oleh

Cara Membuat Desain Ruang Tamu Pintu Tengah Minimalis yang Tepat

Sudah sewajarnya bagi kita untuk menata ruang tamu agar tampak serapi dan senyaman mungkin. Seperti apapun desain rumah, ruang tamu tetap harus jadi perhatian mengingat di ruangan inilah orang-orang yang berkunjung ke rumah kita akan mendapat kesan pertama dari rumah secara keseluruhan. Desain ruang tamu pintu tengah termasuk ke dalam salah satu desain ruangan yang perlu mendapat perhatian khusus.

Apa pasal? Ini karena desain ruang tamu pintu tengah biasanya akan dimaksudkan untuk ruang tamu minimalis bagi rumah yang berukuran mungil. Untuk itu, diperlukan pengaturan khusus agar ruangan yang luasnya terbatas bisa tetap menawarkan kenyamanan bagi tiap orang yang ada di dalamnya.

Desain Ruang Tamu Pintu Tengah, desain ruang tamu kecil, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, ruang tamu minimalis, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, cara menata ruang tamu dan dapur, cara menata ruang tamu yang luas
Salah satu contoh desain ruang tamu pintu tengah dengan konsep minimalis – Diminimalis.com

Bagi kita yang memiliki ruang tamu dengan ukuran luas, tak akan terlalu sulit dalam melakukan penataan ulang  secara sederhana supaya tampak makin rapi serta nyaman. Namun beda lagi ceritanya dengan ruang tamu kecil minimalis yang akan membuat kita harus makin kreatif dalam memanfaatkan tiap ruang kosong yang tersedia. Berikut adalah beberapa tips dalam mengatur ruang tamu minimalis ini.

Desain Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Rumah Minimalis Makin Cantik

1. Pemilihan Cat Ruang Tamu
Pemilihan warna yang tepat akan memberi kesan yang diinginkan pada ruang tamu di rumah. Warna terang akan membuat kesan ruangan yang lebih luas. Sebaliknya, warna gelap justru akan membuat rumah terasa sempit. Pilih cat warna terang untuk ruang tamu agar ukurannya yang minimalis bisa tersamarkan.

2. Katakan Tidak Pada Sekat Ruangan
Ketiadaan sekat ruangan akan membuat ruangan tampak lebih luas. Ruang tamu bisa digabung dengan ruang keluarga tanpa adanya sekat pembatas untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Namun apabila kita tetap ingin menggunakan sekat ruangan, pilih sekat yang tidak permanen, seperti yang terbuat dari kayu atau bambu.

3. Rapatkan Furniture ke Dinding
Desain ruang tamu kecil yang biasa dipraktekkan adalah dengan merapatkan furniture ke dinding. Hal ini akan menambah leluasa ruang gerak dalam ruangan tersebut. Sofa terutama harus diatur agar penempatannya merapat ke dinding dan bukan berada di tengah ruangan.

4. Ukuran Furniture Sangat Berpengaruh

Desain Ruang Tamu Pintu Tengah, desain ruang tamu kecil, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, ruang tamu minimalis, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, cara menata ruang tamu dan dapur, cara menata ruang tamu yang luas
pilihlah ukuran furniture yang tepat pada ruang tamu dengan konsep pintu di tengah – Diminimalis.com

Dalam ruang tamu atau ruangan manapun yang ukurannya terbatas, pemilihan furniture sangatlah penting. Wajib hukumnya untuk memilih furniture yang ukurannya kecil. Furniture yang besar akan memenuhi ruangan dan membuatnya tampak penuh sesak.

5. Pemilihan Sofa
Sofa untuk ruang tamu minimalis bisa dipilih yang berukuran besar. Ukuran besar pada sofa ini akan memberi kesan ruangan yang luas. Sebagai pelengkap, bisa turut dimasukkan kursi tambahan yang ukurannya kecil. Sofa tetap harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jangan terlalu bernafsu memasukkan sofa ukuran besar jika memang tidak tersedia cukup ruang.

6. Hiasan Cermin

ruang tamu klasik, desain ruang tamu klasik sederhana, desain ruang tamu klasik modern
Ruang tamu dengan cermin lebar di dindingnya, memberikan kesan klasik dan mewah – Diminimalis.com

Hiasan cermin tak hanya dapat mempercantik ruangan, namun menjadi salah satu cara menata ruang tamu yang memanjang. Cermin akan membuat ruang tamu berkesan lebih luas. Penempatan cermin sebaiknya berlawanan dengan kursi sofa.

7. Desain Jendela dan Pintu
Pintu serta jendela akan turut memberi pengaruh pada kesan luas di ruang tamu. Usahakan jendelanya memiliki ukuran luas dan pintunya menggunakan model dua pintu. Kesan yang ditampilkan adalah ruangan yang lebih luas dan lega.

8. Wallpaper Dinding
Wajah ruang tamu bisa dirubah dengan mudah lewat penggunaan wallpaper atau kertas pelapis dinding. Pastikan wallpaper ini selaras dengan konsep yang diusung pada desain rumah. Salah satu motif yang cocok digunakan di ruang tamu adalah motif garis-garis minimalis. Penggunaan wallpaper tetap harus disamakan dengan tema atau konsep rumah secara keseluruhan.

9. Karpet Ruang Tamu
Penambahan karpet bisa dilakukan, apalagi karena hal ini akan membuat ruang tamu semakin tampak cantik dan menarik. Motif yang bisa dipilih salah satunya adalah motif garis-garis sehingga memberi kesan ruangan yang lebih luas. Motif lain bisa dipilih asalkan tidak terlalu ramai karena justru akan membuat ruang tamu tampak sempit.

10. Hiasan Dinding
Hiasan dinding pada ruang tamu minimalis memang sebaiknya tidak terlalu banyak agar tidak menimbulkan kesan yang terlalu ramai. Kita bisa menggantung satu foto besar atau kata-kata mutiara di dinding ruang tamu. Ingat, jangan terlalu banyak agar tidak memakan sebagian besar tempat yang ada.

11. Tanaman di Ruang Tamu
Tanaman hias juga dapat ditambahan di dalam ruang tamu. Salah satunya yang cukup direkomendasikan ialah sirih gading dalam pot cantik berukuran kecil. Penambahan tanaman akan membuat ruang tamu tampak lebih hidup dan asri. Adanya tanaman di ruang tamu ini terutama cocok untuk rumah yang berlokasi di daerah perkotaan agar tetap nyaman.

12. Rak Buku
Kita yang hobi membaca biasanya akan turut memasukkan rak buku atau minimal tempat penyimpanan majalah di ruang tamu. Ruang tamu yang mengusung konsep minimalis bisa tetap menambahkan unsur ini. Caranya adalah dengan memilih furniture serbaguna, misalnya meja ruang tamu yang dilengkapi tempat penyimpanan majalah di bagian bawahnya, sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa dipraktekkan dalam membuat ruang tamu berkonsep minimalis tetap cantik dan fungsional. Memang dibutuhkan kreativitas lebih dalam membuat rumah minimalis agar tetap nyaman terutama karena terbatasnya ruang yang ada. Namun kita akan tetap bisa melakukannya dengan mengacu pada aneka tips di atas.

Menata rumah minimalis memang tidak membutuhkan banyak komponen. Konsep desain ruang tamu pintu tengah minimalis tidak menuntut kita untuk memasukkan banyak perabot. Justru dalam konsep ini, akan digunakan sesedikit mungkin perabot agar menghasilkan kesan bersih serta minimalis.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed