Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mewaspadai Diabetes pada Anak dan Antisipasi yang Bisa Kita Lakukan

Para orang tua sebaiknya mulai mewaspadai diabetes pada anak - Diminimalis.com

Kasus diabetes pada anak memang sering terjadi.  Karena faktanya, sama dengan orang yang sudah lanjut usia, anak-anak pun rentan terkena penyakit diabetes ini. Namun biasanya, gejala yang terjadi cukup berbeda dengan orang dewasa yang terkena penyakit ini. Sehingga terkadang keberadaannya sulit diidentifikasi.

 penanganan diabetes pada anak, makanan penyebab diabetes pada anak, obat tradisional diabetes pada anak, obat diabetes anak, diabetes melitus pada anak, diabetes tipe 1 pada anak, ciri diabetes pada anak, diabetes pada anak bisa sembuh
Para orang tua sebaiknya mulai mewaspadai diabetes pada anak – Diminimalis.com

Jenis Penyakit Diabeter Pada Anak

Diabetes pada anak bisa dibagi menjadi 2 jenis sama seperti orang dewasa. Yaitu:

1. Diabetes Melitus Tipe Satu

Diabetes mellitus tipe satu ini biasa terjadi ketika anak kekurangan hormone insulin. Biasanya, anak yang kekurangan hormone insulin awalnya memiliki masalah pada kelenjar pankreasnya.

2. Diabetes Melitus Tipe Dua

Pada diabetes yang kedua, kelenjar pankreas dari anak masih dapat berfungsi, namun tubuh anak yang tidak dapat merespon hormone insulin yang telah diproduksi.

Gejala Diabetes pada Anak

Ada beberapa gejala yang tampak, untuk mengenali munculnya penyakit ini pada sang anak. Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Penurunan berat badan

Jika anak mengalami penurunan berat badan secara drastis dan terus menerus sedangkan anak masih memiliki nafsu makan yang normal serta mengkonsumsi banyak makanan sehat, maka Anda perlu curiga, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala diabetes.

2. Gangguan Penglihatan

Karena terserang diabetes, kadar gula dalam darah dengan cairan yang berada didalam tubuh menjadi tidak seimbang. Tubuh biasanya akan kekurangan cairan karena jumlah yang tersedia dalam tubuh hanya sedikit. Kondisi dari cairan tubuh yang tidak seimbang dengan kebutuhan inilah yang dapat mengganggu kondisi penglihatan dari anak.

3. Polidipsi

Gejala lainnya yang dialami oleh anak ketika terserang diabetes adalah anak akan merasa haus terus menerus. Gejala inilah yang dinamakan dengan polidipsi. Hal ini dikarenakan kadar insulin yang ada dalam tubuh tidak maksimal sehingga tubuh akan terus merasa kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

4. Poligafi

Seiring dengan polidipsi, diabetes pada anak juga biasa ditAndai dengan rasa lapar terus menerus meskipun telah makan dengan porsi yang benar. Hal ini dikarenakan hormone insulin yang diprodksi tidak memenuhi seluruh kebutuhan dari tubuh, sehingga gula tidak dapat diolah menjadi energi.

5. Kulit Beludru di Leher

Anak yang terserang penyakit diabetes biasanya akan mengalami Achantosis Nigricans atau kelainan kulit didaerah lehernya . gejalanya biasanya adalah muncul kulit beludru di leher dan kulit akan berubah warna menjadi lebih gelap.

6. Infeksi Ragi

Jika diabetes menyerang pada anak perempuan yang belum mengalami menstruasi, salah satu gejalanya adalah adanya infeksi jamur yang terletak di bagian vagina anak. Jika terjadi pada bayi, anak tersebut akan menyebabkan ruam popok.

