Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Memperindah Landscap dengan Memaksimalkan Elemen Keras di Taman

Taman yang ideal perlu adanya elemen keras di dalamnya - Diminimalis.com

Di tengah meningkatkan suhu udara di bumi, memiliki taman di halaman rumah menjadi salah satu hal yang banyak diinginkan. Selain membuat tampilan rumah menjadi lebih asri, keberadaan taman ini juga dapat memberikan suasana sejuk pada rumah Anda. Taman bisa dibuat dengan berbagai ukuran menyesuaikan luasan tanah yang Anda miliki. Penataannya harus dilakukan dengan memperhatikan jenis elemen pembentuk taman yang menyusunnya, yaitu elemen keras dan elemen lunak. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memaksimalkan elemen keras di taman.

Saat ini keberadaan taman sudah menjadi bagian yang hampir selalu ada pada desain rumah minimalis. Desain rumah yang sederhana, praktis namun tetap terlihat elegan ini tidak lepas dari adanya taman sebagai penyeimbang tampilan rumah. Karena itu, Anda perlu memilih semua elemen keras dan lunak dengan memperhatikan sisi estetika maupun fungsinya.

Elemen Keras di Taman, Elemen Keras untuk Taman, elemen taman lunak terdiri dari, pengertian elemen taman, elemen pembentuk taman, elemen softscape, elemen pendukung taman, elemen lanskap, elemen taman keras terdiri dari, elemen keras dan lunak
Taman yang ideal perlu adanya elemen keras di dalamnya – Diminimalis.com

Hardscape atau elemen keras sebagai salah satu komponen penyusun taman adalah suatu material keras yang dibuat sebagai pelengkap taman. Elemen material hardscape ini bisa berfungsi untuk sekadar mempercantik tampilan taman ataupun untuk fungsi lainnya. Sementara itu elemen lunak adalah semua jenis tanaman yang ada di taman Anda. Kedua elemen ini saling melengkapi guna menciptakan taman yang cantik.

Macam-macam Jenis Elemen keras di Taman

Pemilihan elemen hardscape taman harus disesuaikan dengan keseluruhan tema taman yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih elemen-elemen yang fungsional dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga. Beberapa contoh elemen lanskap keras di taman rumah minimalis diantaranya :

– Bebatuan

Berbagai macam batu sudah sangat umum digunakan sebagai pelengkap tampilan taman. Batu ini bisa berupa batu alam berukuran kecil yang disusun pada dinding taman ataupun disusun menjadi jalan setapak untuk akses pergerakan. Ada berbagai jenis batu yang bisa Anda gunakan dan sesuaikan dengan tampilan taman yang Anda inginkan. Penataan batu-batu ini juga bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti disusun dengan cara kombinasi membentuk suatu susunan tertentu.

– Kayu

Elemen kayu juga menjadi salah satu yang sering digunakan sebagai pelengkap taman minimalis. Keberadaan kayu di bagian taman memberikan kesan yang lebih harmonis. Kayu ini bisa berupa tangga-tangga, ayunan, bangku ataupun ornamen taman lainnya.

– Kolam Air Mancur

Adanya elemen air pada taman dapat memberikan kesan lebih sejuk dan segar. Air ini bisa berupa kolam ataupun air mancur. Bentuk air mancur dan kolan juga dapat disesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan agar lebih selaras. Anda bisa membuat kolam air mancur dengan bentuk-bentuk kaku seperti persegi atau persegi panjang untuk desain taman minimalis.

– Gazebo

gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
gazebo dengan elemen keras sebagai jalan yang indah – diminimalis.com

Gazebo adalah bangunan yang berbentuk seperti pondokan dengan atap tertutup. Gazebo ini bisa Anda buat sendiri dengan menggunakan beragam elemen seperti kayu, bambu atau semen. Gazebo memiliki fungsi yang cukup penting pada taman yaitu untuk tempat berteduh, bersantai ataupun bercengkrama dengan anggota keluarga. Keberadaan gazebo ini cocok dibuat pada taman dengan ukuran cukup besar.

– Kursi Taman

Kursi taman merupakan elemen keras di taman yang memang perlu untuk diupayakan. Kursi ini selain berfungsi untuk tempat duduk dan bersantai juga dapat berfungsi untuk meningkatkan nilai ekstetika taman. Pemilihan kursi meliputi desain serta material penyusunnya perlu disesuaikan dengan desain keseluruhan taman serta desain rumah agar seluruh komponennya menyatu.

– Lampu Taman

Elemen pelengkap taman lainnya adalah lampu taman. Lampu ini berfungsi untuk memperindah taman sekaligus menjadi penerang taman pada malam hari. Lampu taman sangat beragam jenis serta bentuknya. Anda dapat menyesuaikan jenis lampu meliputi warna sinar ataupun tingkat kecerahan sinar yang dihasilkan. Selain itu sesuaikan pula material serta desain lampu dengan keinginan serta keserasian dengan elemen taman yang lain. Faktor pencahayaan yang berbeda dapat menghasilkan kesan tampilan taman yang juga berbeda.

Perawatan Elemen keras Taman

Agar keindahan taman tetap terjaga dan dapat selalu dinikmati, perawatan rutin menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Perawatan ini selain dilakukan pada tanaman-tanaman hidup sebagai elemen lunak, juga perlu dilakukan pada elemen keras. Hardscape yang dirawat dengan baik akan tetap terjaga keindahannya serta fungsinya. Perawatan elemen taman yang keras ini pada dasarnya jauh lebih mudah dibandingkan perawatan elemen lunak, beberapa yang bisa Anda lakukan diantaranya:

– Pembersihan bebatuan dari lumut

Apabila kondisi taman Anda rimbun dengan pepohonan, lumut menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi. Anda perlu membersihkan jalan setapak yang terbuat dari bebatuan ataupun semen dari tumbuhnya lumut. Lumut yang tidak dibersihkan selain mengurangi keindahan taman juga dapat membuat jalan menjadi licin.

– Pembersihan taman dari kotoran dan sampah

Cara Merawat Taman Rumah, cara merawat tanaman. cara merawat tanaman bunga, cara merawat tanaman agar tumbuh subur
Bersihkan daun kering, agar taman Anda selalu terlihat asri – Diminimalis.com

Anda perlu membersihkan taman secara rutin dari sampah dedaunan kering ataupun sampah lainnya. Kondisi taman yang selalu bersih tentu akan membuatnya tetap terlihat cantik dan terhindar dari sumber-sumber penyakit.

– Penggantian lampu-lampu taman yang mati

Pada elemen berupa lampu Anda perlu langsung melakukan penggantian apabila lampu mati. Jangan biarkan taman gelap pada malam hari. Selain membahayakan dari sisi keamanan rumah, juga membuat rumah terlihat suram.

– Pengecatan kembali dinding-dinding taman dan komponen lainnya

Hal ini perlu dilakukan apabila cat pada bagian-bagian taman Anda sudah memudar ataupun berlumut. Anda perlu mengecat kembali dinding, bangku taman, gazebo atau bagian lainnya secara berkala untuk menjaga keindahan tampilan taman.
Memiliki taman yang rindang, hijau, dan cantik perlu didukung dengan perawatan yang tepat. Perawatan elemen keras di taman memerlukan perhatian serta ketelatenan tersendiri agar hasil yang diperoleh juga maksimal. Keindahan taman yang terjaga akan mendukung keindahan tampilan rumah minimalis Anda. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.