dan Ide Inspirasi Ruang Keluarga

Jika ingin lebih memaksimalkan acara kumpul buka puasa di rumah Anda, menata ulang interior rumah Anda bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Misalnya, dengan kembali mengecat ulang ruang keluarga dengan warna-warna yang mengesankan ruangan menjadi hangat, seperti warna cokelat atau hijau army. Dengan begitu, tamu-tamu Anda yang datang untuk kumpul buka puasa bersama akan merasa suasana kekeluargaan yang kental.

Anda juga bisa memadukannya dengan warna putih yang diaplikasikan pada bagian pintu, jendela, kusen. Warna putih juga dapat diaplikasikan pada furnitur, seperti sofa, wallpaper, frame foto, kusen, dan lain sebagainya. Selain wana putih, warna cokelat pada furnitur untuk dipadukan dengan cat dinding juga akan memberikan kesan yang begitu hangat. Kalau sudah begini, tamu akan merasa nyaman di rumah Anda.
Berikut ini beberapa detil yang perlu Anda perhatikan dalam menata ruang keluarga dengan penataan simpel.

1. Menggabungkan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga

Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang makan dan ruang keluarga menjadi satu di dalam rumah minimalis – diminimalis.com

Ruangan tanpa sekat bisa manjadi salah satu cara membuat rumah terkesan lebih hangat. Biasanya, konsep ini juga diaplikasikan untuk penghuni rumah yang banyak. Karenanya, jika dialikasikan saat Anda akan mengadakan acara kumpul buka puasa bersama, sangat cocok. Desain ruang keluarga terbuka tanpa sekat ini juga akan memudahkan ruang gerak Anda saat banyak orang di rumah.

2. Memilih titik fokus pada ruang keluarga

Pilihlah salah satu titik di ruang keluarga Anda untuk dijadikan fokusan. Hal ini merupakan cara paling sederhana untuk menghilangkan kesan monotone atau datar pada ruangan keluarga. Pemilihan titik fokus ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti bermain dengan cat, wallpaper, atau penerapan backdrop untuk tempat televisi. Anda bisa juga dengan menambahkan karpet bulu yang cukup mencolok.

3. Tambahkan aksesoris foto

Jangan ragu untuk menempatkan foto-foto momen bersama keluarga di ruang keluarga Anda. Selain mempercantik ruangan, foto-foto ini juga bisa menjadi bahan cerita bersama kerabat yang tengah berkumpul sembari menunggu waktu berbuka. Anda juga bisa menaruh beberapa album foto di meja ruang keluarga untuk lebih memperkaya cerita saat berkumpul bersana kerabat.

4. Tambahkan detil lukisan atau wall art

Selain foto-foto momen bersama keluarga, tambahkan pula wall art atau lukisan-lukisan dengan ukuran tertantu. Hal ini dapat menjadi solusi pula untuk menghilangkan kesan monotone pada ruangan. Pemilihan lukisan atau wall art bisa Anda sesuaikan dengan karakteristik yang ingin Anda tampilkan pada ruangan tersebut. Apakah ingin lebih mengesankan ruangan yang warm, nyaman, tenang, dan lainnya.

Jika Anda punya kenalan untuk membuat mural yang bagus, Anda bisa menambahkan mural sebagai wall art pada dinding ruang keluarga. Tentunya pilih tema yang tidak membuat kesan berantakan. Keberadaan mural juga bisa membuat kesan tersendiri bagi para tamu. Mereka bahkan bisa berfoto ria di titik ini.

5. Atur pencahayaan yang tepat

Mengatasi furniture yang memenuhi ruangan ruang keluarga sederhana desain ruang tv sempit ruang keluarga dengan penataan yang simpel ruang keluarga lesehan
Atur pencahayaan rumah yang tepat – Diminimalis.com

Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami yang maksimal dengan membuat banyak jendela. Selain sirkulasi udara menjadi baik, pencahayaan alami lebih memberi kesan natural yang menyegarkan. Kesan hangat dan nyaman juga akan terasa.

Sedangkan, pada malam hari, Anda bisa mengatur lampu-lampu yang menyorot ke beberapa detail. Pemilihan lampu juga harus disesuaikan dengan tema ruang. Pilihlah warna-warna lampu pijar untuk kesan yang lebih homey dan warm. Anda bisa juga menggunakan lampu LED agar lebih memberi kesan elegan.

Ruangan yang tertata rapi akan membuat para tamu Anda berlama-lama di rumah Anda. Bukan hanya itu saja, ruang keluarga merupakan second impression yang penting setelah ruang tamu. Ruang keluarga bisa menjadi gambaran kehangatan dan kedamaian sebuah rumah.

Karena itulah, mulai sekarang cobalah untuk segera membenahi ruang keluarga Anda agar tampak lebih menarik. Lakukanlah sebelum bulan Ramadhan tiba, agar saat Ramadhan, Anda sudah siap menyambut para tamu, teman, kerabat yang berkumpul untuk mengadakan acara buka puasa bersama di rumah Anda. Dengan cara ini, kesan yang baik akan membekas di antara para krabat yang hadir.

Kuncinya, jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai model dan warna. Hal ini guna memperkaya wawasan Anda. Sering-seringlah mencari ide inspirasi ruang keluarga dari berbagai referensi, seperti majalan desain interior, googling, dan lain sebagainya.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed