Fungsi Pergola pada Taman dan apa Bedanya dengan Kanopi?

ruang tamu di bawah pergola yang indah - diminimalis.com

Sebagian orang masih belum banyak yang paham tentang fungsi pergola pada taman. Tampilannya mirip gazebo, namun tidak memiliki lantai untuk dibuat bersantai. Kadang pergola difungsikan sebagai elemen peneduh, namun tidak sama dengan kanopi. Lantas apa sebenarnya pergola itu, dan berbagai fungsinya untuk taman rumah minimalis Anda? Simak ulasan lebih jelasnya pada artikel kami di bawah ini.

fungsi pergola pada taman, desain pergola kayu, pengertian pergola, beda pergola dengan kanopi, beda pergola dengan gazebo, pergola adalah, Pergola Taman Minimalis, Pergola Taman, desain Pergola Taman
pergola dengan lampu hias yang indah – diminimalis.com

Pergola sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu “pergula”, namun dalam dunia arsitektur, lebih familiar disebut dengan kata “pergola”. Istilah ini dipakai untuk menyebut bangunan tambahan yang dililit tanaman rambat. Pada dasarnya, pergola merupakan furniture taman yang memiliki atap yang berfungsi sebagai pembatas area taman.

Sebagai media penutupnya, ada banyak jenis tanaman rambat yang bisa Anda gunakan, tinggal pilih mana yang Anda suka. Bahkan Anda juga bisa menggunakan tanaman rambat sayur-sayuran atau buah, agar halaman dan pergola di rumah tersebut lebih produktif.

Fungsi pergola pada taman

Fungsi utama pergola adalah memberikan bayangan yang teduh di area taman. Biasanya digunakan untuk meneduhkan area berjalan atau area duduk outdoor. Kesan alami akan terasa, karena umumnya material yang digunakan terbuat dari kayu. Meski ada pergola yang juga dibuat dari bahan metal atau beton, kesan alami akan tetap terasa berkat tanaman rambat sebagai elemen peneduhnya.

Dulu pergola dikenal sebagai area tambahan di taman yang menjadi tempat hidup tanaman rambat. Namun sekarang, fungsi pergola pada taman juga bisa memberikan efek teduh yang sejuk dan alami.

Beda pergola dengan kanopi

Banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara pergola dengan kanopi. Padahal, pergola berbeda dengan kanopi. Perbedaan pergola dengan kanopi terletak pada ide dasarnya. Lebih jelasnya begini, pergola adalah konstruksi sederhana yang bisa dibuat dari pipa logam maupun kayu, sehingga sekilas memang mirip dengan kanopi. Bedanya, penutup yang digunakan adalah tanaman rambat. Sebagaimana dengan kanopi, pergola sama-sama menangkal cahaya dan panas matahari, tapi lebih hijau dan membuat rumah ataupun taman semakin sejuk.

Secara visual, perbedaan yang paling bisa dilihat antara pergola dengan kanopi ada pada bagian atap. Atap pada kanopi berbahan plastik polimer atau lebih dikenal dengan polycarbonate. Struktur atapnya pun dapat melengkung. Sedangkan pergola hanya terbentuk dari tanaman rambat, seperti alamanda. Struktur atapnya pun berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling.

Bila dilihat dari perbedaan fungsi, kanopi lebih berfungsi sebagai media penghalang cuaca, baik dari sinar matahari maupun air hujan. Sedangkan pergola merupakan elemen peneduh dari cahaya matahari yang mengandalkan tanamanan rambat. Karena atapnya berupa tumbuhan hidup, pergola tidak bisa melindungi dari air hujan, namun hanya berfungsi melindungi dari sengatan panas matahari.

Perbedaan dengan gazebo

gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
gazebo indah di taman yang penuh tanaman indah pula – diminimalis.com

Secara pengertian, gazebo merupakan bangunan outdoor yang umumnya terbuat dari kayu dan bambu. Bentuk gazebo biasanya bundar atau heksagonal dengan lantai dan atap yang lebih permanen. Akan tetapi, banyak juga gazebo berbentuk kotak atau bentuk-bentuk lainnya.

Sama seperti gazebo,pada dasarnya pergola adalah bangunan outdoor untuk mempercantik taman. Akan tetapi, secara umum pergola memiliki struktur yang lebih sederhana dan kurang permanen. Bila gazebo umumnya terbuat dari kayu dan bambu, pergola tak jarang dibuat dari material lainnya seperti tiang besi. Selain itu, pergola juga tidak mengharuskan adanya atap yang bisa memberikan perlindungan dari hujan. Sebab tujuan utama konsep pergola hanyalah untuk memberikan batas saja.

Ringkasnya Perbedaan antara pergola dan gazebo adalah :

• Gazebo memiliki struktur lebih rumit dibanding pergola.
• Biaya pembuatan gazebo secara umum lebih mahal.
• Gazebo biasanya memiliki bentuk bundar atau heksagonal. Sedangkan bentuk pergola umumnya kotak dan bersudut.
• Gazebo berdiri sendiri tanpa dukungan atau terkait struktur lain. Sedangkan pergola sering ditemukan melekat padad struktur bangunan lain seperti dinding dan pagar.
• Gazebo umumnya dilengkapi atap dan lantai untuk bersantai.
• Pada dasarnya pergola dan gazebo merupakan bagian yang menyatu dengan taman, namun desain pergola boleh dibuat tidak sama dengan gaya taman, asalkan masih selaras.

Pergola Tanaman Sebagai Atap atau Penaung

Lazimnya pergola mempunyai atap berongga sebagai media tumbunya tanaman rambat. Atap yang berongga akan memudahkan tanaman untuk merayap dan mengaitkan sulur. Meskipun tanaman sudah rimbun, bagian atas pergola sebaiknya dijaga supaya tetap berongga, sehingga air hujan dapat tembus ke bawah.
Namun jika Anda tidak menghendaki air untuk tembus ke bawah, Anda bisa memberikan atap dari asbes maupun dari genteng agar air tidak tembus ke bawah. Kedua bahan tersebut juga mampu menjadi media tanaman yang baik karena sifatnya yang lembab sehingga tanaman tetap dapat hidup meskipun musim kemarau.

Demikian ulasan kami tentang fungsi pergola pada taman rumah minimalis. Semoga dengan adanya pergola, tampilan taman Anda menjadi lebih menawan dan dapat memberikan keteduhan di dalamnya. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.