Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Fungsi Baking Soda yang Tak Sekedar Hanya Sebagai Bahan Baku Kue

Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu- diminimalis.com

Tahukah Anda ada banyak sekali fungsi baking soda untuk kebutuhan rumah tangga selain untuk memasak. Bagi Anda yang suka memasak kue, tentunya sudah tidak asing dengan baking soda. Pasalnya baking soda memang dicampurkan ke dalam adonan kue supaya bisa mengembang dengan sempurna saat di oven. Tanpa adanya baking soda maka kue yang dibuat tidak akan terlihat menarik.

cara mengatasi pipa mampet, cara mengatasi pipa mampet dengan baking soda, obat saluran air mampet,
Baking soda memiliki banyak fungsi untuk kehidupan sehari-hari – diminimalis.com

Fungsi Baking Soda untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Pada kenyataannya, baking soda juga mengandung senyawa yang dapat mencegah mikroorganisme atau kuman datang, baik bakteri maupun jamus. Kandungan kimiawi yang ada di dalam baking soda juga bisa dijadikan sebagai pelarut lemak atau minyak. Penasaran dengan kegunaan baking soda untuk keperluan rumah tangga? Ini dia ulasan lengkapnya.

1. Membersihkan sisa minyak atau lemak di gelas atau piring

Piring atau gelas Anda tekena noda minyak yang membandel? Tidak perlu khawatir karena hanya dengan sesendok baking soda yang ditambahkan dengan beberapa tetes jeruk nipis maka lemak yang menempel pada perkakas dapur anda bisa dengan mudah dibersihkan. Tapi yang perlu diingat adalah jangan memakai baking soda pada peralatan masak yang dilengkapi dengan bahan anti lengket. Karena hal tersebut bisa menyebabkan lapisan anti lengket tergores oleh serbuk baking soda.

2. Mencegah adanya penumpukan lemak atau minyak pada saluran pipa

Untuk mencegahnya, cara yang perlu Anda lakukan adalah melarutkan baking soda satu genggaam pada air yang diletakkan pada wadah. Lalu tuangkan secara perlahan larutan baking soda tersebut pada saluran pipa wastafel atau pembuangan air tempat cuci piring.

furniture plastik, kursi plastik cafe, daftar harga kursi plastik
baking soda efektif membersihkan noda membandel pada furniure berbahan plastik – diminimalis.com

3. Menghilangkan Bau pada Kotak Makan Plastik

Kotak makan plastik seringkali meninggalkan bau yang menempel jika tidak dicuci dengan benar. Namun dengan larutan baking soda, bau tersebut bisa hilang seketika.

4. Menghilangkan Bau Bawang pada Tangan

Fungsi baking soda untuk kebutuhan rumah tangga selanjutnya adalah menghilangkan bau tidak sebab karena bawang di tangan. Caranya, Anda hanya perlu menaburi telapak tangan menggunakan baking soda. Lalu remas-remas secara perlahan dan bilas menggunakan air bersih.

5. Membersihkan peralatan elektronik dapur

Baking soda bisa dipakai untuk membersihkan microwave, lemari es dan Oven. Cukup dengan malarutkan baking soda. Lalu Anda masukkan spon yang akan dipakai untuk membersihkan peralatan dapur ke dalam larutan. Bersihkan dengan lembut microwave, lemari es dan oven dalam kondisi mati (off).

6. membersihkan toilet

Kegunaan selanjutnya adalah membersihkan toilet. Caranya, Anda taburkan baking soda pada toilet, laluu sikat secara merata dengan sikat toilet. Terakhir, siram menggunakan air.

7. membersihkan sayuran dan buah

Sayuran dan buah harus dibersihkan dengan benar agar pestisida atau pupuk kimia yang masih menempel bisa hilang. Baking soda bisa membantu Anda untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda dengan air bersih. Lalu rendam sayuran dan buah pada larutan tersebut kurang lebih 15 menit. Kemudian, cuci buah dan sayuran yang sudah direndam menggunakan air mengalir.

8. Memadamkan api

Baking soda bisa digunakan untuk membuat api lebih cepat padam. Caranya sangat mudah, Anda tuangkan baking soda pada sumber api sebelum mulai merembet pada ruangan lainnya.

9. Membersihkan perhiasan

Untuk membersihkan perhiasan agar kilaunya tetap terjaga, Anda bisa memanfaatkan baking soda. Caranya, Anda gosokkan baking soda dengan lembut pada perhiasan yang dimiliki dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan dengan air bersih dan keringkan.

10. Membersihkan noda pada sofa

Membersihkan noda pada sofa sangatlah mudah. Anda cukup membuat larutan baking soda, lalu celupan kain yang akan dipakai untuk mengelap noda di sofa. Dengan begitu, sofa Anda akan terlihat bersih seperti baru.

Demikianlah ulasan kami terkait dengan 10 fungsi baking soda untuk kebutuhan rumah tangga. Ulasan di atas tentunya menambah wawasan Anda bukan? Semoga bermanfaat.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.