Aneka Gaya Desain Interior Ruang Tamu Modern dan Elegan Terbaru

Ruang tamu dekat taman-diminimalis.com

Desain interior ruang tamu menjadi salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik saat membangun rumah. Keberadaaan ruang ini tidak bisa dipisahkan dari esensi sebuah hunian mengingat urgensinya sebagai tempat menjamu tamu.

Ruang tamu bisa didesain sedemikian rupa guna mendapatkan tampilan yang unik dan indah. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kesan indah tersebut adalah bagaimana mengefektifkan penataan ruang. Hal tersebut agar tidak hanya tampilan yang bagus namun juga tidak kehilangan fungsinya sebagai bagian penting dari sebuah hunian.

 

desain interior ruang tamu-diminimalis.com.png1.png
Interior Ruang tamu-diminimalis.com

Inspirasi dan gambaran desain interior ruang tamu

Seperti halnya merencanakan desain interior rumah minimalis secara keseluruhan, ruang tamu juga memerlukan sentuhan desain yang pas. Nah, sebagai referensi Anda bisa mencoba menerapakan berbagai gaya desain ruang tamu berikut.

1. Nuansa Monochrome

desain interior ruang tamu-diminimalis.com.png1.png
Ruang Tamu Bernuansa Monochrome-diminimalis.com

Anda bisa mendesain ruang tamu Anda dengan mengambil tema monochrome. Warna dominan putih bisa dijadikan pilihan sebagai warna sofa dan furniture hingga dinding ruangan. Kesan simpel tapi elegan akan terpancar dari ruang tamu Anda sehingga nampak modern.

Baca juga: Berbagai Macam Desain Interior Rumah Sederhana untuk Hunian Impian Keluarga Kecil Anda

2. Nuansa Woody

desain interior ruang tamu-diminimalis.com.png1.png
Nuansa ruang tamu serba kayu-diminimalis.com

Ruang tamu bisa menjadi objek desain yang pas untuk Anda yang suka bereksperimen dengan penerapan nuansa desain kayu. Anda bisa menerapakan konsep ruang tamu serba kayu untuk menunjang tampilan elegannya.

Nuansa ini mensyaratkan sebagian besar perabot dalam ruang tamu Anda yang terbuat dari bahan dasar kayu. Lapisan dinding dan lantai dari kayu akan terlihat lebih elegan. Tekstur kayu dengan cat yang lembut dan mengkilap akan menjadi vocal point ruang tamu Anda.

3. Nuansa Brownies

desain interior ruang tamu-diminimalis.com.png1.png
Ruang tamu serba coklat-diminimalis.com

Desain interior dengan mengusung dominasi warna coklat selalu mencerminkan kelembutan fisik dan tampilan yang artistik. Dominasi warna cokelat yang menghiasi ruangan akan menjadi sisi keunikan tersendiri.

4. Nuansa Greenery

desain interior ruang tamu-diminimalis.com.png1.png
Ruang tamu dekat taman-diminimalis.com

Untuk mendapatkan nuansa kehijauan, Anda perlu menerapkan konsep taman yang indah. Anda bisa menambahkan jendela kaca besar dengan pemandangan taman di luar ruangan.

Tips penataan desain interior ruang tamu minimalis modern

Berikut beberapa tips melakukan penataan desain interior ruang tamu yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Komposisi atau gaya interior

Rencanakanlah penataan desain interior ruang tamu dengan baik. Berbagai hal tentang detail desain harus dipikirkan sebaik mungkin. Merencanakan komposisi desain dan tampilan ruang tamu yang ikonik dan kontemporer memerlukan beberapa sentuhan seperti yang akan dibahas pada poin berikutnya.

2. Pemilihan furniture

desain interior ruang tamu-diminimalis.com.png1.png
Ruang tamu elegan-diminimalis.com

Sudah bukan rahasia lagi dalam dunia desain rumah bahwa pemilihan furniture menjadi top item yang harus dipikirkan matang-matang. Untuk mendapatkan ruang tamu dengan tampilan sederhana yang elegan, Anda harus mempertimbangkan pembelian perabot dengan sebaik mungkin.

Pilihlah perabotan ruang tamu berukuran besar dengan warna vintage untuk mendapatkann kesan elegan. Padukan sofa berukuran besar dengan balutan warna yang khas dan tajam.

Baca juga: Strategi Desain Interior Rumah Sederhana tapi Elegan ala diminimalis

3. Membuat sekat antar ruang

Meski ruang tamu Anda berukuran minimalis bukan berarti tidak cocok untuk diberi sekat. Jika Anda merencanakan konsep awal yang menginginkan ruang tamu dengan kesan lebih luas Anda bisa memanfaatkan pemberian sekat sebagai zonasi.

Aturlah ruang tamu dan beberapa ruangan lain yang berdekatan dengannya untuk dibuatkan sekat berdinding kaca. Misalnya ruang kerja yang berdekatan dengan ruang tamu, Anda bisa menambahkan sekat pemisah di antara ke dua ruang tersebut.

4. Dekorasi dinding

Anda bisa menambahkan dekorasi terbaik untuk dipajang pada dinding ruang tamu Anda. Tambahan seni lukis atau kaligrafi bisa menjadi pajangan dinding ruangan yang pas.

Dengan adanya tambahan hiasan dinding, Anda tidak perlu khawatir ruangan akan terasa menajadi semakin sempit. Sebaliknya ruangan akan terasa lebih hidup dan elegan dengan dekorasi yang sesuai karakter ruangan.

Meski begitu, tampilan ruangan juga tetap harus ditunjang dengan penataan interior seperlunya saja. Ruang tamu minimalis modern tidak selalu identik dengan perabot yang banyak, namun lebih cenderung pada kesan simpel dan efektif.

5. Exstra Display

Selain hal-hal di atas, Anda juga bisa menambahkan dekorasi penunjang tampilan seperti karpet lantai, bantal dan hiasan meja. Untuk karpet lantai akan lebih pas dipilih yang berwarna gelap. Hal itu untuk menghindari karpet cepat kotor bila dipilih warna cerah.

Untuk bantal sofa, pilihlah yang berwarna tajam untuk menunjukkan kesan berani. Akhirnya, kombinasi warna sofa dan bantal serta dinding ruangan akan memberikan efek elegan pada ruang tamu Anda secara keseluruhan.

Sebagi tambahan, Anda juga bisa menambahkan vas bunga untuk mempercantik meja ruang tamu Anda..

Demikianlah ulasan kami seputar desain interior ruang tamu yang bagus dan elegan. Jangan lupa kunjungi artikel-artikel menarik kami lainnya. Semoga bermanfaat. (rn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.