Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Inilah Aneka Hiasan Rumah Menyambut Ramadhan

Buatlah hiasan yang menggambarkan nuansa Islami di rumah - Diminimalis.com

Setiap tahun, bulan suci Ramadhan menjadi momen istimewa yang ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Menjelang bulan Ramadhan biasanya banyak persiapan yang dilakukan oleh umat muslim guna menyambut datangnya bulan suci tersebut. Salah satunya adalah membuat berbagai pernak-pernik yang identik dengan nuansa Ramadhan. Hiasan rumah menyambut Ramadhan ini dibuat untuk menyemarakkan bulan Ramadhan sebelum menjumpai Hari Raya Idul Fitri.

menghias rumah menyambut ramadhan, dekorasi ramadhan, dekorasi ramadhan hotel, dekorasi ramadhan di mall
Buatlah hiasan yang menggambarkan nuansa Islami di rumah – Diminimalis.com

Hiasan Rumah Menyambut Ramadhan sebagai Penyemangat Selama Menjalankan Puasa

Jika Anda gemar membuat pernak-pernik hiasan rumah, tak ada salahnya untuk membuat hiasan rumah bernuansa Ramadhan. Hiasan rumah menyambut Ramadhan juga berfungsi sebagai pendorong dan penyemangat selama Anda sekeluarga menjalankan ibadah puasa. Anda dapat melibatkan anak Anda dalam membuatnya, sehingga mereka merasa bersemangat selama berpuasa. Berikut beberapa hiasan rumah untuk menyambut Ramadhan:

• Kaligrafi Arab

ukiran kaligrafi kayu, kaligrafi kayu murah, seni ukir kaligrafi islam, ukiran kaligrafi ayat kursi, cara membuat kaligrafi kayu, harga kaligrafi kayu jati super murah, ukiran kaligrafi Allah, istana kaligrafi jepara kabupaten jepara, jawa tengah, kaligrafi kayu jepara,
Ukiran kaligrafi kayu yang cocok untuk dijadikan hiasan rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Hiasan untuk menyambut Ramadhan dapat Anda letakkan pada dinding di ruang tamu atau ruang tengah untuk menghidupkan suasana bulan Ramadhan. Anda dapat menambahkan hiasan berupa kaligrafi Arab untuk ditempelkan pada dinding. Lebih baik lagi, apabila Anda menambahkan kaligrafi kayu, karena ini akan membuat ruangan nampak lebih elegan. Anda dapat membelinya atau bahkan membuat hiasan tersebut sendiri. Misalnya, Anda hanya perlu mengambil foto atau pola kaligrafi di internet kemudian dicetak dan dimasukkan pada pigura.

• Kalender Ramadhan

Dekorasi Ramadhan berikutnya yaitu membuat sebuah kalender sebagai pengingat atau counting down menuju hari kemenangan, yaitu Idul Fitri. Kalender Ramadhan ini dapat dibuat sesuai kreasi Anda. Bahan yang dapat digunakan cukup mudah misalnya kertas berbahan tebal yang berwarna-warni. Kalender Ramadhan dapat dibuat lebih unik dengan tanggalnya menggunakan angka Arab, sehingga nuansa bulan puasa semakin terasa.

Salah satu contoh kalender Ramadhan yang dibuat yaitu membentuk pola pada kertas dengan bentuk masjid, bulan atau bintang. Langkah selanjutnya, gunting pola tersebut dan tanggal-tanggal yang telah dibuat kemudian ditempel di atasnya. Perpaduan kertas warna-warni akan menghasilkan kalender yang lebih indah.

• Lampu atau Lentera Bernuansa Ramadhan

Salah satu pernak-pernik khas bulan puasa yaitu adanya lentera atau lampion dengan bentuknya yang unik. Anda dapat membeli lampu-lampu kecil bernuansa middle-east yang dapat digantung di kamar atau ruangan makan. Lentera khas Ramadhan biasanya memiliki bentuk menyerupai masjid.

Bagi Anda yang gemar berkreasi juga dapat membuat lentera sendiri dari paper bag. Anda hanya perlu membeli beberapa bahan yang digunakan untuk membuatnya seperti paper bag, LED, dll. Buatlah pola untuk memperindah lentera tersebut, lalu ditempelkan pada paper bag. Langkah terakhir memasukkan LED tersebut ke dalam lentera tersebut.

• Penangkap Cahaya dengan Nuansa Ramadhan

Pernahkah Anda mendengar penangkap cahaya atau yang sering disebut dengan sun catcher? Hiasan satu ini biasanya digantung dekat pintu atau jendela rumah. Hiasan rumah ini juga memiliki fungsi untuk menangkap cahaya dan akan membiaskan cahaya tersebut, kemudian menghasilkan suatu efek yang menakjubkan berupa warna-warni di dalam rumah. Anda juga bisa membuat sun catcher khas Ramadhan ini sebagai dekorasi unik bernuansa Ramadhan.

Anda dapat membentuk pola tertentu pada kertas manila berwarna hitam, biasanya terdapat pola yang akan dilubangi. Pola yang telah dilubangi tersebut kemudian ditempeli beberapa tissue paper berwarna-warni. Hal itulah yang akan menghasilkan efek warna-warni pada suatu ruangan ketika hiasan tersebut digantung.

• Ramadhan Wreath

Anda dapat membuat hiasan menarik lainnya untuk menyemarakkan bulan puasa. Hiasan yang dapat Anda buat berikutnya dinamakan Ramadhan wreath atau biasa disebut lingkaran Ramadhan. Hiasan ini bentuknya melingkar yang dibuat dari bahan khusus misalnya akar dan bunga-bunga. Lalu tambahkan tulisan Happy Ramadhan pada lingkaran tersebut.

Anda dapat menambahkan pita untuk mempercantik hiasan tersebut. Selain Ramadhan wreath, Anda juga dapat membuat dekorasi Idul Fitri dengan hiasan tersebut. Hiasan unik ini biasanya digantung di depan pintu.

• Sticker Dinding Bertuliskan Ramadhan

Hiasan Rumah Menyambut Ramadhan, menghias rumah menyambut ramadhan, dekorasi ramadhan, dekorasi ramadhan hotel, dekorasi ramadhan di mall
Tempelkanj stiker dinding untuk menyambut bulan Ramadhan – Diminimalis.com

Semangat Ramadhan dapat ditonjolkan pada ruang tamu atau ruang kumpul keluarga Anda. Belilah sebuah stiker atau wallpaper bertuliskan tentang Ramadhan, kemudian tempelkan pada dinding. Cukup sederhana bukan?

Hiasan tersebut juga dapat Anda buat dengan menggunakan kertas warna-warni atau dari majalah bekas. Anda dapat membuat pola huruf tertentu, kemudian digunting dan ditempelkan pada dinding ruangan. Hiasan ini dapat Anda buat dengan mudah untuk membangkitkan suasana bulan suci Ramadhan.

• Hiasan Gantung Bulan dan Bintang Khas Ramadhan

Anda dapat membuat hiasan yang digantung di tembok atau dinding untuk menyambut datangnya bulan puasa. Misalnya, membuat hiasan bulan dan bintang dari kertas asturo atau piring kertas. Hiasan berbentuk bulan dan bintang memang identik dengan nuansa Ramadhan.

Hiasan tersebut dapat ditambahkan dengan beberapa tulisan seperti Happy Ramadhan yang dirangkai dengan benang kemudian ditempelkan pada dinding. Dekorasi tersebut layaknya dekorasi untuk merayakan ulang tahun yang kerap dibuat oleh beberapa orang. Oleh karena itu, tentu Anda sudah tidak asing dan dapat mengaplikasikan hiasan tersebut menjadi hiasan Ramadhan.

Selain beberapa hiasan di atas, Anda dapat merombak sedikit ruangan di rumah guna menyambut datangnya bulan suci tersebut. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:

• Mengecat ulang dinding rumah untuk menyegarkan suasana, misalnya dengan menggunakan warna hijau atau putih.
• Tambahkan bantal pada sofa ruang tamu yang memiliki motif bernuansa timur tengah
Apakah Anda sudah siap membuat berbagai pernak-pernik khas Ramadhan dengan beberapa tips tadi? Anda dapat membuat hiasan sendiri agar biayanya tidak membengkak. Rayakan semangat ibadah puasa dengan hiasan rumah menyambut Ramadhan yang kreatif dan unik.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.