oleh

Desain Rumah Industrial yang Elegan, Meski dengan Finishing Seadanya

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih lengkap tentang desain rumah industrial, yang menonjolkan tampilan struktural setengah jadi seperti membiarkan dinding tanpa cat. Menerapkan gaya industrial pada rumah memang membutuhkan keberanian. Karena bila salah sedikit, jadinya rumah akan terlihat kusam dan gelap. Oleh karena itu, dari satu elemen dengan elemen lainnya, harus saling berpengaruh satu sama lain. Supaya niat membiarkan dinding tanpa cat bisa semakin indah.

Saat ini sudah banyak kantor atau cafe yang menerapkan desain ini, tapi untuk rumah, memang masih jarang. Inilah yang membuat Anda butuh keberanian yang tinggi. Desain industrial lebih menekankan pada ekspos atau ada hal yang ditonjolkan dan bangunan setengah jadi. Sehingga tampak lebih edgy dan kohesif, jadi kesan unfinished sangat menonjol.

Desain Rumah Industrial, desain rumah tema industrial, contoh rumah industrial, rumah industrial style, rumah industrial murah, konsep industrial design, lantai rumah industrial, desain industrial, gaya industrial
Desain rumah industrial mengedepankan konsep bangunan setengah jadi yang nampak eksotis – Diminimalis.com

Mengenal Desain Rumah Industrial

Jika Anda ingin mencoba gaya ini, ada baiknya Anda menyimak ulasan kami di bawah ini, karena ada banyak elemen yang harus Anda perhatikan.

Perpaduan Logam dan Kayu

Perpaduan lantai kayu kasar dengan unsur metal atau logam di furniturenya, entah itu yang berwarna emas, hitam atau tembaga, akan membuat ciri industrial semakin terlihat. Perpaduan kedua unsur ini tentunya akan membuat gaya yang lebih keren. Anda akan melihat sebuah perpaduan yang tak terduga.

Misalnya di ruang tertentu, menggunakan lantai atau dinding kayu kasar tanpa finishing. Kemudian untuk kaki kursi di ruangan tersebut, menggunakan kaki logam warna hitam. Ini akan membuat gaya yang atraktif, dengan warna coklat gelap yang mempesona.

Bila rumah Anda dua lantai, Anda bisa memakai tangga dengan memakai bahan besi, ini akan membuat gaya industrial di rumah Anda semakin terlihat. Jadi memang unsur kayu dan logam harus paling utama dibandingkan unsur lainnya

Balok, Pipa dan Langit Terbuka

Desain Rumah Industrial, desain rumah tema industrial, contoh rumah industrial, rumah industrial style, rumah industrial murah, konsep industrial design, lantai rumah industrial, desain industrial, gaya industrial
Langit-langit tanpa plafon, menjadi ciri khas desain rumah industrial – Diminimalis.com

Ini yang menjadi ciri utama dari sebuah desain rumah indutrial. Ketika Anda masuk ke kantor atau cafe dengan desain ini. Pasti akan melihat balok, pipa atau langit-langit yang terbuka. Seperti memang sengaja untuk memperlihatkan semuanya,

Oleh karena itu dalam penataannya, memang harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Ketika meletakan pipa, kabel dan lainnya harus sesuai dengan aturan dan memperlihatkan keindahan ruangan tersebut.

Membiarkan Dinding Tanpa Cat

Desain Rumah Industrial, desain rumah tema industrial, contoh rumah industrial, rumah industrial style, rumah industrial murah, konsep industrial design, lantai rumah industrial, desain industrial, gaya industrial
Interior desain rumah industrial yang nampak elegan dengan dinding tanpa cat – Diminimalis.com

Inilah yang menjadi pembeda desain industrial dengan desain lainnya. Anda akan membiarkan dinding terekspos begitu saja. Bahkan ada beberapa yang dibiarkan dalam bentuk bata ekspos. Seperti temanya, semuanya sengaja diperlihatkan dan setengah jadi.

Jadi dinding tanpa cat, tentunya akan membuat gaya rumah ini semakin terlihat. Di beberapa bagian Anda bisa membuat bata ekspos, kemudian di bagian lainnya, dinding sudah diperhalus dengan semen, tapi tak perlu di cat. tapi tak ada salahnya Anda mengaplikasikan warna abu-abu pada dinding tersebut.

Perpaduan keduanya akan membuat rumah Anda semakin atraktif dan keren. Tentunya juga didukung oleh elemen lainnya, sehingga perpaduan semuanya akan tampak lebih indah dan mempesona. Bila Anda masih belum punya keberanian untuk mengaplikasikan dinding tanpa cat, Anda bisa menerapkan konsep dinding bata ekspos, yang cocok untuk gaya rumah industrial.

Warna Desain Rumah Industrial

Ketika masuk ke ruangan dengan gaya industrial, Anda jarang melihat warna yang mencolok. Seperti warna merah, kuning, biru dan lainnya. Semuanya identik dengan warna yang gelap atau warna monokrom.
Warna abu atau warna netral,memang yang paling dominan. Membuat gayanya lebih tegas dan memberikan kehangatan dari ruangan tersebut. Bagian furniturenya pun lebih banyak memakai warna abu, coklat atau hitam.

Lantai Rumah Industrial

Lalu bagaimana dengan lantainya. Supaya nuansa industrial semakin terlihat. Anda bisa memakai lantai beton yang tanpa finishing atau polesan. Jadi seperti rumah-rumah di indonesia zaman dulu. Tentunya ada teknik pembuatan sendiri, sehingga hasilnya terlihat lebih modern dan industrial.

Dengan memakai lantai ini, akan membuat biaya Anda lebih hemat. Ketidaksempurnaan, malah membuat gaya yang indah. Supaya lebih tahan lama dan tidak mudah kotor, lantai ini harus dibersihkan secara rutin.

Pencahayan

Rumah tanpa pencahayaan tentunya akan terlihat gelap dan tidak sehat. Walaupun rumah industrial lebih dominan dengan warna gelap atau netral, Anda harus tetap memperhitungkan pencahayaanya. Buatlah pencahayaan sebaik mungkin, di beberapa sudut ruangan. Sehingga semua cahaya bisa masuk dengan baik.
Untuk desain jendelanya, bisa memakai besi hitam dan dibuat sederhana. Tak perlu desain jendela yang terlalu ribet. Cukup yang simpel untuk menambah kesan industrial. Gunakan lampu warna hitam yang digantung, kemudian bagian gantunganya pun sedikit terlihat.

Dekorasi

Sebuah rumah tanpa dekorasi akan percuma, karena dekorasi inilah yang membuat rumah semakin hidup. Untuk rumah industrial tentunya Anda harus mempertimbangkan dekorasi dengan sebaik mungkin, sehingga konsep rumah industrial semakin terlihat.

Anda bisa memilih kursi berbahan kayu atau logam yang menonjol. Untuk hiasan lainnya, pun senadakan warnanya dengan elemen warna yang lain. Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas untuk membuat dekorasi rumah yang cantik.

Demikian ulasan kami tentang cara mendesain rumah industrial. Bila Anda bisa mengaturnya dengan baik, tentu Anda akan mendapatkan desain rumah yang cantik dan unik. Tapi bila salah sedikit, akan membuat rumah yang kusam dan berantakan. Oleh karena itu perhatikan semua elemennya dengan sebaik mungkin. (ck)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.