oleh

Ide Kreatif Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 2×3 Sederhana

Prinsip mendesain kamar tidur minimalis ukuran 2×3 sebenarnya hampir sama dengan desain kamar tidur ukuran 3×4 atau ukuran-ukuran lainnya. Hanya saja ukuran yang lebih kecil tentu memiliki tingkat kesulitan desain tersendiri. Meski begitu, dalam dunia desain interior semuanya akan mudah asal tahu bagaimana mengakalinya.

Pada artikel kami sebelumnya dengan judul yang sama tentang desain kamar tidur ukruan 2×3 telah kami sebutkan beberapa tips kreatifnya. Pada intinya, Anda perlu merencanakan beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana menyiasati space sempit agar tetap bisa menjadi kamar tidur yang nyaman.

desain kamar tidur minimalis ukuran 2x3-diminimalis.com
kamar tidur minimalis ukuran 2×3-diminimalis.com

8 Tips dan ide kreatif mendesain kamar tidur minimalis ukuran 2×3

Kesulitan dalam mendesain interior kamar tidur berukuran kecil seringkali berasal dari “kehabisan ide” untuk membuat ruangan terasa nyaman. Padahal meski berukuran kecil, kamar tidur tetap akan terasa nyaman ditempati jika didesain dengan cara yang tepat.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar kamar tidur kecil Anda terkesan lebih luas.

1. Pemilihan warna dinding/wallsticker yang pas

desain kamar tidur minimalis ukuran 2x3-diminimalis.comDalam kaitannya dengan desain interior rumah, kita tidak bisa lepas dari keharusan memilih warna cat dinding yang pas. Demikian halnya dengan kamar tidur, agar tercipta suasana kamar tidur yang nyaman sebaiknya pemilihan warna cat dinding pun perlu diperhatikan.

Untuk kamar tidur berukuran 2×3 sendiri, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna netral yang lembut. Diantara warna-warna yang bisa Anda pilih adalah putih, krem, hijau atau warna-warna natural lainnya.

Jika Anda merasa kerepotan untuk mengatur komposisi warna cat dinding atau tidak ingin ribet saat harus berjibaku memilih warna cat, Anda bisa mengaplikasikan wallpaper bermotif pada dinding kamar Anda.

Penggunaan wallpaper untuk dinding kamar tidur dirasa lebih mudah dan simpel untuk membuat kamar terkesan lebih luas. Jangan lupa pilihlah wallsticker bermotif unik dengan warna netral.

2. Mengatur jendela kamar berdesain kaca

Salah satu yang menjadikan ruangan nampak indah adalah hasil kombinasi dekorasi yang pas dengan suasana ruangan. Untuk desain kamar tidur ukuran 2×3, penambahan dekorasi tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan.

Di sisi lain, Anda juga dapat menambahkan jendela berukuran besar berdesain kaca. Tambahan kaca tembus pandang akan memberikan kesan luas pada ruangan. Seperti halnya cermin, refleksi dari kaca berguna untuk mengalihkan pandangan terhadap setiap sudut kamar yang sempit.

3. Pilih dan Tempatkan Perabotan Multifungsi

Memilih perabotan yang akan digunakan pada kamar tidur menjadi penting guna mengatur tampilan ruangan yang ringkas dan simpel. Usahakan untuk memilih perabotan yang multifungsi. Misalnya tempat tidur/kasur lipat yang bisa digulung dengan mudah saat tidak dipakai.

Seperti pada kamar tidur ukuran 3×3, desain kamar tidur ukuran kecil 2×3 juga direkomendasikan agar penempatan tempat tidur jauh dari pintu masuk. Bila perlu tempatkan ranjang/tempat tidur di sudut terjauh ruangan. Hal ini bertujuan agar ruangan terkesan lebih luas.

Prinsip penempatan yang sama berlaku juga untuk lemari pakaian dan perabotan kamar tidur lainnya yang cukup besar.

4. Maksimalkan ruang kosong

Untuk ukuran kamar tidur 2×3 tentu serba terbatas untuk menempatkan perabotan-perabotan berukuran besar. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah memanfaatkan setiap sudut ruangan yang kosong untuk menempatkan perabotan.

Hindari menempatkan perabot dengan berpusat pada satu sudut saja. Hal ini untuk menghindari ruangan terlihat berjubel. Menata perabot dengan tetap memperhatikan estetika ruangan maka masalah sempitnya ruangan akan teratasi.

5. Masukkan barang-barang yang jarang dipakai ke dalam lemari

Salah satu prinsip desain kamar tidur ukuran 2×3 meter yang paling sederhana adalah dengan memasukkan barang-barang yang ada menjadi satu wadah/tempat.

Barang-barang yang ada di dalam kamar tidur jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan dalam waktu dekat sebaiknya disimpan dan dirapikan dalam lemari atau kotak khusus. Dengan demikian kamar tidur Anda akan lebih simpel dan ringkas karena tidak terlalu ramai dari pajangan barang-barang.

6. Memasang aksesori kamar secukupnya

Meski space ruangan berukuran kecil, Anda tetap bisa memasang aksesoris kamar. Pilihlah aksesoris kamar yang tidak terlalu besar namun memberikan efek tertentu pada ruangan.

Salah satu aksesoris kamar yang bisa Anda andalkan adalah pajangan foto pribadi/keluarga dengan rangkaian hiasan. Pajangan kolase foto akan membuat kamar tidur Anda terlihat lebih artistik sekaligus menambah kesan luas.

7. Menambahkan Cermin berukuran besar

Selain tips-tips diatas, Anda juga bisa menambahkan cermin berukuran besar untuk menambah kesan luas pada kamar tidur Anda. Pantulan cermin yang memperlihatkan setiap sudut ruangan akan menimbulkan refleksi sehingga ruangan akan terlihat luas.

8. Tambahkan tirai motif

Keberadaan tirai yang dipasang pada sudut jendela kamar selain sebagi pelindung privasi juga mampu memberikan efek lebih luas pada kamar. Terlebih lagi jika pemilihan motif tirai sesuai dengan karakter dan warna dinding ruangan maka bisa dipastikan akan terlihat apik.

Nah, pada intinya baik kamar tidur berukuran besar maupun kecil tetap perlu memperhatikan kecermatan desain.
Demikianlah ulasan tentang rekomendasi desain kamar tidur minimalis ukuran 2×3 yang bisa kami sampaikan. Akhirnya semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed