Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Dekorasi Hiasan Karpet Ruang Tamu Nuansa Timur Tengah

Hiasan karpet yang membuat ruang tamu nampak elegan - Diminimalis.com

Dekorasi hiasan karpet ruang tamu yang bernuansa Timur tengah, kini banyak diminati, terutama oleh mereka yang beragama Islam. Selain untuk memunculkan nuansa Islami, tentunya juga membuat ruang ruang tamu menjadi lebih indah dan nyaman.
Nah, untuk Anda yang masih bingung atau belum ada ide dalam proses mendekorasi, berikut kami bagikan beberapa ide yang bisa dicoba.

hiasan karpet ruang tamu, karpet lantai, macam macam karpet lantai dan harganya, harga karpet minimalis, karpet ruang tamu lesehan, karpet yang cocok untuk ruang tamu, karpet lantai kamar, karpet untuk ruangan sempit, harga karpet murah
Hiasan karpet yang membuat ruang tamu nampak elegan – Diminimalis.com

Tips Dekorasi Hiasan Karpet Ruang Tamu Nuansa Timur Tengah

Memilih Karpet yang Tepat Untuk Dekorasi Nuansa Timur Tengah
Memilih karpet tentu bukan hal yang sepele, terutama bagi Anda yang ingin menerapkan nuansa timur tengah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli karpet agar sesuai dengan keinginan :

o Memilih Karpet Berdasarkan Fungsi Ruangan

hiasan karpet ruang tamu, karpet lantai, macam macam karpet lantai dan harganya, harga karpet minimalis, karpet ruang tamu lesehan, karpet yang cocok untuk ruang tamu, karpet lantai kamar, karpet untuk ruangan sempit, harga karpet murah
Pilihlah karpet berdasarkan fungsi ruangan – DIminimalis.com

Memilih karpet harus sesuai dengan fungsi ruangan, misalnya untuk ruang tamu, Anda bisa menggunakan karpet dengan bahan berbulu pendek dan berkualitas baik agar nyaman saat berkumpul dengan keluarga atau tamu.

o Pemilihan Motif Yang Tepat
Motif hiasan karpet ruang tamu bernuansa timur tengah biasanya memiliki corak yang beragam seperti motif bunga dan rempah-rempah, kayu manis, cendana, cengkeh, dan kapulaga. Jarang sekali penggunaan karpet dengan motif polos kecuali konsep interior yang Anda inginkan mengusung tema minimalis dan simpel.

o Pemilihan Warna Nuansa Timur Tengah

Pemilihan warna karpet untuk dekorasi bernuansa timur tengah biasanya menggunakan konsep yang berwarna-warni seperti warna perak, emas, magenta, merah, hijau, dan biru. Sesuaikan warna karpet dengan paduan interior keseluruhan rumah Anda agar menciptakan suasana yang nyaman dan hangat.

o Memilih Bahan dan Material Karpet
Perlu diketahui, dilihat dari bahan pembuatnya, ada banyak jenis karpet dipasaran, mulai dari wol, rami, dan beberapa jenis bahan lainnya. Mana yang paling bagus? Mengenai hal ini, sebenarnya lebih pada kesukaan masing-masing individu. Namun saran kami, jangan hanya fokus pada tampilannya semata, tapi juga pertimbangkan hal lain, baik itu dari sisi kesehatan, maupun kenyamanannya.

Faktanya, ada beberapa jenis karpet yang bisa memicu alergi terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit tersebut. Untuk itu terlebih dahulu tanyakan kepada penjualnya, mana bahan karpet apa yang paling aman untuk kesehatan.

Untuk saat ini, karpet dengan bahan wol bisa dibilang yang paling banyak digemari, Sebab mudah dibersihkan. Material wol juga hangat dan awet, selain itu karpet dengan bahan wol banyak sekali pilihan motifnya.
Umumnya karpet yang identik dengan nuansa arab memiliki material yang lembut, tebal, berbulu halus, dan nyaman. Selain untuk alas, karpet juga digunakan sebagai pengganti sofa atau ruang tamu dengan model lesehan.

