oleh

Begini Tips Kreatif Desain Kamar Tidur Remaja Masa Kini, Mau Coba?

Desain kamar tidur remaja semakin menjadi perbincangan seiring dengan perkemabangan dan kemajuan zaman. Telah banyak jasa desain interior yang menawarkan berbagai kreasi dan inovasi utamanya desain interior kamar tidur. Dan desain kamar tidur remaja menjadi salah satunya.

Menyinggung soal desain kamar tidur, baik remaja laki-laki ataupun perempuan tentu memiliki karakteristik desain yang berbeda. Perbedaan yang paling nampak ada pada penataan desain ruangan.

Remaja pria biasanya akan lebih suka memajang segala sesuatu yang berhubungan dengan kesukaannya dengan simpel. Sementara remaja perempuan dengan lebih banyak kebutuhan barang pribadi membutuhkan penataan yang lebih kompleks.

Desain Kamar Tidur Remaja-diminimalis.com
Kamar Tidur Anak Muda-diminimalis.com

Tips Mendesain Kamar Tidur Remaja Pria dan Wanita

Sebenarnya tidak ada perbedaan mendetail soal bagaimana mendesain kamar tidur remaja laki-laki dan perempuan. Cukup dengan menyesuaikan usia dan kesukaan penghuninya, kamar tidur bisa diesain sesuka hati.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat kamar tidur Anda atau anak Anda terlihat unik dan elegan dengan beberapa sentuhan.

# Desain Kamar Tidur Remaja Laki-laki

Desain Kamar Tidur Remaja-diminimalis.com
Kamar tidur berkarakter-diminimalis.com

1. Desain Berkarakter Dewasa dan manly

Hal pertama yang harus dilakukan agar kamar tidur terlihat lebih hidup adalah dengan menyesuaikan desain dengan karakter penghuninya.

Untuk remaja pria dengan rentang usia 12 tahun ke atas sebenarnya tidak ada perbedaan mendasar dengan remaja dewasa 17 tahun ke atas dari sisi desain.

Cukup dengan menyesuaikan perabotan yang dibutuhkan saja yang akan dimasukkan ke dalam kamar tidur. Membatasi perabotan akan sangat bermanfaat terlebih saat Anda mendesain kamar tidur ukuran kecil. Selebihnya untuk aksesoris ruangan bisa disesuaikan dengan kesukaannya.

2. Pemilihan warna cat dinding ruangan/wallsticker

Hal lain dari kamar tidur yang perlu menjadi perhatian adalah dinding. Warna cat dinding yang pas untuk remaja pria adalah warna netral atau monokrom yang menunjukan identitas kedewasaannya.

Varian warna cat dinding seperti merah maroon, coklat, dan biru laut bisa menjadi alternatif pilihan terbaik. Jika Anda bisa mengkolaborasikan warna cat dinding dengan seluruh perabotan yang ada maka tampilan kamar tidur akan terlihat unik dan berbeda.

Nah, sementara itu jika Anda merasa kesulitan menentukan warna yang pas untuk dinding, Anda juga bisa menerapkan wallsticker sebagai pelapis.

Pilihlah karakter wallsticker yang memiliki motif dewasa. Bisa juga wallsticker bermotif idola favorit atau gambar yang disukai.

Perlu diingat bahwa untuk dinding kamar tidur pria tidak perlu selalu menonjolkan sisi monokrom untuk menunjukkan identitas penghuninya. Anda juga bisa mencoba menerapkan warna-warna lain seperti ungu, kuning, atau blue ice.

3. Menambahkan material pendukung tampilan

Bagi seorang pria meski masih remaja, tampilan kamar yang ringkas seringkali menjadi dambaan. Karakter pria yang memang tidak ingin ribet dengan banyaknya perlengkapan yang masuk dalam kamar justru akan memudahkan pendesaian.

