Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Exhaust fan Kamar Mandi Untuk Menjaga Kelembaban

pemasangan keramik kamar mandi bisa mencegah dinding menjadi lembab- diminimalis.com

Exhaust fan kamar mandi bisa Anda gunakan sebagai salah satu solusi dalam mengakali kamar mandi yang tidak memiliki jendela. Hal ini terutama karena kebutuhan yang tinggi serta ruang yang terbatas. Kamar mandi seringkali akan diletakkan di tengah rumah dan di bagian kiri kanan terdapat ruangan lain. Ini akan mengakibatkan ruangan kamar mandi Anda lembab serta mudah ditumbuhi jamur.

Exhaust fan Kamar Mandi, Exhaust fan Kamar Mandi yang bagus, fungsi Exhaust fan Kamar Mandi
kamar mandi sehat dengan exhaust fan – diminimalis.com

Exhaust fan Kamar Mandi Untuk Menjaga Kelembaban dan Kesehatan

Salah satu cara mengakalinya adalah dengan menggunakan exhaust fan serta perpaduan jalasi. Exhaust fan ini bisa Anda pasang di plafon. Idealnya, gunakan exhaust fan dari tipe sirocco atau tipe penghisap seperti layaknya AC. Namun, apabila Anda tidak memungkinkan untuk memasang tipe sirocco, pilihlah tipe baling-baling.

Dalam memasang exhaust fan tipe baling-baling, jarak antara plafon dengan atap minimal adalah satu setengah meter serta tersedia ventilasi di atap guna mengalirkan udara hasil buangan dari exhaust fan ini. Daya sedot yang dibutuhkan untuk kamar mandi adalah lima kali dimensi ruang dalam meter kubik.

Exhaust fan Kamar Mandi, Exhaust fan Kamar Mandi yang bagus, fungsi Exhaust fan Kamar Mandi
salah satu contoh produk Exhaust fan yang berkualitas – diminimalis.com

Sebagai contoh, apabila ukuran kamar mandi Anda adalah 2 x 3 meter dan tinggi 2.5 meter maka daya sedot minimal yang dibutuhkan ialah 5 x 15 meter kubik atau sama dengan 75 meter kubik per jamnya. Exhaust fan kamar mandi ini juga bisa digabung dengan jalusi di pintu. Jalusi akan memasukkan udara ke kamar mandi saat exhaust fan dipasang.

Agar pemasangan exhaust fan ini semakin maksimal, Anda bisa memasangnya di plafon yang letaknya bersebarangan dengan pintu. Ini bertujuan agar udara bisa berputar dalam kamar mandi. Sirip pintu jalusi juga sebaiknya dibuat miring ke atas, bukan ke bawah. Tujuannya agar angin dingin bisa masuk dari bawah.

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengakali kamar mandi agar tidak lembab selain menggunakan exhaust fan kamar mandi adalah menggunakan buangan AC. Dalam kamar mandi dapat dibuatkan cerobong dan di salah satu sisinya diletakkan blower AC. Sementara pada sisi seberangnya dapat kita beri lubang ventilasi berbahan bilah kayu. Lubang ini akan berguna untuk mengalirkan udara menuju luar kamar mandi.

Demikian ulasan kami tentang exhaust fan kamar mandi. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kamar mandi sehat, menghindarkan keluarga Anda dari serangan penyakit di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Kamar mandi sehat, menghindarkan keluarga Anda dari serangan penyakit

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.