Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Alasan Mengapa Diet Ketofastosis Efektif Menurunkan Berat Badan

Diet ketofastosis tidak menyiksa dengan menahan lapar yang berlebihan- Diminimalis.com

Apa itu diet ketofastosis? Diet jenis ini merupakan penggabungan antara dua jenis diet yang sangat populer saat ini terutama di Eropa dan Amerika. Dua jenis diet yang dimaksud adalah diet ketogenik dan pola makan fastosis. Keduanya jika digabungkan dinilai bisa menjadi metode yang baik untuk menurunkan berat badan, menjaga berat badan ideal dan memiliki tubuh yang sehat dalam jangka panjang.

Diet ketofastosis, pengalaman diet ketofastosis, cara diet ketofastosis untuk pemula, diet ketofastosis pemula, menu diet ketofastosis seminggu, bahaya diet ketofastosis, efek samping diet ketofastosis, diet ketofastosis menurut islam, testimoni diet ketofastosis
Diet ketofastosis sangat efektif menurunkan berat badan – Diminimalis.com

Serba-Serbi Diet Ketofastosis

Diet sehat ketofastosis kini mulai dikenal oleh banyak orang seiring banyaknya tokoh terkenal atau selebriti yang menerapkannya. Namun jika seseorang hanya mengenal diet jenis ini tidak secara total, maka bisa jadi pelaksanaan dan hasilnya akan salah. Agar membuat Anda lebih paham tentang diet jenis ini, simaklah berbagai hal berikut ini:

• Pengertian diet ketofastosis

Diet ketofastosis merupakan penggabungan diet keto dan fastosis. Diet keto merupakan diet yang lebih mengutamakan asupan makanan tinggi lemak, protein sedang dan karbohidrat yang rendah. Sedangkan fastosis dapat diartikan sebagai pola makan yang membuat tubuh menjadi berpuasa untuk memproduksi ketone sebagai bahan bakar.

Keduanya akan menghasilkan sebuah pola makan yang mengatur manusia untuk memiliki batasan jam makan dengan pilihan menu makan seperti diet keto. Pola makan yang teratur dengan adanya jadwal makan disebut dengan intermittent fasting. Sedangkan untuk makanan yang dipilih memiliki rumus diet keto berupa 5 persen karbohidrat, 20 persen protein dan sisanya memilih makanan yang berlemak.

• Tahap awal melakukan diet ketofastosis

Memulai diet tidak akan pernah terasa mudah terutama untuk orang yang gemar untuk makan baik makan berat maupun cemilan. Tetapi, ada panduan untuk bisa melakukan diet ketofastosis ini dengan mulai selektif dalam menu harian agar tidak mengkonsumsi karbohidrat terlalu tinggi.

Cukup dengan membatasi menu yang mengandung karbohidrat tinggi akan membantu tubuh beradaptasi. Setelah itu, mulailah untuk menjauhi kebiasan mengkonsumsi makanan tinggi gula sebagai bahan bakar akan bisa memaksimalkan ketone yang diproduksi tubuh untuk memecah lemak. Dalam tahap ini banyak orang yang akan merasakan hal-hal yang tidk mengenakkan seperti sering lapar, merasa lelah dan juga sangat mudah terpancing emosi.

• Penerapan ketofastosis

menu food combining, manfaat food combining, menu makan food combining, menu diet food combining
Kacang-kacangan dan dalad, cocok untuk menu diet ketofastosis – diminimalis.com

Hitung-hitungan penerapan ketofastosis bisa jadi sangat beragam terutama terkait jadwal makan. Namun, setelah berhasil membuat tubuh beradaptasi untuk tidak ketergantungan dengan karbohidrat tinggi dan glukosa yang tinggi, maka Anda bisa mencoba memulai pola jadwal makan setiap hari paling awal jam 12 siang dan menutup jadwal makan jam 8 malam. Menu yang dipilih sesuai dengan rumus ketogenik yang telah dijelaskan tadi yaitu porsi lemak yang lebih tinggi lalu diikuti dengan protein sedang dan porsi karbohidrat yang rendah.

Asupan makanan ketika memulai diet jenis ini lebih disarankan mendapatkan lemak dari berbagai macam daging termasuk daging merah. Selebihnya, porsi protein yang diperkiran sekitar 20 persen dari menu makan bisa berasal dari tempe, tahu atau menu protein lainnya dan ditambahkan sedikit menu makanan yang mengandung karbohidrat.

Untuk jadwal makannya perlu sekali kedisiplinan tinggi untuk tidak sarapan dipagi hari dan tidak mengkonsumsi apapun diluar jadwal yang telah ditentukan kecuali mengkonsumsi air putih. Untuk pagi hari, sarapan tidaklah disarankan karena memang sudah terbukti tidak efektif. Namun berbagai pihak masih boleh menyarankan untuk mengkonsumsi kopi dan teh dipagi hari terutama teh hijau.

• Ketofastosis tahap lanjutan

Jika telah berhasil menjalani ketofastosis tahap awal, bisa dilanjutkan untuk masuk ke tahap lanjutan. Misalnya dengan semakin mempersempit jendela makan atau jadwal makan menjadi 6 jam per hari atau bahkan 4 jam perhari. Namun, pola ketofastosis seperti ini harus bertahap dan hanya disarankan untuk orang yang benar-benar ingin menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan.

• Ketogenik 5:2

Dalam jenis-jenis ketofastosis juga dikenal jenis diet yang mirip yaitu diet ketogenik 5:2. Diet ini mengatur tentang pembatasan pola makan pada dua hari dalam seminggu untuk benar-benar hanya sekali makan dalam sehari. Selebihnya, bisa dijalankan diet keto tanpa batasan jam makan. Diet jenis ini biasa juga oleh orang Islam yang juga ingin melakukan puasa sunah dihari senin dan kamis.

Penyebab Gagalnya Ketofastosis

Selain memahami bagaimana cara menjalankan ketofastosis, perlu juga dimengerti apa saja penyebab umum gagalnya diet ketogenik dan fastosis. Berikut ini adalah rangkuman penyebab yang umum terjadi:

• Tidak ada dukungan dari orang sekitar

Menjalankan diet apapun termasuk ketogenik dan fastosis tanpa kedisiplinan tidak akan membuahkan hasil yang maksimal dan bahkan bisa jadi gagal total. Biasanya, bukan dari kurangnya komitmen diri, namun justru tidak adanya dukungan dari orang sekitar. Jika pasangan, keluarga, atau kerabat terdekat tidak mendukung Anda menjalankan diet ini, maka upaya Anda tak akan maksimal.

• Cheating

kesalahan menggoreng makanan, kesalahan menggoreng masakan, kesalahaan saat memasak
Sesekali Anda boleh mencoba varian makanan yang sebelumnya menjadi pantangan diet ini, agar keseimbangan semangat selalu terjaga – diminimalis.com

Satu istilah yang dikenal adalam program diet adalah cheating. Jika melakukan diet dengan pola yang tidak terjaga kedisplinannya atau diam-diam melanggar jam makan, tidak memperhatikan porsi makan, atau memperbanyak cemilan maka diet ini akan menjadi gagal.

Agar bisa menjalankan diet dengan mudah, perlu juga didukung dengan suasana yang menyenangkan dan kondisi diri yang jauh dari stres. Berbagai hal bisa dilakukan misalnya dengan sering berolahraga ringan di rumah, memiliki hunian yang modern dan rapi seperti misalnya konsep gaya minimalis, atau sesekali mengagendakan liburan. Dengan begitu, diet keto fastosis bisa lebih dijalani dengan mudah. (an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.