Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Dampak Minum Air Es Bagi Kesehatan yang Sebaiknya Kita Pahami

Ada berbagai dampak buruk minum air es terlalu sering bagi kesehatan tubuh - Diminimalis.com

Saat terik matahari menjulang, hal yang paling enak adalah mengkonsumsi minuman dingin atau berbagai jenis minuman es. Apalagi jika Anda baru saja mengkonsumsi makanan pedas, hmmm.. minum es akan menjadi paduan yang klop! Namun ternyata kebiasaan minum es tersebut justru membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Dampak minum air es seringkali disepelekan oleh banyak orang karena minimnya informasi yang dimiliki. Padahal terlalu sering minum air es juga berbaya. Kita semua wajib waspada, dan hanya meminum air es secara proporsional, untuk menghindari dampak buruk pada kesehatan tubuh. Apa sajakah dampak tersebut?

Dampak Minum Air Es Terlalu Sering, bahaya minum air es setelah makan, akibat sering minum air dingin dari kulkas, manfaat minum air es malam hari, manfaat minum air es di pagi hari, pengaruh es pada tulang, akibat minum es pada malam hari, minum air dingin membuat gemuk, efek minum air es saat haid
Ada berbagai dampak buruk minum air es terlalu sering bagi kesehatan tubuh – Diminimalis.com

Dampak Minum Air Es Bagi Tubuh

1. Pencernaan terhambat

Coba Anda bayangkan lemak dari berbagai makanan berminyak yang telah menumpuk di saluran pencernaan Anda. Bayangkan bahwa Anda diibaratkan sedang membuang sampah yang menyumbat selokan.

Jadi, dengan mengonsumsi air es setelah makan justru akan membuat pencernaan Anda menjadi lambat. Hal ini karena dinding usus Anda telah menyempit sehingga tidak bisa menyerap makanan dengan baik sehingga proses pencernaan pun mengalami gangguan.

2. Batu ginjal

Minum air es pun tidak dianjurkan bagi orang-orang yang mempunyai risiko pembentukan batu ginjal. Dampak yang satu ini terjadi karena adanya kandungan zat oxalate. Zat ini paling banyak ditemukan dalam es teh. Jadi, zat ini merupakan biang kerok dari terbentuknya batu ginjal. Bagi yang berisiko pembentukan batu ginjal, disarankan untuk minum lebih banyak air putih atau air yang ditambahkan dengan lemon.

Zat yang terkandung dalam lemon ataupun buah-buahan sejenis seperti jeruk dan jeruk nipis mempunyai kandungan yang baik untuk orang yang mempunyai risiko pembentukan batu ginjal. Sitrat merupakan zat baik yang terkandung dalam, buah lemon sehingga bisa mencegah batu ginjal.

3. Menyebabkan pusing

Dampak minum air es ternyata juga bisa menyebabkan pusing berkepanjangan. Di saat metabolisme Anda terganggu, tubuh Anda pada saat itu tidak bisa beradaptasi saat adanya perubahan suhu yang mendadak pada saat Anda minum air es. Hal ini mengakibatkan suplai oksigen ke organ tubuh Anda menjadi berkurang termasuk oksigen ke otak. Jadi, Anda bisa langsung merasa pusing saat minum air es.

4. Perut buncit

Tahukah Anda bahwa perut buncit pada pria juga bisa disebabkan oleh minum air es? Saat perut Anda buncit, Anda akan merasa berat dan susah bergerak. Belum lagi akan menggangu penampilan Anda sebagai pria.

Di dalam perut kita terdapat bantalan lemak yang menyelimuti seluruh tubuh dan berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat udara dingin. Saat Anda minum air es, maka bantalan tersebut akan menghangatkan air es yang Anda minum. Karena itulah saat Anda terlalu banyak minum air es, perut Anda menjadi buncit. Ini adalah dampak minum air es yang wajib Anda hindari jika tidak diimbangi dengan berolahraga.

5. Begah

Dampak buruk selanjutnya adalah perasaan perut yang begah. Saat ada minuman dingin masuk ke dalam tubuh Anda, maka enzim di lambung Anda akan bereaksi dengan suhu yang dingin. Hal ini akan mengakibatkan otot perut Anda menjadi kram. Lalu dampaknya adalah perut akan terasa begah karena adanya gas di dalam perut Anda.

6. Terus merasa haus

hal hal yang sebainya dilakukan seblum tidur, aktivitas sebelum tidur, amalan sebelum tidur
Air es justru mudah membuat kita sering merasa haus – diminimalis.com

Dampak minum air es selanjutnya adalah terus merasa haus. Saat Anda kehilangan cairan dengan cepat dalam tubuh Anda, itu adalah dampak dari air es. Karena itulah Anda ada baiknya Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih bersuhu sedang, atau minum air putih hangat setelah bangun tidur. Apalagi saat Anda selesai olahraga pun juga wajib minum air putih, jangan air es, agar kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi.

7. Memperlambat Detak Jantung

Dampak Minum Air Es Terlalu Sering, bahaya minum air es setelah makan, akibat sering minum air dingin dari kulkas, manfaat minum air es malam hari, manfaat minum air es di pagi hari, pengaruh es pada tulang, akibat minum es pada malam hari, minum air dingin membuat gemuk, efek minum air es saat haid
Kebanyakan minum es juga dapat menyebabkan sakit jantung – Diminimalis.com

Detak jantung Anda bisa menjadi lambat saat minum air es. Hal ini karena adanya rangsangan pada saraf vagus yang akan diakibatkan minum air es. Karena itulah, jika Anda terlalu sering minum air es maka bisa memperlambat kerja jantung Anda. Apalagi saraf vagus mempunyai peranan yang penting untuk kegiatan tak sadar tubuh contohnya detak jantung.

8. Pembekuan di Otak

Terlalu sering minum air es juga bisa meningkatkan aliran darah ke otak sehingga Anda akan merasa pusing tiba-tiba dan kemudian perlahan menghilang. Ini adalah pembekuan otak. Orang yang mempunyai penyakit migraine akan berisiko besar untuk mengalami pembekuan otak.

Hal ini disebabkan karena otak sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Jadi, sebisa mungkin selalu jaga agar suhu tubuh tetap hangat. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum air putih dengan suhu normal setelah makan.

9. Kehilangan nutrisi

Pada saat suhu tubuh menjadi dingin karena minum air es, maka tubuh kita kana bekerja keras untuk mengembalikan suhu agar normal kembali. Padahal tubuh kita juga harus mencerna makanan dan menyerap semua nutrisinya agar bisa bekerja.

Dampak minum air es akan membuat tubuh kita kehilangan nutrisi. Banyak energi di tubuh kita yang dipakai untuk mengembalikan suhu agar normal kembali. Jadi, nutrisi makanan yang diserap oleh tubuh kita menjadi tidak optimal.

10. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa terjadi karena adanya infeksi pada tenggorokan. Lendir pada lapisan tenggorokan pun juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. Lendir ini bisa terjadi karena sering mengkonsumsi minuman dingin secara berlebihan.

11. Mempersempit Usus

Dampak minum air es yang terakhir adalah mempersempit usus yang bertugas untuk menerna makanan. Air dingin ternyata bisa menyebabkan partikel dari makanan yang berminyak membeku. Lalu, usus pun akan menjadi sempit karena adanya pembekuan di dalam usus.

Demikain 11 dampak dari minum air es yang ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kami tidak melarang untuk mengkonsumsi minuman dingin atau air es. Namun demi kesehatan tubuh, atur pola makan Anda agar tidak terkena dampak minum air es yang berbahaya. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.