Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Fadlilah Mengucap Salam Ketika Hendak Memasuki Rumah

mengucap salam masuk rumah - diminimalis.com rumahku surgaku

Memberi salam masuk rumah menjadi salah satu bukti Islam merupakan agama yang sempurna, dan kesempurnaannya dibuktikan dengan kelengkapan ajaran Islam dalam mengatur semua kondisi seorang muslim. Buktinya, perkara yang dianggap remeh sekalipun –seperti masuk rumah— telah diatur bagaimana adab-adabnya. Kewajiban bagi seorang muslim adalah memperhatikan dan melaksanakan adab-adab tersebut, sehingga meskipun sekedar aktivitas masuk rumah, namun dapat bernilai ibadah. Di antara adab masuk rumah yang seharusnya selalu dilakukan oleh setiap muslim adalah mengucapkan salam.

mengucap salam masuk rumah - diminimalis.com rumahku surgaku
mengucap salam masuk rumah – diminimalis.com rumahku surgaku

Perintah mengucap salam langsung dari Allah

Mengucap salam ketika hendak memasuki rumah merupakan perkara yang bernilai ibadah. Hal ini dikarenakan mengucapkan salam merupakan perintah langsung dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Allah berfirman,

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini), hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan di sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.”

(QS. An-Nuur: 61)

Berkah di balik ucapan salam

Tujuan mengucapkan salam mungkin dinilai sangat sederhana, yaitu sebagai ramah tamah kepada penghuni rumah dan untuk saling mendoakan, serta menambah keakraban. Namun di balik ucapan salam, ternyata ada keberkahan yang bisa didapatkan oleh pengucap salam dan penghuni rumah.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Wahai anakku, jika engkau memasuki umah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam agar datang keberkahan kepadamu dan juga kepada keluargamu.”

(HR. At-Tirmidzi no. 2698. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahih Al Kalim: 47).

Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu pernah berkata, “Jika engkau masuk rumah dan menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam kepada mereka sebagai salam penghormatan di sisi Allah dan juga untuk mendapatkan berkah yang baik.” (Adabul Mufrad no. 1095).

Baca juga artikel menarik berikut >>  MEMBERI RUANG BERMAIN UNTUK ANAK KITA
ucapkan salam kepada keluarga mu #rumahku surgaku - diminimalis.com
ucapkan salam kepada keluarga mu #rumahku surgaku – diminimalis.com

Mengucap salam juga termasuk perkara sunnah yang berpahala. Salam diucapkan tidak hanya kepada keluarga yang ada di rumah, melainkan juga kepada orang lain yang ada di dalamnya. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam Syarh Riyadhis Shalihin (4: 414) mengatakan, “Jika engkau memasuki suatu rumah, maka ucapkanlah salam kepada orang yang ada di dalam, baik kepada keluarga, teman atau selain itu. Ini termasuk sunnah.”

Baca juga artikel menarik berikut >>  KEPENTINGAN MENJAGA AURAT KELUARGA DI DALAM RUMAH

Salam adalah sebaik-baik ucapan ketika hendak memasuki rumah. Ia mengandung doa yang berisi keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah agar tertuju kepada orang yang diberikan salam. Dan doa itupun akan kembali kepada pengucapnya dengan balasan yang lebih baik. Mari kita mulai sedari sekarang untuk membiasakan diri dan keluarga senantiasa mengucap salam ketika hendak memasuki rumah.

Salaam … (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.