Daftar Pekerjaan ART dan Gaji Idealnya Sesuai Undang-undang

Sediakan juga rumah Anda dengan alat kebersihan yang lengkap - Diminimalis.com

Daftar pekerjaan ART – Keberadaan Asisten Rumah Tangga atau ART memanglah sangat diperlukan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu mengurusi rumah karena sibuk bekerja. Diantara daftar pekerjaan ART, selain membantu mengurusi rumah, ART juga bisa Anda pasrahkan untuk menjaga rumah, saat Anda dan keluarga sedang bepergian.

Perlu diketahui, idealnya pekerjaan ART hanyalah sebatas mengurusi segala hal yang berkaitan dengan urusan rumah tangga saja. Jadi memang sebaiknya tidak melimpahkan semua pekerjaan, yang tidak termasuk dalam kewenangan atau kewajiban seorang ART.

Daftar Pekerjaan ART, contoh jadual kerja pembantu rumah, contoh jadwal kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga, peraturan pembantu rumah tangga, contoh jadwal membersihkan rumah, cara cepat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, jadwal rutinitas ibu rumah tangga, kategori pekerjaan
Ada banyak daftar pekerjaan ART yang perlu dikerjakan setiap hari – Diminimalis.com

Nah, kira-kira apa sajakah daftar pekerjaan ART yang sesuai dengan nama pekerjaan yang mereka sandang? Lalu berapakah gaji ideal yang patut mereka dapatkan?

Daftar Pekerjaan ART dan Gaji Idealnya

1. Membersihkan dan merapikan perabotan rumah

Daftar Pekerjaan ART, contoh jadual kerja pembantu rumah, contoh jadwal kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga, peraturan pembantu rumah tangga, contoh jadwal membersihkan rumah, cara cepat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, jadwal rutinitas ibu rumah tangga, kategori pekerjaan
Membersihkan rumah merupakan pekerjaan paling utama ART – Diminimalis.com

Asisten rumah tangga pekerjaan utamanya adalah membantu membersihkan rumah dan segala perabotannya. Menyapu bagian dalam rumah, menyapu halaman dan mengepel lantai merupakan kewajiban pokok yang harus dikerjakan oleh asisten rumah tangga.

Pekerjaan ART selanjutnya adalah merapikan kamar dan tempat tidur, menyiram dan merawat tanaman (jika Anda memiliki taman di sekitar rumah) dan membersihkan kamar mandi.

2. Memasak

Ada sebagian orang yang tidak mewajibkan artnya untuk memasak, apalagi untuk makan siang. Pada jam makan siang biasanya orang tidak akan pulang ke rumah dan memilih untuk makan di sekitar tempat kerja saja. Kecuali jika Anda memiliki anak yang pulang sekolah jam 12 atau jam 1 siang. Tentunya anak Anda harus ada yang memasakkan makanan untuk anak Anda.

3. Mencuci dan menyetrika baju

Kesalahan menggunakan mesin cuci, kesalahaan saat mencuci, kerusakan baju akibat mesin cuci
Mencuci baju juga merupakan pekerjaan utama ART – Diminimalis.com

Selain mencuci piring, tentu ART perlu melanjutkan pekerjaan dengan mencuci baju. Setelah mencuci baru, maka ART bisa lanjut menjemurnya, dan menyeterika baju-baju tersebut bila sudah kering.

4. Berbelanja dan membayar tagihan

Saking padatnya aktivitas sehari hari, Anda mungkin tidak akan sempat untuk membeli sendiri keperluan Anda. Jadi daftar pekerjaan ART selanjutnya adalah berbelanja barang yang Anda perlukan, mulai dari bahan dapur sampai perlengkapan mandi.

Selain berbelanja, Anda juga dapat meminta tolong kepada ART Anda untuk membayarkan tagihan tagihan yang ada, seperti listrik, PDAM, telpon, BPJS atau yang lainnya. Pastinya dengan uang Anda sendiri. Jangan sesekali meminta mereka untuk membayar tagihan dengan uang mereka, walaupun Anda berjanji untuk menggantinya nanti.

Jangan lupa, berikan juga uang transport untuk mereka sebagai bekal di perjalanan.

Hal yang perlu Anda ingat dan Anda garis bawahi adalah asisten rumah tangga bukanlah baby sitter, jadi dalam hal kepengurusan anak maka itu tidak termasuk dalam daftar pekerjaan ART.
Kemudian untuk membersihkan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil itu bukanlah kewajiban ART. Kalau Bila Anda memiliki seorang supir pribadi, maka supirlah yang punya tanggung jawab untuk membersihkan kendaraan pribadi Anda, bukan ART.

Lantas berapa gaji ART yang ideal?

Asisten rumah tangga hanya memiliki kewajiban untuk mengerjakan sesuatu yang sudah ada dalam daftar pekerjaan ART. Kecuali jika sejak awal Anda merekrut mereka, Anda telah membuat kesepakatan khusus mengenai hal hal yang harus mereka kerjakan selain pekerjaan pokok. Tentunya pekerjaan tersebut harus mendapatkan upah yang berbeda dengan upah mereka sebagai ART.

Menurut Undang Undang Ketenagakerjaan, waktu kerja perhari seorang pekerja adalah sebanyak 7 jam jika bekerja selama enam hari dalam seminggu. Sedangkan jika bekerja selama lima hari dalam seminggu maka waktu kerja perharinya adalah sebanyak 8 jam.

ART juga memiliki hak atas kompensasi lembur, waktu istirahat harian, libur mingguan dan cuti tahunan. Selain itu, hak seorang ART yang diatur oleh Undang Undang adalah mendapatkan lingkungan kerja yang aman dan sehat serta jaminan tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

Gaji idealnya seorang ART adalah sekitar 1,5 sampai 2 juta rupiah perbulannya. Tergantung dari banyaknya daftar pekerjaan yang Anda berikan serta lama waktu kerja perharinya. Namun untuk dapat menggaji dengan standar tersebut, Anda juga perlu tahu cara mencari ART yang ideal dan tepat.

Pekerjaan yang tidak termasuk daftar tugas ART :

1. Menjaga dan mengurus suami, istri serta anak atau yang lainnya

Kalau Bila Anda adalah orang yang super sibuk, lalu Anda tidak memiliki waktu walau hanya sekedar menyiapkan baju untuk anak Anda, maka pekerjakanlah baby sitter.

2. Menjaga keamanan rumah

Rumah Anda sering kosong karena sering ditinggalkan bepergian ke luar kota? Solusinya adalah pekerjakanlah seorang satpam, karena urusan keamanan rumah bukan tanggung jawab utama ART.

3. Membersihkan kendaraan pribadi

Tidak sempat membersihkan kendaraan pribadi lalu menyuruh ART untuk mengerjakannya, maka itu adalah kesalahan.

Kalau Anda tidak memiliki seorang supir maka bersihkanlah kendaraan pribadi Anda di tempat pencucian. Sekarang ini banyak sekali jasa jasa pencucian kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Nah itulah diatas daftar pekerjaan ART dan gaji idealnya. Asisten rumah tangga Anda adalah manusia, jadi perlakukanlah mereka seperti Anda memperlakukan manusia yang lainnya. Berilah pekerjaan yang sesuai dan dengan gaji yang sesuai pula. Jangan pernah bertindak semena-mena terhadap mereka, karena mereka juga dilindungi oleh hukum. (ka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.