Meski begitu untuk mendapatkan tampilan yang anti-mainstream, diminimalis sarankan untuk tetap menghias kamar tidur dengan material-material penunjang lainnya.

Misalnya pada dinding yang biasanya menggunakan dinding berlapis acian biasa, Anda bisa mengubahnya menjadi bertekstur batu bata.

Demikian pula halnya dengan lantai kamar, Anda bisa mencoba menggantinya dengan material parket beraksen kayu.

Untuk material pendukung, Anda bisa menambahkan sekat yang berfungsi untuk meletakkan berbagai barang keperluan. Jika desain tempat tidur Anda bertingkat, Anda bisa menambahkan anak tangga yang sekaligus bisa sebagai laci.

# Desain Kamar Tidur Remaja Perempuan

Desain Kamar Tidur Remaja-diminimalis.com
Kamar tidur girly-diminimalis.com

Sedikit berbeda dengan desain kamar tidur laki-laki, untuk remaja perempuan memerlukan beberapa pertimbangan yang lebih kompleks. Hal ini dilatarbelakangi oleh perbedaan karakter. Kebutuhan pribadi yang juga berbeda serta kebiasaan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat kamar tidur remaja khususnya perempuan lebih artistik.

1. Menyesuaikan usia dan karakter

Masih sama dengan kamar tidur untuk remaja pria, penyesuaian desain terhadap usia dan karakter penghuni cukup penting.

Rancanglah kamar tidur sesuai dengan usia yang bersangkutan. Begitu juga dengan karakter dimana jika anak Anda suka sesuatu berwarna merah muda maka sesuaikanlah semua warna perabot dengan warna yang sama.

2. Warna dinding/wallsticker girly

Desain Kamar Tidur Remaja-diminimalis.com
Wall sticker yang gak kalah cantik-diminimalis.com

Dengan maksud menunjukkan identitas pemilik kamar, sebaiknya pilihlah warna cat dinding yang terkesan girly. Warna-warna yang lembut dan berkesan untuk remaja perempuan seperti pink, kuning, biru muda bisa dijadikan pilihan.

Sekali lagi, jika Anda kesulitan memilih warna cat dinding yang pas, Anda bisa mencoba alternatif penerapan wallsticker. Pemilihan wallsticker yang pas dan sesuai dengan karakter penghuninya akan sangat membantu menunjang penampilan.

Untuk anak perempuan, Anda bisa memilih wallsticker yang menunjukkan sisi feminimis. Motif wallsticker yang tepat untuk kamar tidur remaja perempuan diantaranya adalah motif kembang atau motif kartun.

Baca juga: Tips cantik mendesain kamar tidur ukuran 3×3 supaya nampak luas

3. Menggunakan rak dan lemari minimalis

Rak dan lemari minimalis diperlukan untuk meletakkan semua barang-barang yang kurang diperlukan.

Meski berukuran kecil, rak minimalis akan berguna untuk merapikan barang-barang berukuran mini. Begitu pula dengan lemari yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memajang barang-barang unik yang dimiliki.

4. Mengatur tata penerangan yang cantik

Satu hal yang tidak boleh dipisahkan dari desain interior ruangan adalah tata pencahayaan.

Untuk kamar tidur perempuan sebaiknya gunakan tata pencahayaan yang cantik. Anda bisa menambahkan lampu belajar khusus dengan meja kecil yang unik. Warna terang elegan bisa menjadi pilihan.

5. Menambahkan tanaman hias cantik

Selain pencahayaan, Anda juga bisa menambahkan tanaman hias dalam vas yang cantik.

Vas bunga dan tanaman favorit yang dipajang di sudut kamar akan meningkatkan sisi cantik kamar tidur.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendesain kamar tidur remaja yang unik dan cantik. Pada intinya, sesuaikan segala keperluan desain dengan setiap detail kesukaan penghuni kamar.

Akhirnya, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa kunjungi artikel-artikel menarik kami yang lain. Salam diminimalis. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed