Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Desain Plafon Rumah Semakin Ceria dengan Pemilihan Warna Tepat

desain plafon modern - diminimalis.com

Desain plafon rumah terkadang luput dari perhatian Anda dikarenakan letaknya ‘di langit’. Padahal, desain plafon yang indah merupakan salah satu faktor pendukung desain interioryang indah juga. Jadi, perencanaan matang dan pendesainan yang baik agar tercipta sebuah hunian yang nyaman dan indah wajib Anda pikirkan.

Desain plafon rumah
desain plafon rumah modern – diminimalis.com

Mindset yang mengharuskan memakai warna putih pada plafon rumah harus Anda buang jauh-jauh. Adalah benar adanya jika penggunaan warna cerah akan mengesankan lapang pada ruangan. Namun, kenapa Anda tidak mencoba inspirasi warna lain untuk memberi warna cat plafon? Kesan berbeda akan Anda dapatkan.


Pilihan Warna Untuk Desain Plafon Rumah

Renovasi rumah yang dilakukan tidak identik dengan merubah segala apa yang ada dalam ruang. Penggantian cat plafon lama dengan warna yang berbeda bisa Anda coba, nuansa lain pasti Anda rasakan. Beberapa warna di bawah ini semoga menginspirasi desain plafon rumah minimalis Anda.

Desain plafon rumah
desain plafon hitam – diminimalis.com

Warna-Warna Gelap

Kata siapa warna gelap mengesankan kesedihan dan tidak cocok digunakan pada plafon? Dengan komposisi warna yang tepat justru akan mengesankan elegan dan maskulin pada sebuah ruangan. Warna gelap seperti biru navy, abu-abu ataupun hitam bisa Anda gunakan sebagai warna plafon, terutama kamar tidur.

Penggunaan warna hitam pada kamar tidur memang akan mengesankan rendah pada plafon, jadi gunakanlah warna hitam ini pada plafon yang letaknya tinggi. Kuasan warna cat yang lebih soft bisa digunakan untuk memperjelas area plafon. Nuansa dramatis juga bisa Anda munculkan dengan penggunaan warna kontras pada lampu.

Desain plafon rumah
desain plafon cerah – diminimalis.com

Warna-Warna Terang

Jika Anda memerlukan suasana yang semangat dan ceria pada kamar, penggunaan warna terang bisa Anda pilih. Plafon yang berwarna orange ataupun kuning akan menjadikan aktifitas harian Anda semakin energik. Warna yang paling serasi untuk di padukan dengan warna terang adalah warna putih dan kombinasi warna netral pada furniture. Desain plafon rumah sederhana berwarna terang sangat baik digunakan pada ruang bermain anak, dapur dan kamar mandi.

Desain plafon rumah
desai plafon sewarna – diminimalis.com

Warna Dinding

Warna cat dinding rumah juga bisa menjadi panduan dalam mewarnai plafon rumah. Dengan membuat warna yang sama pada dinding dan plafon memang akan mengesankan sempit pada ruang, oleh karena itu pertimbangkanlah dengan matang. Penggunaan warna ini pada area yang kecil misalnya, bisa dikesankan nyaman dan tenang dengan warna yang lebih lembut seperti biru muda atau abu-abu pada plafon. Apa warna favorit Anda?

Desain plafon rumah berbeda warna kontras

Memadukan warna yang kontras memang jarang dilakukan pada area interior rumah. Alasannya dikarenakan efek yang ditimbulkan dari penggabungan warna tersebut bisa meleset dari yang diinginkan. Namun jika Anda pintar memadukan warna yang kontras ini bisa menjadikan interior rumah Anda terlihat lebih hidup.

Cerahnya warna putih bisa Anda padukan dengan warna-warna gelap semisal hitam ataupun biru tua. Jika Anda menggunakan perpaduan warna pada desain plafon rumah dari kayu ada baiknya Anda gunakan cat dasar terlebih dahulu agar cat tidak meresap sehingga tidak boros dan warna menjadi lebih tajam.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai penentuan warna cat yang tepat untuk desain plafon rumah agar terlihat lebih ceria. Setiap warna yang Anda pilih mencerminkan kepribadian diri Anda sehingga pilihlah dengan bijak. Semoga bermanfaat, salam diminimalis. (am.)

 Baca juga: tata cahaya interior

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.