Nah, setelah membahas tentang hiasan karpet ruang tamu bernuansa timur tengah, kini saatnya kita memadukannya dengan dekorasi ruangan. Untuk itu, silahkan disimak informasi berikut ini :

1. Memilih Alas Sebagai Tempat Duduk

ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu lesehan minimalis
interior dengan konsep lesehan akan cocok diaplikasikan agar ruang tidak terasa sempit – diminimalis.com

Konsep dengan nuansa timur tengah memang banyak menerapkan ruang tamu model lesehan (tanpa kursi) dan hanya beralaskan karpet, pun begitu sah-sah saja bila Anda ingin menggunakan sofa sebagai tempat duduk.
Anda bisa menggunakan sofa tanpa kaki sehingga mambuat tamu lebih nyaman dan santai, namun apabila Anda menginginkan konsep lesehan secara total, maka Anda bisa memakai alas duduk yang dilengkapi dengan karpet tebal yang nyaman.

2. Memilih Furniture Yang Tepat
Furniture merupakan salah satu hal penting dalam mendukung suasana ruangan yang nyaman dan enak dilihat. Untuk itu pemilihan furniture cukup penting untuk Anda perhatikan misalnya menghindari pemakaian furniture bergaya minimalis dan modern.
Untuk pemilihan warna, Anda bisa mengunakan warna emas, perunggu, dan cokelat karena gaya timur tengah identik dengan desain ala kerajaan. Kemudian untuk pemilihan jenis furniture, Anda bisa menggunakan jenis pahatan dan ukiran. Tidak hanya terbatas pada pintu dan jendela, namun Anda juga bisa menempatkan beberapa aksesoris penunjang seperti lemari, laci, meja, konsol, dan sebagainya.

3. Lampu Sebagai Ornamen Pendukung
Konsep bernuansa timur tengah biasanya menggunakan ornamen lampu yang dipasang mengitari sofa maupun alas duduk di sekitar ruang tamu. Hal ini bertujuan untuk menambah kesan mewah dan elegan.
Penataan lampu juga akan menambah kesan Arabic Night yang membuat Anda serasa berada di daerah timur tengah.

4. Menggunakan Motif yang Etnik Dan Unik
Konsep unik dan etnik bisa Anda atur sesuai selera dan keinginan Anda. Hal ini untuk menambah kesan yang lebih menarik, seperti penggunaan motif etnik permadani, dan tirai yang dipadukan dengan warna perabotan kayu yang natural.

5. Pemilihan Warna Yang Tepat
Pemilihan warna adalah hal yang cukup fital karena hal ini merupakan faktor utama dalam menciptakan susana timur tengah. Untuk itu dalam pemilihan warna, Anda bisa menggunakan warna merah marun, merah terang, hijau, biru, ungu, gold, dan warna elegan lainnya. Warna-warna tersebut bisa Anda pakai pada pemilihan karpet, permadani, cat dinding, tirai, ataupun sofa.

6. Pencahayaan Untuk Ruang Tamu
Pencahayaan untuk ruang tamu dengan gaya lesehan ala timur tengah, membutuhkan pencahaayaan yang sesuai dengan dekorasi ruangan. Maka penggunaan lampu kandelar sangat cocok, karena menghasilkan cahaya warna kuning keemasan, dan lainnya.

Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menambahkan lilin atau lentera, dan hindari penggunaan lampu dengan cahaya terang yang bisa mendominasi ruangan. Jadi bila Anda butuh penerangan lebih, Anda bisa menempatkan beberapa sumber cahaya sehingga membuat suasana menjadi lebih hidup. Hal paling penting dalam penataan ruang tamu bernuansa timur tengah adalah kesan mewah dan elegan namun tidak berlebihan.

Nah, sudah ada gambaran bagaimana mendekorasi hiasan karpet ruang tamu nuansa timur tengah? Jangan lupa Anda juga perlu memahami cara merawat karpet dengan tepat, semoga menginspirasi. (ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.