Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengenal Furniture yang Terbuat dari Tanah dan Ragam Manfaatnya

Furnitutre antik dari tanah yang cantik - Diminimalis.com

Furniture merupakan perlengkapan penting yang dibutuhkan oleh penghuni rumah. Ada banyak furniture unik, bahkan furniture yang terbuat dari tanah yang bisa menjadi pilihan untuk interior rumah. Perlengkapan rumah yang dibuat dengan bahan tanah memang tidak begitu terkenal, berbeda dengan furnitur dari kayu atau platik yang jauh lebih populer.

Biasanya, furniture yang terbuat dari tanah liat hanya digunakan oleh rumah yang mengusung tema adat. Rumah Joglo ala Jogja dan Jawa Tengah umumnya masih menggunakan furniture yang terbuat dari tanah liat sebagai bagian dari filosofi mereka. Meski demikian menggunakan tanah liat sebagai salah satu perabot rumah masih tetap diadopsi oleh segelintir orang hingga saat ini.

Furniture yang Terbuat dari Tanah, furniture dari tanah, furniture berbahan alam
Furnitutre antik dari tanah yang cantik – Diminimalis.com

Furniture yang Terbuat dari Tanah dan Pemanfaatan Furniture Alami Lainnya

Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencampurkan filosofi tersebut dengan konsep minimalis yang lebih modern. Membuat rumah tidak hanya membangun ruang demi ruang, melainkan merancang ruangan dengan konsep tertentu yang saling berhubungan. Seperti rumah minimalis dengan konsep praktis dan modern, yang menggunakan furnitur dengan sentuhan tradisional.

1. Furniture dari bahan alam

funriture rotan, furniutre rotan sintetis, contoh kerajinan rotan
partisi ruangan berbahan dasar rotan – diminimalis.com

Alam memang menyediakan banyak sekali bahan yang berguna untuk manusia. Banyak orang yang memanfaatkan kayu dan rotan untuk bahan furniture. Beberapa bahkan cukup kreatif untuk menciptakan furniture terbuat dari tanah. Seperti untuk meja atau kabinet dapur yang bisa digabungkan dengan material tanah yang sudah diproses dengan material dari kayu.

Furnitur meliputi meja, kursi, lemari, dan tempat penyimpanan lain memang dapat dibuat dari berbagai bahan. Untuk bahan baku mebel seperti meja dan kursi umumnya menggunakan bahan kayu. Jenis kayu jati adalah yang memiliki kualitas paling bagus untuk dijadikan furnitur. Namun ada pula yang menggunakan jenis kayu lain seperti sengon dan mahoni dengan harga yang lebih terjangkau dari kayu jati.

Selain tanah dan kayu, bahan furnitur yang mudah ditemukan adalah rotan. Kerajinan dari bahan rotan cukup banyak dijual, berbeda dengan furniture terbuat dari tanah yang jarang ditemukan. Meja, kursi, hingga pembatas ruangan dengan bahan rotan juga banyak dijual di toko mebel. Furnitur seperti itu bahkan sering dijumpai di pinggir jalan.

Sekarang mulai banyak pengrajin kreatif yang menggunakan bahan alam sebagai bahan dasar pembuatan furnitur. Bahan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, seperti sabut kelapa. Pengrajin biasanya menggunakan sabut kelapa untuk dijadikan sapu dan biasan dinding berupa topeng berambut.

2. Keunggulan furnitur dengan bahan alami

funriture rotan, furniutre rotan sintetis, contoh kerajinan rotan
rotan dibuat menjadi meja dan kursi yang cantik – diminimalis.com

Bahan seperti kayu adalah yang paling sering ditemui pada tempat-tempat usaha mebel. Berbagai daerah yang dikenal sebagai industri kerajinan kayu seperti di Jepara, sering menggunakan kayu untuk bahan baku mebel. Jumlah peminat furnitur dari bahan ini memang cukup tinggi. Jadi banyak pengrajin atau pengusaha yang menjual furnitur atau mebel dari kayu.

Kesan unik bisa didapatkan dari furniture yang dibuat dari bahan alam. Seperti kayu dan rotan yang memiliki ukiran alami untuk penambah desain furnitur. Furniture terbuat dari tanah pun bisa terlihat unik setelah melalui beberapa proses. Warna alami yang tidak sama pada tanah justru bisa membuat tampilan unik tersendiri.
Furnitur dari bahan alam tidak hanya mudah ditemukan, tetapi juga dapat memberi kesan segar dan alami di dalam ruangan. Sekarang banyak rumah minimalis yang memadukan kesan alami dan modern dalam satu ruangan. Hasilnya pun tidak mengecewakan dengan menggabungkan furniture terbuat dari tanah dengan furnitur dari bahan lain.

Mempercantik ruangan dengan furniture berbahan alami adalah pilihan yang tepat. Warna kecokelatan dari tanah liat yang khas dapat menciptakan tampilan yang kalem dan elegan. Konsep tersebut bisa dipadukan dengan desain interior minimalis yang akan menciptakan kesan rumah adat nan simpel tapi tidak jadul.

3. Interior rumah minimalis

Jika Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis, dapat menggunakan furniture terbuat dari tanah untuk interior pelengkap. Misalnya, Anda bisa meletakkan kendi dari tanah liat di sebelah tv atau ruang keluarga. Kesan hangat dari furnitur tersebut cocok untuk ditempatkan di ruangan tempat berkumpul bersama.

Beragam pilihan furnitur yang dibuat dari bahan alam bisa mengisi ruang tamu Anda. Pemilihan kursi atau meja dengan tambahan kayu akan membantu menambah kesan natural di ruang tamu. Cocok untuk Anda yang tetap ingin membawa suasana alami pada ruangan-ruangan tempat Anda menyambut tamu. Jika Anda mengutamakan konsep modern, furnitur dari bahan tanah dan kayu dapat digunakan tanpa merusak konsep dasar rumah.

Menariknya, dari furnitur yang berbahan tanah liat adalah tampilannya yang unik dan tidak banyak yang memiliki. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan konsep alami, Anda dapat meletakan perabotan tanah liat atau mebel dengan warna coklat alami seperti bahan kayu.

4. Harga furnitur dari bahan alami

Furnitur atau mebel yang dijual di pasaran ditawarkan dengan beragam pilihan harga. Kualitas bahan furnitur menentukan mahal atau tidaknya harga yang ditawarkan. Seperti furniture terbuat dari tanah yang langka dan berkualitas, biasanya dijual dengan harga jutaan Rupiah. Furnitur dari kayu jati juga terkenal dengan harga yang mahal tapi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Apabila Anda akan membeli furnitur untuk interior, sebaiknya sesuaikan dengan konsep dan anggaran. Jika meja kursi dari kayu jati atau tanah dianggap terlalu mahal, Anda bisa memilih furnitur dari rotan. Perlengkapan rumah tersebut umumnya dijual dengan harga lebih murah. Akan tetapi, tampilannya tidak kalah unik dengan furnitur yang terbuat dari tanah atau kayu.

Masyarakat Indonesia memang menyukai furnitur berbahan alami sebagai primadona di dalam ruangan. Furniture yang terbuat dari tanah pun menjadi salah satu incaran oleh mereka yang ingin menciptakan kesan berbeda pada rumah minimalis.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.