Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

9 Elemen Dasar ini perlu Ada pada akuarium di rumah minimalis Anda

Ada banyak elemn yang perlu ada pada auariumideal - diminimalis.com

Setidaknya ada 9 elemen dasar yang perlu dipenuhi untuk menjadikan akurium Anda ideal dan dan baik sebagai habitat hidup penghuninya. Meski kehadiran akuarium di rumah minimalis Anda dapat membuat suasana menjadi segar dan damai, namun pastikan juga apa yang ada di dalam akuarium tersebut tetap dalam kondisi baik-baik saja. Ketenangan yang kita dapat dari akuarium, jangan sampai melenakan kita dari hal-hal yang membuat kondisi akuarium tidak baik.

elemen dasar akuarium, elemen penting aquascape, udang hias
Ada banyak elemn yang perlu ada pada auariumideal – diminimalis.com

Elemen Dasar Akuarium Ideal

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang beberapa elemen dasar yang perlu ada pada akuarium Anda. Bila salah satu saja terlewatkan, maka akan memberi dampak buruk pada akuairum Anda. Anda bisa menyimak beberapa elemen dasar tersebut di bawah ini.

1. Kualitas kaca terbaik

Kaca terbaik untuk akuairum tentunya harus memenuhi kriteria jernih dan kuat. Ketebalan kaca juga perlu Anda perhatikan demi mendapatkan kualitas akuarium yang kuat.

2. Ikan Hias

udang hias untuk akuarium, aquarium ikan hias, makanan udang hias air tawar
udang hias yang nampak indah pada akuarium – diminimalis.com

Tentu bukan akuarium namanya, kalau tidak diisi oleh ikan hias. Selain sebagai peran utama dalam akuarium, ikan hias juga berfungsi untuk menjaga kebersihan akuarium dari jentik nyamuk.Tidak hanya ikan, penghuni akuarium Anda bisa berupa hewan dari jenis lain yang memiliki bentuk indah, seperti udang hias,kura-kura, aligator dan lain sebagainya. Namun yang paling mudah dipelihara dan memiliki ragam  tampilan yang indah adalah udang hias.

3. Standar pH air

pH air harus diperhatikan, serta tingkat silinitas (kadar garam) yang ada pada sumber air di akuarium Anda. pH air akuarium yang ideal adalah antara 5,5-8,5 tingkat keasamannya.

4. Substrat

Substrat merupakan media tanam hias air dalam akuarium. Tanaman ini banyak tersedia di beberapa toko ikan hias dengan jenisnya pun cukup beragam.

5. Pupuk dasar.

Untuk merangsang pertumbuhan akar baru serta untuk memenuhi nutrisi tanaman air, maka dibutuhkan pupuk dasar yang ditempatkan di antara lapisan pasir.

6. Filter.

Alat ini sangat penting untuk menyaring air kotor supaya terlihat bersih kembali. Pilihlah filter dengan kapasitas yang sesuai. Sebaliknya, jika filter tidak sesuai dengan volume air pada akuarium, biasanya mesin filter akan kewalahan sehingga air tidak akan bersih.

7. Lampu

Tentunya fungsi lampu disini bukan sebagai alat penerangan, namun difungsikan sebagai elemen pemanis yang akan menambah nilai estetika akuarium Anda. Maka jenis lampu yang digunakan adalah lampu warna, yang disesuaikan dengan desain akuarium minimalis Anda.

8. Chiller

Barang ini berfungsi untuk mendinginkan air yang ada pada akuarium. Secara sederhana, chiller dapat dikatakan seperti AC tetapi diperuntukkan bagi akuarium saja. Selain menurunkan suhu, shiller juga berfungsi untuk menjaga suhu pada kisaran yang sama, sehingga tidak menimbulkan stres bagi tanaman air.

9. Ikan pembersih

Dengan menyertakan ikan pembersih, maka secara otomatis akuarium Anda akan tetap terjaga dari kotoran lumut yang menempel pada dinding-dinding kaca akuarium. Ikan pembersih yang paling masyhur tentu saja ikan sapu-sapu. Peliharalah satu satau beberapa ekor ikan pada akuarium Anda, supaya kaca Anda bisa selalu nampak jernih.

Demikian ulasan kami tentang 9 elemen dasar akuarium ideal yang bisa Anda terapkan pada akuarium di rumah minimalis Anda. Dengan memiliki akuarium ideal, Anda dan kelaurga dapat merasakan kesegaran dan suasana rileks di dalam rumah akibat efek yang ditimbukan dari akuariumtersebut, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.