Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Fungsi Aluminium Foil sebagai Isolasi Atap Bangunan

Rangka baja ringan yang dilapisi aluminium foil - diminimalis.com

Fungsi aluminium foil pada rangka atap dapat digunakan sebagai penahan panas dan radiasi matahari yang menembus plafon rumah. Kita yang tinggal di wilayah tropis, sering merasakan panas akibat terpaan sinar matahari di siang hari. maka cara terbaik untuk mencegah panas menembus ke dalam rumah adalah dengan memasang aluminium foil dibawah atap bangunan.

fungsi aluminium foil, fungsi aluminium foil pada atap, aluminium foil pelapis atap
Rangka baja ringan yang dilapisi aluminium foil – diminimalis.com

Aluminium foil terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehingga aman dan ramah lingkungan. Selain itu, aluminium foil juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah. Biasanya bahan ini dipadang pada rangka atap untuk melindungi kebocoran akibat air hujan dan embun.


Fungsi aluminium foil pada rangka atap rumah

Fungsi pemasangan aluminium foil pada rangka atap rumah diantaranya:

fungsi aluminium foil, fungsi aluminium foil pada atap, aluminium foil pelapis atap
Alumunium foil sebagai pelapis atap, dapat menangkal panas akibat sengatan matahari – diminimalis.com

1. Mengurangi radiasi matahari hingga 97 %. Karena pada iklim tripis, pada siang hari biasanya suhu di dalam ruangan atau rumah biasanya lebih panas. Hal ini disebabkan perpindahan radiasi panas di bagian atas atap, berpindah ke bagian bawah atap. Aluminium foil yang dipasang berfungsi memantulkan kembali radiasi matahari tersebut, sehingga suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cegah atap dari kebocoran (Bagian #2 dari artikel Persiapan menghadapi musim hujan)

2. Aluminum foil berfungsi menghalangi aliran air Jika terjadi kebocoran pada atap, sehingga air tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

3. Mampu mencegah rumah dari kebakaran. Karena aluminium foil mempunyai bahan kemurnian 99,45 % dari polyethylene, tahan robek, tidak merambatkan api, reduksi suara hingga 6 db dan titik leleh hingga 310 derajat celcius.

Tipe aluminium foil yang ada di pasaran adalah:

Terdapat dua jenis umum aluminium foil yang sering digunakan pada konstruksi atap, khususnya rangka atap baja ringan, yaitu single side (satu sisi) dan double side (dua sisi).

1. Single side adalah lapisan yang hanya satu sisi, sehingga hanya akan terlihat mengkilap di bagian atas tetapi buram di bagian bawah.
2. Double side lapisan yang mengkilap ada pada atas dan bawah alias dua sisi. Kelebihan dari aluminium double side adalah mampu menolak radiasi lebih efektif dan lebih kuat jika dibanding dengan single side.

Cara pemasangan aluminium foil adalah dengan menempatkan diantara reng dan profil C (dijepit) dengan penarikan yang rata. Penarikan harus dilakukan dengan kekuatan sedang agar aluminium foil tidak robek atau rusak.
Demikian ulasan kami tentang aluminium foil sebagai pelengkap rangka baja ringan, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Baca juga artikel menarik berikut >>  Rumah Minimalis Tanpa Pagar Terasa Lapang Dan Menyatu Dengan Alam

Manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.