Mendesain kamar tidur sederhana ukuran 2×2 meter yang indah semudah ini, bisa?

desain kamar tidur sederhana ukuran 2x2-diminimalis.com

Desain kamar tidur sederhana ukuran 2×2- Menyinggung soal rumah tinggal, setiap orang tentu punya impian untuk memiliki rumah yang besar dan mewah. Alasannya tidak lain adalah rumah yang luas dan besar tentu akan lebih nyaman untuk ditinggali.

Sudah bukan rahasia lagi jika untuk memiliki rumah yang besar dan mewah harus merogoh kocek lebih dalam. Keterbatasan dana seringkali menjadi kendala utama dalam membangun rumah sehingga banyak orang lebih memilih rumah minimalis sederhana sebagai rumah tinggal mereka.

desain kamar tidur sederhana ukuran 2x2-diminimalis.com
desain kamar tidur sederhana ukuran 2×2-diminimalis.com

Ide dan Tips Desain Kamar Tidur Sederhana Ukuran 2×2

Salah satu ukuran luas ruangan yang paling kecil adalah 2×2 meter. Untuk kamar tidur dengan ukuran luas ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini diminimalis akan mengulas tentang tips mendesain kamar tidur sederhana 2×2 meter.

Salah satu tips desain yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi keterbatan luas ruangan adalah dengan mengatur penataan interior ruangan dengan baik. Pada artikel desain kamar tidur ukuran 3×3 telah kami ulas sedikit tentang bagaimana mengatur penataan interior sebuah kamar tidur minimalis agar tidak terkesan hanya menambah sempit ruangan.

Berikut ini kami berikan beberapa tips desain kamar tidur sederhana ukuran 2×2

1. Meminimalisir furniture 

Sudah bukan hal aneh lagi jika masalah utama dalam mendesain ruangan kecil adalah tentang penempatan perabot/furniture. Untuk kamar tidur ukuran 2×2 sebaiknya cukup dengan memasukkan perabotan kamar tidur yang memiliki nilai urgensi pemakaian yang tinggi  saja. Tempat tidur, 1 set meja belajar/kerja dan lemari sudah cukup untuk ada di dalam kamar tidur Anda.

Perabot kamar tidur yang berlebihan hanya akan menunjukkan kesan ramai dan berantakan, terlebih jika Anda tidak bisa mengatur penataannya. Dengan hanya memasukan perabotan yang sekiranya diperlukan saja maka bisa dipastikan kamar tidur Anda akan terasa sedikit lebih luas.

2. Memilih cat dinding/wallpaper yang tepat 

Seperti pada hampir semua konsep desain interior rumah minimalis, dinding menjadi perhatian utama. Warna cat dinding yang tidak sesuai dengan luas ruangan yang tersedia hanya akan berpotensi membuat ruangan terkesan semakin sempit.

Sama halnya dengan kamar tidur ukuran 3×3, untuk kamar tidur berukuran 2×2 Anda bisa mengaplikasikan warna-warna netral yang cerah dan lembut. Diantara warna-warna yang bisa Anda pilih adalah merah muda, putih, krem, hijau atau warna-warna natural lainnya.

Jika Anda merasa kerepotan untuk mengatur komposisi warna cat dinding atau tidak ingin ribet dalam memilih warna, Anda bisa mengaplikasikan wallpaper cantik. Penggunaan wallpaper untuk dinding kamar tidur dirasa lebih mudah dan simpel untuk membuat kamar terkesan lebih luas.

3. Memilih perabotan multifungsi

Pilihlah furniture yang multifungsi guna mengmbuat ruangan terlihat lebih simpel. Misalnya dengan memilih rangka tempat tidur yang sekaligus terdapat lemari ataul laci untuk barang-barang pribadi Anda.

Dengan memilih perabotan yang multifungsi, kamar tidur Anda akan terlihat  lebih simpel dan sekaligus akan mampu meminimalisir anggaran Anda.

4. Inovasi penempatan perabotan yang pas

Setelah memilih perabotan yang sesuai untuk dimasukan ke dalam ruangan, selanjutnya adalah menata perabotan tersebut dengan sebaik mungkin. Dimulai dari perabotan utama kamar tidur yakni ranjang/tempat tidur.

Untuk desain kamar tidur ukuran 2×2, diminimalis merekomendasikan agar penempatan tempat tidur jauh dari pintu masuk. Bila perlu tempatkan ranjang/tempat tidur di sudut terjauh ruangan. Hal ini bertujuan agar ruangan tidak terkesan sempit.

Anda juga bisa berkreasi dengan mengganti tempat tidur biasa dengan tempat tidur tingkat. Selanjutnya, bagian bawah ranjang tingkat tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menempatkan meja kerja. Dengan demikian kamar tidur Anda tidak terlalu banyak perabot.

5. Memaksimalkan dinding kamar

Kamar seluas 2×2 meter tentu serba terbatas untuk menempatkan perabotan-perabotan berukuran besar. Cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan dinding kamar sebagai alternatif penempatan perabot.

Anda bisa memanfaatkan dinding untuk berbagai keperluan seperti memasang gantungan baju atau lemari minimalis dari kayu atau plastik. Hal ini akan sangat membantu Anda yang terbiasa menaruh banyak barang di kamar tidur.

Pasanglah aksesoris dan lemari pakaian minimalis sedekat mungkin dengan tembok. Bila perlu tempatkan menggantung atau menempel pada tembok sehingga otomatis akan mengurangi keramaian perabot ruangan.

Selain lemari, Anda juga bisa membuat laci tambahan menggantung di dinding. Lemari khusus kotak obat atau lemari kecil khusus untuk barang-barang pribadi Anda akan membantu mengurangi sisi keramaian kamar.

6. Menambahkan cermin berukuran besar

Seperti telah disinggung pada beberapa bahasan desain interior kamar tidur minimalis bahwa Anda juga bisa memanfaatkan cermin berukuran besar untuk menambah kesan luas. Cermin yang menempel pada dinding ruangan akan menambah kesan luas pada ruangan.

Anda bisa mengkombinasikan lemari pakaian berbahan kayu berdesain pintu kaca. Dengan demikian perabot kamar tidur Anda bisa sekaligus memberikan kesan luas pada kamar tidur Anda.

7. Membatasi dekorasi kamar tidur

Salah satu yang menjadikan ruangan nampak indah adalah hasil kombinasi dekorasi yang pas dengan suasana ruangan. Untuk desain kamar tidur ukuran 2×2, penambahan dekorasi tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan.

Usahakan untuk menghias kamar tidur Anda dengan dekorasi secukupnya saja. Penambahan aksesoris ruangan berlebihan yang hanya akan membuat kesan ramai pada ruangan sebaiknya Anda hindari. Sebaliknya cukup dengan menambahkan aksesoris ruangan yang dibutuhkan seperti bantal, karpet, dan lampu tidur.

8. Menjaga kebersihan dan kerapihan kamar

Kamar yang baik dan indah akan selalu mengutamakan tampilan yang segar dan enak dipandang mata. Salah satu bentuk usaha menjaga tampilan kamar agar tetap indah adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapihannya.

Nah, demikianlah ulasan tentang tips dan rekomendasi desain kamar tidur sederhana ukuran 2×2 yang bisa kami sampaikan. Akhirnya semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda. (rn)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.