Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

7 Tips Simpel Agar Desain Taman Minimalis Anda Terlihat Lebih Menarik

Desain taman minimalis merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki taman sendiri, tetapi hanya memiliki lahan yang tidak terlalu luas di rumah Anda. Bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah perkotaan yang memiliki tingkat polusi tinggi, ini bisa menjadi salah satu solusi. Dengan memanfaatkan lahan tadi menjadi taman maka bisa menghindarkan bersarangnya serangga, tikus dan binatang lain yang bisa menyebabkan penyakit, alih-alih menjadikannya ruangan kosong tanpa manfaat. Semua pilihan kembali kepada Anda.

desain taman minimalis
indahnya desain taman minimalis indoor – diminimalis.com

Tips membuat desain taman minimalis

Ketika Anda lebih memilih sisa lahan tersebut menjadi sebuah taman, jangan khawatirkan ukuran tanah yang kecil. Anda bisa memilih desain taman minimalis, sehingga sisa lahan tersebut bisa menjadi asri dan enak dipandang. Desain taman minimalis belakang rumah dan desain taman minimalis depan rumah adalah beberapa alternatif yang bisa Anda pilih tergantung letak lahan yang Anda miliki, tetapi semua ini harus di sesuaikan dengan desain rumah Anda juga. Berikut ini kami berikan beberapa tips membuat desain taman minimalis:


1.    Biaya
Hitunglah berapa kebutuhan yang  Anda perlukan untuk membuat desain taman minimalis. Kalau perlu survey harga terlebih dahulu, sebelum Anda membuatnya. Jangan sampai pengerjaannya berhenti di tengah jalan dikarenakan biaya yang membengkak.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Meredam Bising di Rumah yang Berlokasi di Pinggir Jalan

2.    Desain
Pikirkan dahulu desain taman minimalis yang anda inginkan sebelum Anda memulai membuatnya. Sebaiknya di sesuaikan dengan karakter Anda, karena akan menambah keunikan desain taman yang Anda miliki serta membuat Anda lebih betah memandanginya.

3.    Pijakan kaki
Meskipun taman lebih terlihat alami jika semua bagiannya tertutup rumput. Namun kehadiran pijakan kaki akan memberikan nilai tambah tersendiri. Dengan kata lain, pijakan kaki tidak hanya berfungsi sebagai jalur untuk menikmati taman saja, namun bisa berfungsi juga sebagai penghias taman yang membentuk pola tertentu.

desain taman minimalis
Pemilihan tanaman – diminimalis.com

4.    Jenis tanaman
Pemilihan tanaman tergantung pada konsep apa yang Anda pilih. Ketika Anda memilih konsep desain taman minimalis, Anda tidak perlu memilih terlalu banyak tanaman. Pilihlah tumbuhan yang berdaun minimalis (tidak lebat), ini akan memberi kesan rapi. Hindari tanaman berdaun lebat, karena akan memberi kesan semrawut.

5.    Drainase
Pembuatan saluran air ini harus Anda perhatikan,  karena selain sebagai tempat aliran air ketika hujan datang, drainase juga berfungsi sebagai cadangan air ketika kemarau tiba. Lubang biopori bisa menjadi solusinya, lubang ini berfungsi sebagai tempat resapan air dan sebagai cadangan air saat kemarau datang. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyiraminya setiap hari.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Menggunakan Kompor Gas yang Aman untuk Dapur Minimalis Anda

6.    Pencahayaan
ketika taman Anda terdapat tanaman yang tersinari matahari lebih dari 5 jam, ada baiknya diberi tanaman peneduh agar tidak cepat layu. Untuk malam hari, Anda bisa memberikan pencahayaan dengan lampu di sudut tertentu, ini akan membuat taman minimalis Anda terlihat exotis.

Penambahan lampu sorot di sudut taman dan pada titik tertentu menjadikan taman terlihat hidup. Apalagi jika Anda memiliki desain taman minimalis dengan kolam, pencahayaan yang tepat akan membuat kolam terlihat elegan pada malam hari.

7.    Sirkulasi penghuni dan jendela
Yang maksud sirkulasi penghuni di sini adalah sirkulasi orang di taman atau sirkulsi orang yang menuju teras dan pintu utama. Keberadaan jendela yang menghadap ke taman juga harus di perhatikan, sehingga orang yang berada di dalam rumah pun bisa menikmati keindahan taman dari dalam rumah.

Nah, itulah tips membuat desain taman minimalis yang bisa diminimalis berikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bisa menjadi penambah wawasan bagi Anda yang mengidamkan memiliki taman sendiri, namun terkendala lahan yang terbatas. Semoga  bermanfaat, salam diminimalis… (am.)

Baca juga artikel mengenai taman di teras yang bisa jadi inspirasi Anda pada tautan ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.