7. Rewel

Cara mendidik anak hiperaktif, terapi anak hiperaktif di rumah, mengarahkan anak hiperaktif, mengatasi anak hiperaktif dengan metode bermain
Anak rewel merupakan salah satu indikasi gejala diabetes – Diminimalis.com

Meskipun bukan gejala pasti, namun pada banyak kasus, anak yang terkena diabetes memiliki kondisi emosi yang tidak stabil. Misalnya, tanpa sebab yang jelas anak menjadi murung. lalu mendadak gembira. Kemudian bisa juga mendadak marah, dan lainnya.

Penyebab Diabetes pada anak

1. Keturunan

Faktor utama diabetes pada anak adalah penyakit bawaan dari keluarganya, apalagi jika yang mengalami adalah bayi. Secara genetik, jika keluarganya memiliki riwayat penyakit diabetes, maka anak akan lebih beresiko terkena diabetes.

2. Makanan tidak sehat

Penyebab diabetes pada anak selanjutnya adalah makanan yang tidak sehat. Makanan cepat saji yang memiliki kadar kalori tinggi akan menjadi sumber dari segala penyakit termasuk diabetes. Selain itu, makanan dengan kadar gula yang tinggi juga dapat menjadi penyebab diabetes pada anak.

3. Obesitas

Biasanya, orang tua menginginkan anaknya tumbuh besar dan gemuk. Jadi, orang tua cenderung membiarkan anak mereka memakan apapun yang dia mau. Orang tua selalu menganggap anak mereka sedang dalam masa pertumbuhan jadi membutuhkan banyak nutrisi. Meski begitu, makan terlalu banyak tanpa mengontrol kandungan yang ada dalam makanan. Namun, makan terlalu banyak tentunya akan membuat anak kegemukan bahkan obesitas. Nah obesitas ini yang membuat tubuh mudah terserang diabetes.

4. Infeksi kelenjar pankreas

Virus dan bakteri yang masuk pada kelenjar pankreas anak akan menyebabkan hormone insulin enjadi tidak diproduksi dengan baik. Hal tersebut akan membuat kekebalan tubuh anak terganggu dan mudah terserang penyakit diabetes.

Cara mengatasi Diabetes pada Anak

Setelah Anda mengetahui gejala dan penyebab diabetes pada anak, Anda sebagai orang tua perlu mengambil langkah selanjutnya untuk mengatasinya. Apa saja itu ? berikut penjelasannya.

1. Konsumsi makanan sehat

masakan sehat pengganti jajan, makanan sehat pengganti jajan, makanan pengganti nasi untuk anak, resep makanan diet pengganti nasi, sayuran pengganti nasi, olahan kentang pengganti nasi
Pastikan anak Anda diberikan makanan sehat, untuk meminimalisir dampak buruk pada jangka panjang – DIminimalis.com

Anda harus memastikan anak Anda mendapat gizi yang seimbang setiap hari, salah satunya dengan menyiapkan makanan sehat untuk anak. Jangan sampai anak Anda terlalu banyak memakan makanan yang manis. Akan lebih baik jika Anda mengganti menu nasi putih dengan nasi jagung.

2. Pengobatan Medis

Rutin mengecek keadaan anak kepada dokter juga penting. Dokter akan selalu mengarahkan langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi diabetes pada anak.

3. Ramuan tradisional

Mengkonsumsi ramuan tradisional bisa menjadi solusi lain mengatasi diabetes pada anak. Beberapa tanaman yang dapat dijadikan ramuan pengobatan diare adalah brotowali, kunyit, mahkota dewa, dan buah mengkudu.

4. Olahraga

Menjaga pola makan, obat obatan medis dan juga meminum ramuan tradisional belumlah cukup. Untuk mengimbangi ketiganya, Anda harus membiasakan anak untuk berolahraga. Namun jangan pilih olahraga yang berat. Pilihlah olahraga yang menyenangkan seperti bermain bola atau bersepeda.

Nah itulah tadi ulasan lengkap mengenai diabete pada anak. Pastikan Anda mengenali sejak dini, serta melakukan penanganan yang cepat dan tepat saat anak terkena diabetes.(ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.