Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Efek samping Kaporit pada Kolam renang dan Soluisnya untuk Anda

efek samping kolam renang dengan perawatan yang salah - diminimalis.com

Efek samping kaporit dari kolam renang bisa timbul karena tatacara berenang yang tidak benar. Langsung menceburkan diri ke dalam kolam renang tanpa membasahi tubuh terlebih dahulu akan membuat kulit tidak siap menyesuaikan dengan kandungan klorin di dalam kolam renang. Selain itu, tidak membilas tubuh setelah berenang, juga akan membuat kaporit mengendap di dalam kulit ari yang bisa memberikan banyak efek negatif untuk jangka panjang.

 macam macam obat kolam renang, harga obat kolam renang, obat kolam renang dan fungsinya, obat pembersih kolam renang
efek samping kolam renang dengan perawatan yang salah – diminimalis.com

Efek samping kaporit pada kolam renang dan solusinya

Di bawah ini bebarapa efek samping kaporit yang timbul ketika Anda memulai dan mengahiri berenang tanpa prosedur yang benar.

1 Mata merah                                                                                                                                                           Kontak mata langsung dengan air yang mengandung klorin berlebih akan mengakibatkan iritasi mata. Bila intensitas kontak tersebut terlalu lama, maka bisa berefek pada pembengkakan, nyeri, dan gatal. Untuk menghindari efek negatif ini, sebaiknya Anda berenang menggunakan kacamata renang untuk meminimalisir kontak langsung antara mata dengan air kolam renang yang mengandung klorin / kaporit.

2. Kulit kering                                                                                                                                                             Kulit kering merupakan gejala umum dari alergi klorin. Kulit kering akan dirasakan segera setelah kontak dengan air yang mengandung klorin. Kaporit merusak lapisan pelindung kulit, menyebabkan kulit terasa ketat dan kering. Hal ini terjadi karena lapisan terluar pada epidermis kulit yang berfungsi sebagai penahan debu dan kotoran mengalami kerusakan.

3. Menyebabkan penuaan dini.
Kaporit merupakan salah satu pemicu terjadinya keratinisasi kulit, yaitu penumpukan sel kulit mati pada epidermis kulit di mana sel kulit mengeras dan kehilangan inti selnya. Akibatnya kulit wajah terasa tebal dan tidak segar. Selain itu, jerawat dan komedo mudah muncul karena minyak hasil produksi tidak dapat keluar ke permukaan kulit yang tersumbat. Dengan rusaknya lapisan kolagen pada kulit, maka menyebabkan kulit terlihat kusam dan tampak tua sebelum waktunya.

4. Menyebabkan rambut rontok dan ketombe pada kulit kepala.
Pada rambut, kaporit merusak batang rambut dan mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Rambut yang mengalami proses kimia seperti pewarnaan, pengeritingan dan pelurusan (rebonding) akan semakin kering dan mudah patah akibat kaporit. Rambut menjadi susah diatur, tampak kusam dan kasar.

Efek samping kaporit , Kolam renang dalam ruangan
kolam renang yang bersih dan aman untuk digunakan- diminimalis.com

Pengobatan dan Pencegahan
Pengobatan alergi klorin harus disesuaikan dengan gejala dan kondisi kesehatan seseorang. Misalnya, ruam dapat dicegah dengan membilas kulit menggunakan sabun dan air. Iritasi mata bisa diatasi dengan tetes mata yang mengandung antihistamin.

Mandi sebelum dan setelah berenang di kolam renang dapat membantu mengurangi kemungkinan alergi yang disebabkan oleh air yang mengandung klorin. Segera cuci pakaian renang yang terkena klorin dengan deterjen dan bilas sampai bersih. Jika terjadi komplikasi, segera hubungi dokter untuk mencegah gejala alergi semakin memburuk.

Demikian ulasan kami tentang efek samping kaporit untuk kolam renang minimalis Anda
, Anda juga bisa menambah referensi dengan membaca artikel tentang cara merawat kolam renang yang tepat di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Cara merawat kolam renang yang tepat

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.