oleh

Merancang Dekorasi Ruang Tamu Sederhana dengan konsep Minimalis Kekinian

Rumah adalah istana terindah bagi setiap keluarga. Bagaimanapun kondisinya, meskipun tidak mewah rumah akan selalu menjadi tempat kembali paling menyenangkan untuk kembali. Akan tetapi, rumah yang nyaman bisa diperoleh dengan cara penataan yang tepat, salah satunya dengan merancang dekorasi ruang tamu sederhana rumah terasa nyaman dan fungsional.

Di antara semua bagian rumah, ruang tamu menjadi salah satu ruang yang perlu ditata secara khusus. Alasannya adalah karena ruang tamu merupakan ‘ruangan publik’ yang dapat diakses oleh tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Sebagai tuan rumah, wajar jika Anda ingin tamu mendapatkan kesan yang baik tentang rumah Anda. Tidak heran jika Anda perlu mencari tahu cara menata ruang tamu sederhana agar para tamu bisa merasa nyaman.

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana, dekorasi ruang tamu tanpa sofa, dekorasi ruang keluarga, dekorasi ruang tamu kecil, inspirasi sederhana untuk ruang tamu mungil, dekorasi dinding ruang tamu, dekorasi ruang tamu minimalis, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, cara menghias ruang tamu
Dekorasi ruang tamu sederhana dengan konsep modern minimalis – Diminimalis.com

Ruang tamu yang nyaman tidak selalu harus mewah karena ruang tamu sederhana pun bisa terlihat elegan dan nyaman dengan teknik penataan yang tepat. Penataan ini perlu dilakukan menyeluruh dari mulai dekorasi ruangan, pemilihan furnitur, pencahayaan dan komponen-komponen lainnya.

Merancang Dekorasi Ruang Tamu Sederhana namun Terlihat Elegan

Mendekorasi ruang tamu sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah penting. Langkah penataan ini mencakup semua komponen yang ada di ruangan tamu, berikut ini diantaranya:

Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu yang luas, desain interior untuk ruangan memanjang, menata ruang tamu sederhana, cara menata rumah panjang, cara menata ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur
Ruang tamu dengan penyesuaian warna dinding yang tepat – Diminimalis.com

– Pemilihan cat dinding
Mengonsep dekorasi ruang tamu sederhana yang pertama adalah dengan memilih warna dinding yang tepat. Warna dinding akan membentuk kesan utama dari keseluruhan tampilan ruangan. Agar ruang tamu sederhana bisa tetap terlihat elegan, Anda bisa memilih warna cat yang tidak terlalu mencolok. Warna-warna pastel yang lembut dan hangat bisa Anda pilih untuk menciptakan nuansa yang nyaman pada ruang tamu.

Pemilihan kualitas cat juga sangat menentukan hasil akhir dari warna dinding ruang tamu Anda. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan cat berkualitas dengan hasil warna yang elegan. Kualitas cat ini juga dapat mempermudah proses pengecatan, semakin bagus kualitas cat akan semakin mudah menempel dan warnanya pun akan terlihat lebih rata.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih warna cat untuk dinding ruang tamu. Jika ingin suasana ruang tamu terasa hangat sebaiknya pilihnya warna netral seperti cokelat, abu-abu, ataupun putih. Jika Anda ingin ruang tamu terasa lebih segar Anda bisa gunakan warna hijau, biru, orange, merah atau warna cerah lainnya. Tapi ingat, sebaiknya jangan pilih warna dengan nuansa yang terlalu mencolok karena akan terkesan kurang elegan. Dengan begini Anda akan mendapat dekorasi ruang tamu sederhana yang terlihat elegan.

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png
Pilihlah furniture yang sesuai dengan tema ruang tamu Anda – Diminimalis.com

– Pemilihan furnitur yang tepat
Pemilihan perabot atau furnitur bisa Anda sesuaikan dengan tema ruang tamu yang Anda inginkan. Tema-tema ini bisa berupa bernuansa tradisional, klasik, minimalis ataupun tema lainnya. Material dari furnitur ini juga bervariasi mulai dari sofa empuk dan lembut, kursi kayu hingga sofa kulit bisa Anda gunakan.

Selain model perabot, Anda juga perlu menentukan seperti apa tata letak perabot yang Anda inginkan. Anda bisa menyusun seperangkat sofa dalam bentuk linier, simetris ataupun paralel. Penataan ini bisa disesuaikan dengan bentuk serta ukuran ruang tamu Anda. Model penataan linier bisa digunakan untuk ruangan dengan luasan tidak terlalu besar, sementara ruangan dengan ukuran besar bisa menggunakan semua jenis penataan.

Selain sofa, di ruang tamu juga bisa diletakkan perabot lain untuk semakin mempermanis ruangan. Lemari pajangan ataupun rak buku bisa Anda letakkan di ruang tamu namun dengan catatan model dari perabot tadi harus sesuai dan senada dengan sofa atau kursi.

– Pengaturan pencahayaan ruangan
Dekorasi ruang tamu sederhana yang tak boleh ketinggalan adalah dengan memaksimalkan pengaturan cahaya. Pencahayaan juga perlu diatur agar desain ruangan bisa tampak lebih jelas serta kesan ruangan menjadi lebih elegan dan modern. Pastikan ruang tamu mendapatkan sumber pencahayan yang cukup bisa dari jendela ataupun tambahan lampu. Anda juga bisa menambahkan cermin untuk membuat pantulan cahaya semakin membuat ruangan menjadi terang.

Ruang tamu yang terang akan membuat suasana terasa lebih nyaman. Usahakan ruang tamu mendapat sumber penerangan matahari di siang hari agar konsumsi listrik tidak boros.

Selain membuat ruangan lebih nyaman, ruang tamu yang terang juga akan membuat ruangan terkesan lebih luas. Jika Anda menempatkan jendela di ruang tamu biarkan jendela terbuka di siang hari untuk membuat udara matahari bisa masuk serta udara di dalam ruangan juga bisa tersirkulasi dengan baik.

– Tambahkan aksesoris pendukung ruangan
Selain komponen utama ruangan seperti sofa dan lemari, Anda juga bisa meletakkan aksesoris lain yang bisa membuat tampilan ruangan semakin cantik. Salah satu contohnya Anda bisa berkreasi dengan bantal sofa dan gorden. Kedua aksesori pendukung ruangan tadi bisa Anda berikan warna yang senada ataupun corak yang sama agar ruangan semakin terlihat harmonis.

Selain gorden dan bantal sofa, Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding berupa lukisan, kaligrafi ataupun hiasan lainnya. Sesuaikan hiasan dengan tema ruangan Anda, seperti contohnya Anda bisa meletakkan lukisan bertema klasik jika ruangan Anda juga dibuat dengan desain serupa. Pilh aksesori pelengkap dengan warna yang juga senada atau serasi dengan dinding serta perabot di ruang tamu Anda.

Cara tepat membuat dekorasi ruang tamu sederhana bisa Anda lakukan tanpa menghabiskan banyak biaya. Hal terpenting yang harus Anda miliki adalah dasar padu padan yang tepat agar semua komponen di ruang tamu Anda bisa saling melengkapi dan terlihat elegan. Selain penataan yang tepat Anda juga harus menjaga kondisi ruang tamu agar tamu yang bertandang ke rumah Anda bisa merasa nyaman. Selain itu, meski tidak ada tamu yang datang, rumah juga terasa lebih enak untuk dipandang.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed