oleh

Inilah Desain Ruang Tamu Kecil yang Membuat Anda Jatuh Hati Padanya

Siapa bilang memiliki ruang tamu yang kecil atau minimalis sulit untuk diatur? Mungkin banyak orang-orang yang beranggapan bahwa jika memiliki ruang tamu yang kecil akan sulit untuk didesain dan akan terlihat sempit. Akan tetapi, anggapan tersebut sangat salah. Ya, saat ini orang-orang justru banyak yang memilih desain ruang tamu kecil karena dinilai lebih elit dan elegan.

Ruang tamu yang kecil dan minimalis ternyata tidak sulit untuk diatur. Pasalnya, ruang tamu yang kecil justru tidak membutuhkan banyak furniture dan aksesoris dinding untuk mempercantiknya. Dalam hal ini, yang terpenting adalah bagaimana cara untuk merancang desain ruang tamu kecil agar terlihat lebih luas.
Nah agar lebih tahu bagaimana penjelasannya, berikut akan berikan beberapa detail yang harus diperhatikan ketika menentukan desain ruang tamu berukuran kecil.

Desain Ruang Tamu Kecil, desain ruang tamu ukuran 2x2, desain ruang tv sempit, model ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4, desain ruang keluarga, ruang tamu minimalis type 36
Desain ruang tamu kecil yang terlihat elegan – Diminimalis.com

10 Cara Merancang Desain Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Lebih Luas

ruang tamu klasik, desain ruang tamu klasik sederhana, desain ruang tamu klasik modern
Berilah cermin cantik pada ruang tamu Anda – Diminimalis.com

1. Gunakan Cermin Pada Dinding
Cermin yang diaplikasikan pada dinding ruang tamu akan membuat refleksi ruangan yang kecil terkesan menjadi lebih luas. Oleh sebab itu, desain ruang tamu kecil minimalis perlu dipadukan dengan pengaplikasian cermin pada dinding ruangan. Strategi yang paling sering digunakan untuk membuat ruang tamu tampak lebih luas adalah dengan mengaplikasikan cermin besar pada dinding yang menjadi titik sentral.

2. Pilih Warna Dinding Putih
Pemilihan warna dinding ruangan yang tepat akan membuat ruang tamu yang kecil menjadi tampak lebih luas. Warna dinding yang tepat untuk memberi kesan ruangan sempit menjadi luas adalah putih. Warna putih akan meningkatkan persepsi luas terhadap suatu ruangan. Aplikasikan warna putih pada dinding beserta furniture di ruangan tersebut. Akan tetapi, Anda juga bisa memilih warna furniture selain putih yaitu warna netral dan masih satu tema seperti warna hitam, abu-abu, kuning.

3. Pilih Furniture Minimalis
Desain ruang tamu yang kecil perlu didukung dengan pemilihan furniture minimalis agar ruangan tampak lebih luas. Pilihlah furniture ukuran yang kecil menyesuaikan dengan ruangan yang akan digunakan. Anda dapat memilih sofa lengkap dengan meja dan bantal.

Desain Ruang Tamu Pintu 2, desain ruang tamu kecil, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dekorasi ruang tamu pintu tengah, desain ruang tamu minimalis elegan, menata ruang tamu pintu tengah, desain ruang tamu pintu tengah, ruang tamu sederhana, Dekorasi Ruang Tamu Pintu Tengah
Tempatkan aksesoris yang elok, namun tidak berlebihan – Diminimalis.com

4. Hindari Furniture dan Aksesoris Berlebihan
Ruangan yang kecil akan terlihat semakin sempit apabila Anda menaruh furniture dan aksesoris yang terlalu berlebihan di dalamnya. Misalnya, rak dinding, vas bunga besar dan aksesoris dinding lainnya yang tidak begitu penting. Berilah furniture dan akseseoris sesuai dengan kebutuhan saja. Hindari terlalu banyak perabotan di ruang tamu yang kecil.

5. Pilih Furniture Multifungsi
Saat ini sudah tersedia furniture yang multifungsi. Furniture ini sangat cocok digunakan untuk desain ruang tamu kecil minimalis. Ada banyak ragam furniture minimalis yang bisa dipilih. Misalnya, Anda bisa memilih sofa atau meja ruang tamu yang sekaligus juga dapat digunakan untuk menyimpan buku. Furniture multifungsi juga tidak hanya digunakan pada ruang tamu saja, tetapi juga bisa digunakan untuk desain ruang tidur atau ruang keluarga.

6. Gunakan Konsep Ruang Terbuka
Salah satu strategi yang digunakan untuk ruang tamu minimalis adalah dengan menggunakan konsep ruangan terbuka. Pada umumnya, ruang tamu dirancang terbuka dan menyatu dengan ruang keluarga. Hal itu akan membuat ruang tamu terkesan luas. Selain itu, Anda juga bisa membuat dinding ruang tamu yang terbuat dari kaca dengan background taman.

7. Buat Atap Langit Tinggi
Atap langit yang dibuat menjulang tinggi ke atas akan memberikan kesan luas pada desain ruang tamu kecil modern. Atap langit yang tinggi pada ruang tamu akan mempengaruhi orang untuk berfokus ke arah atap sehingga membuat ruang tamu yang sempit terkesan luas. Jika Anda membuat atap langit yang tinggi maka Anda bisa menambahkan beberapa hiasan dinding seperti bingkai foto dan lain sebagainya.

8. Hindari Penggunaan Desain Motif
Strategi lain yang dapat diterapkan untuk membuat desain ruang tamu kecil minimalis sederhana menjadi terlihat lebih luas adalah dengan menghindari penggunaan desain motif pada dinding atau furniture. Pasalnya, pengaplikasian desain motif justru akan membuat ruangan tampak lebih sempit dan terkesan penuh. Jika Anda menginginkan desain motif agar tidak monoton dengan desain dinding maupun furniture yang polos, gunakanlah motif monokrom dengan sedikit motif. Akan tetapi, jika Anda memilih menggunakan warna dinding dan furniture seperti sofa yang polos, itu akan lebih baik.

9. Beri Pencahayaan yang Tepat
Ruang tamu yang memiliki pencahayaan kurang atau gelap akan membuat suasana ruangan akan terasa semakin sempit. Jika Anda tidak menginginkan hal itu terjadi maka berilah pencahayaan pada ruang tamu yang tepat. Anda bisa menggunakan lampu gantung untuk menghiasi sekaligus memberikan penerangan pada ruang tamu. Pilih pencahayaan yang tepat dengan menggunakan lampu yang terang.

10. Gunakan Pembatas Dinding Selain Tembok
Sebuah ruangan kecil yang dibatasi oleh dinding semua akan membuat ruangan semakin sempit. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengganti pembatas dinding tembok dengan pembatas dinding yang terbuat dari kayu rotan maupun kaca. Kayu rotan sebagai pembatas dinding yang dibuat berjarak dan memperlihatkan sisi ruang sebelahnya akan menjadikan ruangan sempit terasa lebih luas dan lebar.

Demikian 10 tips dan cara merancang desain ruang tamu kecil agar terlihat lebih luas. Selanjutnya, Anda bisa menentukan tema dan konsep ruang tamu yang akan dibangun dengan memperhatikan tips-tips di atas agar ruang tamu minimalis yang Anda bangun dapat membuat kesan luas dan nyaman. Selain memahami cara membuat dekorasi ruang tamu kecil, ada baiknya Anda juga memahami cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat istimewa, agar interior Anda semakin nampak elegan Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi sekaligus inspirasi untuk Anda.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.