Ide kreatif desain kamar tidur ukuran kecil yang bisa Anda coba sendiri di rumah

Kamar tidur unik pintu geser-diminimalis.com

Desain kamar tidur ukuran kecil menjadi hal penting untuk dipertimbangkan oleh mereka yang memiliki lahan rumah pas-pasan. Bicara soal desain interior terlebih lagi desain interior kamar tidur, tentu tidak bisa lepas dari ukuran ruangannya.

Ruangan yang dialokasikan untuk kamar tidur disebut kecil jika luas areanya kurang dari 9 m^2 atau < 3×3 m. Sementara untuk kamar tidur dengan kategori berukuran luas ialah kamar tidur dengan ukuran luas lebih dari 10 m^2 (>3×3 m).

Nah, lalu bagaimana teknik mendesain kamar tidur ukuran kecil yang tepat? Atau adakah perbedaan tertentu antara mendesain kamar tidur kecil dan besar? Simak ulasannya berikut ini.

Desain Kamar Tidur ukuran Kecil-diminimalis.com
Kamar tidur ukuran kecil unik sederhana-diminimalis.com

Ide kreatif mendesain kamar tidur ukuran kecil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah

Seperti telah disinggung diatas bahwa ukuran kamar tidur dikatakan kecil jika luas ruangannya tidak lebih dari 3×3 m.

Pada artikel kami yang lain telah kami bahas tentang beberapa tips mendesain kamar tidur ukuran 3×3, Anda bisa membacanya terelebih dahulu. Sementara untuk artikel kami kali ini akan membahas tentang ide kreatif mendesain kamar tidur berukuran kecil (ukuran 2×3 m atau kurang).

Tempat tidur lipat

Desain Kamar Tidur ukuran Kecil-diminimalis.com
Tempat tidur lipat dinding-diminimalis.com

Bagi Anda yang memiliki luas kamar tidur cukup sempit, Anda bisa melakukan baberapa hal kreatif untuk mengatasinya. Salah satu ide yang bisa Anda lakukan untuk membuat kamar tidur Anda tekresan luas adalah dengan membuat tempat tidur lipat.

Rencanakan dari awal untuk menjadikan tempat tidur Anda dapat dilipat atau tersembunyi. Anda dapat memanfaatkan dinding sebagai area lipat tempat tidru Anda.

Dengan demikian, kamar tidur Anda yang semula sempit bisa diatur jadi lebih luas. Jika Anda suka melakukan pekerjaan atau menunaikan tugas pekerjaan di kamar, Anda akan diuntungkan karena meja kerja Anda akan lebih lapang.

Kamar tidur Tingkat

Desain Kamar Tidur ukuran Kecil-diminimalis.com
Kamar tidur tingkat-diminimalis.com

Ide ini bisa Anda aplikasikan saat ruangan rumah Anda terasa sempit. Meletakkan perabotan terasa terbatas, dan seperti tidak ada lagi ruang untuk melakukan aktivitas lainnya.

Manfaatkan ruangan semaksmial mungkin, gunakan perabotan yang ada untuk membuat kamar tidur minimalis unik khas Anda. Dengan bantuan tangga mini untuk menjangkau tempat tidur, kamar tidur Anda serasa mewah berada di tingkat.

Anda bisa menempatkan kotak mainan atau lemari barang-barang di bawah tempat tidur.

Desain kamar tidur pintu geser

Desain Kamar Tidur ukuran Kecil-diminimalis.com
Kamar tidur unik pintu geser-diminimalis.com

Selain ide-ide diatas tersebut, Anda juga bisa mendesain kamar tidur Anda menjadi lebih simpel dengan membuat area khusus. Membuat sekat dengan pintu geser akan memberikan space lebih luas untuk aktivas kegiatan lain.

Ruangan yang terbentuk tersebut diperuntukkan untuk tenpat tidur dan lampu hias. Sementara untuk space luar bisa Anda gunakan untuk menata perabotan yang semestinya perlu ada di kamar tidur Anda.

 

 

Desain dengan aksesoris cerah

Desain Kamar Tidur ukuran Kecil-diminimalis.com
Kamar tidur desain cerah-diminimalis.com

Selain mengubah tatanan perabot dan bentuk keseluruhan kamar tidur, Anda juga bisa mengusahakannya dengan menambahkan aksesoris. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah aksesoris dengan bentuk mungil namun warna cerah.

Nah, untuk menempatkan aksesoris tersebut Anda bisa membentuk rak ambalan memanjang. Rak ambalan memanjang akan membuat kesan ruangan lebih luas. Terlebih lagi jika Anda menambahkan cermin besar pada dinding maka bisa dipastikan kamar tidur akan terkesan lebih luas seperti pada desain kamar tidur ukuran 3×3.

Desain panggung atau lantai 2 di atas lemari

Desain Kamar Tidur ukuran Kecil-diminimalis.com
Kamar tidur panggung-diminimalis.com

Jika Anda masih juga mentok soal ide membuat kamar tidur kecil Anda lebih luas, Anda bisa mencoba model panggung atau tingkat.

Cukup dengan menempatkan tempat tidur Anda di ketinggian 1 hingga 2 meter. Syaratnya pastikan membuatnya tidak terlalu dekat dengan langit-langit rumah. Karena nantinya kamar tidur Anda akan cukup panas dan kurang nyaman.

Sebaliknya, pilihlah lokasi yang tepat untuk dibuat tempat tidur panggung. Buatlah sketsa ruangan dimana nantinya di bagian bawah tempat tidur bisa digunakan untuk meletakkan lemari pakaian atau barang.

Dengan perencanaan demikian sangat besar kemungkinannya kamar tidur Anda yang hanya 2×3 meter atau kurang akan terasa luas. Anda akan lebih leluasa dalam meletkkan barang-barang keperluan di kamar tidur Anda.

Desain kombinasi rak dan tempat tidur

Desain Kamar Tidur ukuran Kecil-diminimalis.com
Desain kamar tidur kombinasi rak barang-barang-diminimalis.com

Pada model desain yang satu ini, jadikan rak sebagi perabot utama kamar tidur Anda. Selanjutnya tempat tidur Anda nantinya akan menjaid bagian dari rak besar tersebut.

Desain tempat tidur yang sekaligus menjadi bagian dari rak untuk meletakkan barang-barang akan menambah kesan unik pada kamar tdiur Anda.

Bila kamar tidur Anda seringkali dijadikan sebagai tempat kerja maka dengan ide ini suasana sumpek akan teratasi. Anda akan lebih tenang dan nyaman saat bekerja.

Itulah beberapa ide kreatif yang bisa kami sampaikan. Anda bisa menyulap kamar tidur Anda menjadi terasa lebih luas meski secara fisik berukuran kecil.

Selain contoh ide diatas Anda juga bisa melakukan inovasi sendiri berkaitan dengan desain kamar tidur Anda.

Akhirnya semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan mampu menambah pengetahuan Anda. (rn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.