Contoh Desain Rumah Minimalis yang Renovabel dan Futuristik

Desain rumah minimalis menjadi topik bahasan yang seperti tak ada habisnya dalam dunia arsitektur. Relevansinya selalu berkembang seiring berjalannya waktu dimana kebutuhan akan hunian yang nyaman semakin tinggi. Tidak sedikit juga orang yang kemudian berpindah halauan untuk lebih menyukai hunian yang minimalis meski budget berlebih.

Popularitas rumah minimalis selalu diiringi dengan inovasi dan kreasi desain interior yang selalu baru setiap dekadenya. Menjadikan setiap orang kini berlomba-lomba membangun rumah dan berbisnis properti. Demikian juga Anda yang saat ini tengah berencana membangun rumah impian, harus dipertimbangkan secara jeli.

Desain Rumah Minimalis-diminimalis.com
Desain Rumah Minimalis-diminimalis.com

Tips dan strategi desain rumah minimalis

Membangun rumah minimalis sudah seharusnya bukan lagi soal bagaimana menghemat biaya saja namun lebih dari itu sebaiknya memperhatikan kenyamanan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari memiliki rumah minimalis.

Pertama, efektivitas dan efisiensi yang tinggi

Rumah minimalis setidaknya lebih efektif dalam mengakomodir keinginan kreasi desain pemiliknya. Terlebih lagi misalnya jika Anda adalah pasangan muda yang baru saja menikah yang belum terlalu ambisius soal hunian. Dengan menempati rumah minimalis setidaknya kerepotan dalam memenuhi segala kebutuhan bangunan bisa terkontrol.

Anda akan lebih hemat secara pengeluaran, baik untuk membeli material maupun furniturenya..

Kedua, renovabel

Bagi Anda yang merupakan pasangan baru, memiliki rumah sendiri bisa jadi merupakan impian jangka pendek Anda. Dan rumah minimalis bisa menjadi objek buruan Anda. Oleh karenanya bukan hal yang aneh jika Anda memutuskan untuk membeli atau membangun sendiri rumah minimalis Anda.

Selain bertujuan untuk mengefektifkan tempat, rumah minimalis juga relatif lebih mudah untuk direnovasi kapan saja. Jika sewaktu-waktu Anda menginginkan penambahan ruang, Adna bisa merekonstruksinya.

Disinilah pentingnya perencanaan awal pondasi rumah. Rumah minimalis Anda harus didesain kuat agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Ketiga, fleksibel

Rumah minimalis bisa Anda desain dengan gaya satu lantai memanfaatkan seluruh space lahan yang ada atau bisa juga didesain bertingkat. Kebutuhan desain lebih mudah dikontrol oleh Anda sendiri. Termasuk kebutuhan furniture dan aneka keperluan lain yang berhubungan dengan interior rumah minimalis akan jadi lebih efisien dari sisi budget.

Baca juga: 15+ Gambar Inspirasi Interior Rumah Minimalis Masa Kini

# Mendesain rumah minimalis 1 lantai

Desain rumah minimalis mencakup tentang bagaimana merencanakan hal-hal yang besar dan detail. Apakah rumah Anda akan didesain horisontal saja atau kedepannya ada kemungkinan untuk dibuat vertikal (bertingkat), semuanya harus dipikirkan.

Rumah minimalis sendiri memiliki beragam ukuran yang bisa Anda pilih. Type rumah 36 misalnya, memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Dengan luas bangunan tersebut Anda bisa membuat rumah minimalis satu lantai yang indah.

Rumah minimalis dengan type ini biasanya cukup diisi didesain memiliki 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan ruang makan. Anda pun bisa mengatur denahnya sesuka Anda.

Namun demikian, Anda harus bisa memanfaatkan space dengan sebaik mungkin guna menambah kesan luas pada rumah minimalis Anda.

Berikut ini beberapa gambar desain rumah minimalis 1 lantai yang bisa Anda jadikan referensi untuk rumah minimalis Anda.

Baca juga: Desain Interior Minimalis, Ciptakan Keindahan Ruangan Melalui Karya Desain Yang Kreatif

# Mendesain rumah minimalis 2 lantai atau lebih

Beberapa orang terpikirkan untuk memiliki rumah bertingkat karena penambahan jumlah anggota keluarga atau sebab lain. Keputusan yang diambil pun seringkali berkutat seputar bagaimana merombak tampilan rumah yang sudah ada.

Jika Anda hendak menjadikan rumah minmalis Anda berdiri vertikal (bertingkat), Anda memerlukan perencanaan yang lebih detail. Misalnya jika Anda benar-benar berniat untuk melakukan renovasi pada rumah minimalis Anda yang sudah jadi.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah soal kekuatan bangunan dan pondasi. Periksa kembali kekuatan pondasi rumah Anda apakah perlu adanya perbaikan/pembaruan atau tidak. Bila perlu konsultasikan dengan ahli bangunan soal rencana rekonstruksi Anda.

Rumah minimalis 1 lantai berdesain pondasi kuat bisa Anda ubah menjadi rumah minimalis 2 lantai. Sebagai catatan rumah pertama Anda harus kokoh sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Berikut ini beberapa contoh gambar inspirasi rumah minimalis 2 lantai yang kami himpun dari berbagai sumber.

Nah, pada intinya bahwa membangun rumah minimalis tidak selalu mencerminkan keterbatasan budget pemiliknya. Namun lebih kepada era saat ini yang mana rumah minimalis sudah menjadi tren hunian merata ke seluruh penjuru nusantara bahkan dunia.

Soal kreasi desain, Anda bisa menentukannya sendiri. Atau bisa juga dengan memanggil jasa desain rumah kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat, salam diminimalis. (rn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.