Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Efek Samping Berenang bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Ada banyak efek samping positif dari berenang - diminimalis.com

Adakah efek samping berenang untuk kesehatan? Berenang memang merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan di samping menyenangkan serta menyegarkan. Efek samping dari berenang sebenarnya tidak ada, selama Anda melakukannya secara tidak berlebihan. Berenang justru dapat mendatangkan berbagai manfaat kesehatan. Berikut kami rangkumkan beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari melakukan olahraga ini secara rutin.

 Efek Samping Berenang, dampak positif dan negatif berenang, manfaat berenang bagi pria
Ada banyak efek samping positif dari berenang – diminimalis.com

Efek Samping Berenang Bagi Kesehatan

Yang pertama, olahraga berenang ternyata dapat membantu dalam menurunkan kolesterol. Berenang terutama dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah. Berenang juga bisa menjaga endothelium agar selalu dalam kondisi baik. Endothelium sendiri merupakan lapisan tipis sel yang melapisi arteri dan bisa membuat Anda tampak lebih muda.


Kedua, berenang bisa membuat Anda tidak mudah terjangkit penyakit diabetes. Berenang selama tiga puluh menit akan membakar hingga 900 kalori dan mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga lebih dari sepuluh persen. Sementara satu sesi berenang yang kuat akan dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga sebesar enam belas persen.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Aman Berenang untuk Menghindari Dampak Buruknya
Manfaat Berenang, Manfaat Berenang bagi tubuh, Manfaat Berenang bagi pria
ada banyak manfaat berenang untuk kesehatan, salah satunya adalah mengurangi stres – diminimalis.com

Efek samping berenang lainnya adalah mengurangi stress. Berenang akan membuat Anda merasa bahagia dan mengurangi rasa stress yang diderita. Ini juga akan membuat kinerja otak menjadi lebih baik. Otak dapat menjadi lebih baik berkat proses neurogenesis hippocampal di mana sel-sel yang hilang akibat stress akan digantikan.

Manfaat lain dari berenang adalah mempercepat proses penyembuhan saat terjadi cedera. Olahraga berenang seringkali dilakukan oleh para atlet dalam mempercepat penyembuhan dari cedera yang diderita. Ini karena berenang akan membantu agar tubuh senantiasa bugar dan menjadi bagian rehabilitasi. Hambatan dari air akan membuat otot dapat bekerja keras tanpa adanya dampak atau ketegangan saat pertandingan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Kolam Renang Indoor Antara Kelebihan dan Kekurangannya

Olahraga renang yang yang menyehatkan ini juga akan menjaga agar kita bisa hidup dalam waktu lebih lama. Tentu saja, olahraga ini harus tetap diimbangi dengan menjaga gaya hidup sehat sehari-hari. Demikian adalah beberapa efek samping berenang yang bisa Anda dapatkan. Olahraga ini bisa dilakukan di kolam renang umum yang bisa dengan mudah ditemukan di pusat-pusat kota.

Demikian ulasan kami tentang efek samping berenang untuk kesehatan, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang akibat meminum air kolam renang dan solusinya untuk Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Akibat meminum air kolam renang dan solusinya untuk Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.