oleh

Alternatif Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan

Desain interior yang tepat akan sangat menentukan kenyamanan dari sebuah hunian. Baik sebuah hunian yang besar muapun kecil, sangat perlu memiliki konsep interior yang pas agar bisa membuat penghuninya nyaman. Salah satu konsep desain interior yang kini sedang populer adalah desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. Desain ini diyakini mampu membuat acara kumpul seluruh anggota keluarga menjadi lebih hangat dan akrab.

Dua ruang yang digabung menjadi satu bukan hanya semata karena ukuran rumah yang sempit. Konsep minimalis yang menekankan pada pemanfaatan ruang menjadi lebih maksimal, juga bisa bertujuan agar rumah menjadi tampak modern, terasa lega, dan hingga soal manfaat yang didapatkan termasuk untuk membuat keluarga menjadi lebih akrab. Ya, penggabungan ruang makan dan ruang keluarga ini menjadi salah satu desain yang paling lazim diterapkan dimasa kini. Desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan pun bisa diterapkan di berbagai tipe rumah sehingga siapapun bisa menerapkannya.

 desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, desain dapur dan ruang makan sederhana, ruang makan sekaligus ruang keluarga, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain dapur dan ruang makan mungil, desain dapur dan ruang makan sempit, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan jadi satu, menata ruang keluarga dan ruang makan, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang keluarga dan ruang makan dengan pencahayaan alami yang maksimal – diminimalis.com

Alternatif Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan

Penerapan desain interior ruang makan sekaligus ruang keluarga kini telah banyak contohnya. Untuk membuat Anda lebih paham, berikut ini akan ditampilkan ide alternatifnya yang bisa diterapkan di rumah Anda:

• Meja makan panjang dan sofa empuk
Penggabungan ruang makan dan ruang keluarga bisa sangat mudah diterapkan dengan pemilihan furniture yang tepat. Contohnya saja pemilihan meja panjang dan sofa empuk yang dapat membuat dua fungsi ruang bisa digabung dalam satu tempat. Meja panjang sangat penting untuk tempat peletakkan makanan yang akan disantap. Sedangkan pemilihan sofa yang empuk bisa membuat anggota keluarga menjadi lebih nyaman dan betah berlama-lama di ruangan yang juga digunkan untuk makan.

Penerapan konsep seperti ini akan sangat bergantung pada pemilihan sofanya. Jika sofa terlihat terlalu dipaksakan dengan meja panjang, maka hasilnya justru terlihat seperti ruang tamu tandingan. Untuk itulah perlu sekali dipilih sofa yang tepat sehingga cocok untuk aktivitas makan dan cocok juga untuk bersantai.

• Pemisahan area dengan karpet
Satu ruang di dalam rumah bisa ditegaskan fungsinya hanya dengan peletakkan karpet. Dalam satu ruang yang ingin difungsikan untuk aktivitas makan keluarga dan ruang bersantai, karpet bisa memegang peranan penting.

Penerapan konsep ini cocok diterapkan untuk sebuah ruang yang berukuran cukup besar. Penambahan karpet tentunya memang akan menjadi benda yang mempertegas fungsi ruangan. Namun jika diterapkan pada ruangan yang sempit, tentu menjadi solusi terbaik untuk membuat ruang menjadi lega.

menata ruang keluarga dan ruang makan, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana
Buatlah ruang keluarga dan ruang makan, dekat dengan dapur – Diminimalis.com

• Menggabung ruang makan, ruang keluarga dan dapur
Ada juga satu konsep penggabungan ruangan yang sangat popoler, yaitu desain dapur dan ruang makan sederhana yang bisa digunakan juga untuk ruang keluarga. Konsep ini bisa diterapakan dengan berbagai macam desain, seperti mini bar minimalis di dapur Anda. Dalam satu ruangan, meja dapur yang panjang bisa dimanfaatkan juga sebagai ruang makan pada sisi lainnya dengan peletekkan tempat duduk yang sejajar.

Selain konsep desain mini bar, bisa juga diterapkan pemanfaatan ruang secara maksimal dengan meja dan kursi di bagian tengah. Pada bagian tengah ruangan, penempatan furniture meja makan dan kursi yang empuk bisa menjadi tempat untuk aktivitas bersantap dan bersantai. Lalu pada tepian ruang, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan memasak dengan pilihan rak terbuka agar terasa lega.

• Lesehan

Ruang Makan Nyaman, desain Ruang Makan Nyaman, gambar Ruang Makan Nyaman, ruang makan lesehan, ruang makan lesehan minimalis, interior ruang makan lesehan, contoh ruang makan lesehan
desain ruang makan lesehan di samping ruang tengah yang nyaman- diminimalis.com

Terdapat juga desain penggabungan ruang makan dan ruang keluarga yang sangat pas untuk diterapkan, yaitu desain lesehan. Jika ingin bergaya Jepang, dua fungsi ruang baik untuk aktivitas makan dan bersantai bersama keluarga keduanya bisa menggunakan konsep lesehan.

Jika tidak menggunakan konsep Jepang, maka penerapan konsep lesehan cukup untuk aktivitas bersantainya saja. Satu ruangan bisa diletakkan meja makan minimalis agar bisa menghemat tempa, dan pada sisi lainnya bisa dibuatkan satu tempat khusus untuk lesehan. Anda bisa menggunakan lantai kayu atau karpet agar nyaman untuk kegiatan keluarga bersantai di rumah.

Tips Penerapan Desain Interior Ruang Keluarga dan Ruang Makan Gaya Minimalis

Selain mencari pilihan konsep desain interior ruang keluarga dan ruang makan yang bisa digabung menjadi satu, perlu juga dipahami beberapa tips pentingnya. Tips ini akan sangat penting untuk Anda yang memiliki konsep hunian minimalis, apa sajakah tipsnya?

• Pemilihan furniture yang tepat
Penggabungan dua ruang sekaligus, yaitu ruang makan dan ruang keluarga akan sangat membutuhkan pemilihan furniture yang tepat. Berbagai perabot bergaya minimalis menjadi pilihan yang tepat agar bisa menghadirkan kesan lega, karena memang menitikberatkan pada fungsi dan esensi.

• Cat ruangan cerah
Agar tidak terlihat sesak, pilihlah cat ruangan yang cerah untuk ruangan yang digunakan sebagai tempat makan, sekaligus tempat anggota keluarga untuk bercengkrama. Contohnya saja pemilihan warna kuning yang cerah dan ceria bisa menghadirkan ruangan yang hangat dan penuh keakraban.

• Porsi yang adil
Penerapan desain ruang makan sekaligus ruang keluarga juga harus terasa adil. Jika dibuat terlalu identik dengan ruang makan, tentu saja aktivitas bersantai dalam ruangan tersebut juga akan kurang terasa nyaman. Begitu juga sebaliknya, jika desain yang diterapkan terlalu mempedulikan kenyamanan untuk bersantai, maka akan tidak cocok untuk disebut juga sebagai ruang makan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai alternatif desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. Penerapan desain tersebut memang menjadi salah satu desain yang tepat untuk diterapkan agar bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan ruang yang ada dan bisa menjadi tempat yang tepat agar keluarga bisa berkumpul dengan akrab.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed