Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

HADIRKAN ‘CAHAYA’ DI RUMAH KITA

HADIRKAN CAHAYA DI RUMAH KITA #rumahkusurgaku - diminimalis.com

Sebuah rumah, adalah permulaan dari langkah-langkah kita menuju ke arah manapun. Engkau harus pandai-pandai menjadikan rumahmu berbeda dengan rumah-rumah yang lainnya. Keluargamu adalah keluarga muslim, maka jadikanlah rumahmu bernuansa Islami. Bisa engkau bentuk secara fisik agar rumahmu terlihat Islami, tetapi bukan bentuk bangunan yang kita maksud. Lebih tepatnya, engkau hidupkan rumahmu dengan nilai-nilai Islami, bukan sekedar fisiknya saja.

HADIRKAN CAHAYA DI RUMAH KITA #rumahkusurgaku - diminimalis.com
HADIRKAN CAHAYA DI RUMAH KITA #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Rumah kita yang begitu sederhana ini adalah salah satu dari sekian banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita. Meskipun tidak mewah, tetapi terasa begitu anggun dalam kesederhanaan. Halamannya berhiaskan langkah-langkah menuju kebajikan. Pintu depannya berhiaskan ucapan salam. Ruang tamunya berhiaskan pembicaraan yang bermanfaat. Di ruang keluarga, ada pesona pendidikan Islami. Di setiap kamar, terdengar keindahan ayat-ayat suci yang terlantunkan. Dan tidak ada satu sisipun, kecuali ia akan mengingatkan kita kepada Allah Ta’ala. Maasya Allah…

Menghias rumah kita dengan ibadah

Tatkala orang lain sibuk menghiasi rumahnya dengan berbagai macam hiasan, mengapa kita tidak memilih menghiasi rumah kita dengan yang lebih baik. Hiasan itu bernama dzikrullah dan ornamennya adalah akhlak shalih. Adapun kotoran-kotoran yang bisa merusak keindahan rumah, wajib bagi kita untuk segera menyingkirkannya jauh-jauh. Dan kotoran-kotoran yang bisanya mengganggu adalah setiap perkara yang dilarang oleh Allah dan perkara yang meragukan apakah termasuk dalam kategori haram ataukah halal.

Tatkala sibuk berburu dunia dan kemudian menampilkan kekayaannya dalam bentuk kemegahan rumah bagaikan istana, maka bagi kita cukuplah memilih menjadikan rumah kita bercahaya. Adapun cahaya yang memancar dari rumah kita adalah cahaya ibadah-ibadah kita, baik yang wajib maupun yang sunnah.

Seyogyanya suami istri saling mengajak dalam mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah. Istri tidak lupa mengingatkan suami untuk selalu berjamaah shalat fardhu di masjid. Suami istri juga bisa mengamalkan ibadah sunnah bersama. Keduanya bisa shalat sunnah bersama, shaum sunnah bersama, saling menyimak bacaan Al-Qur’an dan berbagai bentuk amalan lainnya. Berusahalah, semoga Allah memberi kesempatan kepada kita mewujudkan baiti jannati. Aaamiiin.

menghias ruamh dengan dzikrulloh dan amal shalih #rumahkusurgaku - diminimalis.com
menghias ruamh dengan dzikrulloh dan amal shalih #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Itulah pilihan yang lebih baik bagi keluarga muslim. Bukan kemewahan dan kemegahan dunia yang berusaha ditumpuknya, melainkan kebahagiaan abadi di kampung akhirat yang menjadi pilihan. Dan setiap hembusan nafas yang ada di dalam rumah kita, juga setiap gerak langkah yang keluar dari rumah kita, adalah dalam rangka mengharapkan ridha Allah semata. Dengan demikian, akan ada cahaya yang menerangi rumah kita.

Tidak semua rumah yang berhak mendapatkannya, karena cahaya itu hanyalah untuk keluarga pilihan yang menjadikan pancarannya bisa menyejukkan seisi rumah, bahkan tetangga sekitarnya. Sungguh indah, jika rumah itu adalah rumah kita. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.