oleh

Pahami Fungsi Desain Interior Rumah Anda Agar Rumah Tak Sekedar Tempat Singgah

Fungsi desain interior menjadi hal yang sering kali terabaikan saat sedang semangat-semangatnya merencanakan membangun rumah. Padahal elemen interior tidak bisa dipisahkan dari aktivitas seseorang di rumah. Maka sudah sewajarnya sang pemilik rumah untuk memahami jenis perabotan dan tujuan penataannya dan jangan sepenuhnya diserahkan kepada desainer.

Harapannya setelah Anda membaca artikel ini, Anda akan mengetahui manfaat dan fungsi desain interior dari sebuah rumah. Pada dasarnya, interior rumah sangat penting dalam menunjang kenyamanan saat berada di rumah. Keberadaan meja dan kursi serta setting tata pencahayaan kamar adalah elemen penting penunjangnya.

fungsi desain interior-diminimalis.com
Mengenal fungsi desain interior di rumah Anda-diminimalis.com

Fungsi desain interior masa kini yang harus Anda ketahui

Pada artikel sebelumnya telah kami ulas tentang pengertian desain interior yang mana pada intinya desain interior berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan rancangan dan tata kelola bagian dalam ruangan pada sebuah rumah.

Menurut Wikipedia sendiri, desain interior berarti sebuah profesi di bidang kreatif dengan solusi-solusi teknis yang diterapkan ke dalam struktur yang dibangun, untuk mencapai lingkungan interiornya.

Jika pengertiannya terpisah, desain sendiri merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang berarti rancangan atau tata kelola. Di kalangan desainer rumah, desain lebih akrab dengan istilah rancang bangun. Sementara pada dunia seni rupa dan lainnya, istilah desain tetap akrab dengan istilah rancangan.

Selanjutnya, kata “interior” berarti suatu area atau tempat yang berada di dalam suatu ruangan yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas internal tertentu.

Tak dipungkiri juga oleh banyak orang bahwa dalam perancangan interior, hendaknya sang desainer mengetahui apa dan siapa saja yang akan menempati ruangan tersebut, termasuk filosofi desainnya.

Pengaruh desain interior terhadap aktivitas di rumah

Pentingnya desain interior tidak terbantanhkan sebab salah satu elemen paling penting dari sebuah ruangan adalah interior. Perlu diingat kembali bahwa interior rumah meliputi berbagai macam elemen seperti perabotan, tata ruang, dan pencahayaan.

Nah, bagaimana cara menata elemen-elemen tersebut agar didapat kombinasi desain yang pas? Dan apa saja fungsi desain interior yang setidaknya harus tercapai setelah membangun sebuah rumah? Berikut ulasannya.

1. Menunjang aktivitas dalam ruangan

fungsi desain interior-diminimalis.com

Tak bisa dipungkiri bahwa desain interior memegang peran penting dalam menunjang keberlangsungan aktivitas ruangan. Perabot-perabot yang ada sebagai bagain dari int0erior bisa digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Misalnya pada ruang tamu; sofa, meja hidangan, dan elemen lainnya akan sanagt ddiperhatikan oleh tamu Anda. Mempersiapknnya dengan baik akan menjadi nilai penting Anda sebagai tuan rumah.

Pada ruang tidur misalnya, warna dinding, kasur, bantal, serta perabot yang ada didalamnya sangat membantu Anda untuk menunaikan aktivitas. Lemari pakaian, meja belajar, dan ranjang adalah elemen interior tak terpisahkan untuk menunjang aktivitas pribadi Anda di kaamar tidur.

2. Menambah estetika rumah

fungsi desain interior-diminimalis.com.png2.png

Keindahan rumah menjadi salah satu elemen penting dari sebuah rumah. Terlebih di era saat ini dimana persaingan gengsi sudah semakin sengit.

Desain interor yang didesain dengan memperhatikan keindahan akan memiliki nilai lebih. Nilai estetika rumah akan terpancar dari sisi dalam sebuah ruangan sebagai bagian penting dari sebuah rumah.

3. Berpengaruh terhadap sisi psikologis

fungsi desain interior-diminimalis.com

Orang-orang di kota-kota besar mulai menyadari pentingnya desain interior terhadap kelangsungan hidup mereka. Terutama terhadap sisi kesehatan.

Sebagian besar orang tidak menyadari peran interior rumah terhadap kesehatan psikologis pemiliknya. Jika Anda adalah orang yang demikian, acuh dengan tatanan interior rumah. Mulai sekarang ubah pola pikir Anda dan cobalah untuk merencanakan desain dengan sebaik mungkin untuk tujuan yang lebih penting.

Penataan ruang tertentu yang tidak memperhatikan nilai-nilai ergonomis akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya. Misalnya ruang keluarga yang tidak diberi ventilasi yang cukup jelas akan membuat ruangan pengap dan imbasnya alih-alih mendapat ketenangan justru malah bisa stress. Jadi poinnya disini adalah urgensi kesehatan psikologis.

Nah, itu dia uraian seputar fungsi desain interior dan pengaruhnya terhadap kehidupan kita. Semoga ulasan tentang fungsi desain interior di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Salam diminimalis. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed